KARTU ID CARD

Submitted by on Sep 25, 2017

HARGA CETAK KARTU ID CARD MURAH

Berikut ini adalah halaman artikel harga cetak kartu id card murah dan juga berisi tentang penjelasan.

 

KARTU ID CARD adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai id card atau dalam bahasa Indonesia berarti kartu identitas seseorang. Dalam hal ini kita akan membahas tentang kartu id card yang terbuat dari plastik PVC dengan ketebalan tertentu seperti pada KTP, SIM, ATM juga Kartu BPJS dan bukan yang terbuat dari kertas seperti kartu nama lalu dilaminating seperti pada Kartu Pelajar di era tahun 90an dan tentu saja sangatlah tidak keren dan apabila disimpan didalam dompet ukuran kartu id card laminating ini sulit dikeluarkan mungkin karna ukuran yang lebih besar daripada kantong dompetnya. Selain itu, id card laminating ini akan menjadi mudah rusak.

KARTU ID CARD - Contoh kartu id card perusahaan

 

ALAT CETAK KARTU ID CARD

KARTU ID CARD ini dicetak menggunakan printer beresolusi tinggi karena materi yang akan dicetak berukuran kecil dengan ketebalan tertentu seperti text dan juga foto berukuran kecil. Apabila dicetak menggunakan printer resolusi rendah tentu saja text tidak terlihat jelas, kabur bahkan tidak bisa terbaca, fotonya pun juga akan terlihat buram dan juga bergaris garis kasar. untuk itulah diperlukan printer dengan resolusi sangat tinggi supaya hasil cetak terlihat jelas dan tidak bergaris kasar.

 

Selain dicetak menggunkan printer resolusi tinggi, tinta dari printer yang digunakan adalah tinta yang tahan air dan tidak mudah luntur yang biasa disebut dengan tinta PIGMENT. Apabila menggunakan tinta jenis DYE, cetakan kartu id card dan kecerahan gambarnya hanya bisa bertahan dalam hitungan beberapa hari saja, selanjutnya akan pudar atau blobor, pada ahirnya text dan foto menjadi rusak tidak jelas serta menjadi tidak bisa terbaca. hal ini akan membuat pelanggan sangat kecewa.

 

Pada jumlah tertentu, katakanlah order dalam jumlah diatas 2000 pcs maka akan dicetak menggunakan cetak offset menggunakan mesin cetak besar yaitu mesin yang biasa untuk mencetak brosur, kalender, undangan, maupun poster dengan ketentuan kartu tersebut tidaklah terdapat personal data dan desain sama semua seperti pada Kartu Pasien, Kartu Diskon dan juga Kartu Perpustakaan. untuk data nantinya akan dicetak dengan printer khusus id card dimana pencetakan dilakukan setelah semua proses produksi id card selesai terpotong dan posisi cetakan ada diluar atau diatas lapisan glosy dan bukan berada didalamnya.

DESAIN KARTU ID CARD

Kartu id card ini bisa dicetak dua muka depan dan belakang namun juga bisa dicetak hanya satu sisi saja tergantung kebutuhan. Desain kartu id card pada bagian depan kartu id card biasanya menampilkan informasi utama dan bagian belakang hanya sebagai informasi tambahan saja. Bagian depan pada umumnya tertera Logo, Nama Usaha atau grup, Foto, Nama, Nomor si pemegang kartu seperti pada kartu id card pegawai, Kartu Pelajar, Kartu anggota club atau komunitas.

 

Namun pada kartu tertentu biasanya hanya terdapat nomor dan nama saja seperti pada kartu pasien rumah sakit, kartu pasien puskesmas atau klinik kesehatan, kartu diskon dan member card dari toko atau swalayan karna hanya nomor dan nama tersebut adalah informasi yang terpenting untuk mengakses data di database toko ataupun rumah sakit. Pada bagian nomor biasanya diganti atau bahkan ditambah dengan bercode untuk mempermudah mengakses database karna hanya dengan menggunakan alat scanner barcode saja database seseorang bisa langsung di tampilkan tanpa harus mengetikan nomor dari si pemegang kartu karna akan memakan waktu. 

 

Desain kartu id card pada bagian belakang pada umumnya berisi tentang informasi pendukung seperti peraturan-peraturan perusahaan, sekolah maupun perguruan tinggi yang juga berisi alamat serta nomor telepon supaya apabila kartu id card tersebut terjatuh dan ditemukan seseorang maka akan mudah untuk mengembalikan kartu tersebut. Pada kartu member toko atau kartu diskon biasanya tertera syarat dan ketentuan yang berlaku untuk mendapatkan diskon di toko tersebut dan juga terdapat masa berlaku.

UKURAN KARTU ID CARD

Ukuran kartu id card adalah 55mm untuk tinggi atau lebar dan 86 untuk panjang seperti SIM dan juga KTP. Namun ukuran desain adalah 57x88mm untuk area potong supaya nanti saat dipotong dengan mesin plong id card bisa pas dan tidak terlihat ada warna putih atau warna dari bahan id card yang ikut terpotong dikarenakan meleset saat proses pemotongan. Untuk itulah diberikan tambahan ukuran desain beberapa milimeter.

 

Untuk ukuran id card rata-rata semua sama dan standar karna ukuran mesin plong atau alat pemotong id card dibuat sama oleh pabrik, namun apabila ada perbedaan itu hanya beberapa mili saja mungkin karena beda pabrik pembuatnya. Selain plong id card juga ada mesin embossing yang dibuat berukuran standar dan tidak bisa digunakan apabila id card lebih besar dan juga lebih kecil. oh iya mesin emboss id card ini adalah mesin yang digunakan untuk membuat huruf timbul seperti pada kartu kredit.

 

Ukuran ketebalan kartu ini mulai dari 0,5mm sampai dengan 0,97mm tergantung bahan yang digunakan. Jika memakai bahan id card instan atau standar yang banyak beredar dipasaran 0,76mm dan juga 0,97mm, untuk ukuran 0,5mm biasanya digunakan untuk kartu nama saja karna ukurannya tipis seperti kartunama, namun juga bisa digunakan untuk kartu member bahkan kartu pegawai yang nantinya dikenakan dengan tambahan asesoris card holder atau casing id card supaya tidak terlihat tipis.

 

APLIKASI KARTU ID CARD

Terdapat banyak sekali aplikasi untuk id card ini, berbeda desain berbeda pula fungsinya. Ada yang dikenakan dan dipakai setiap hari seperti kartu pegawai, ada pula yang hanya disimpan lalu dikeluarkan pada saat diperlukan untuk mengurus sesuatu hal seperti untuk mendapatkan diskon atau untuk peminjaman buku pada kartu perpustakaan, berikut ini adalah contoh-contohnya.

KARTU ID CARD YANG DIPAKAI

KARTU ID CARD - Contoh kartu pegawai

  1. Kartu Pegawai
  2. Kartu Tanda Panitia
  3. Kartu Id Card Crew
  4. Co Card
  5. Kartu Pengunjung
  6. Kartu Visitor
  7. Kartu Peserta
  8. Kartu Umroh dan Haji dan lain sebagainya

KARTU ID CARD YANG DISIMPAN

KARTU ID CARD - Contoh kartu komunitas

  1. Kartu Pelajar
  2. Kartu Siswa
  3. Kartu Santri
  4. Kartu Diskon
  5. Kartu Perpustakaan
  6. Kartu Alumni
  7. Kartu Koperasi
  8. Kartu Komunitas 
  9. Kartu Anggota dan lain sebagainya

 

Untuk kartu id card yang dipakai pada umumnya memakai asesoris tambahan seperti yoyo id card, casing id card atau card holder dan juga tali id card atau tali lanyard. untuk card holder bisa saja tidak dipakai namun kartu harus dilubang agar bisa dipasang dengan yoyo atau lanyard.

 

Untuk tali lanyard ada 2 macam jenis, yaitu :

  1. Tali id card polos tanpa dicetak logo atau text lainnya.
  2. Tali id card cetak terdapat dua jenis proses cetak yaitu Tali id card sablon dan Tali id card Printing

 

JENIS KARTU ID CARD

Untuk id card yang di produksi di bikinidcard.com ada 3 jenis, yaitu :

1. KARTU ID CARD PRESS OVEN

Kartu Id card yang dicetak menggunakan bahan standar kartu ATM, dicetak menggunakan printer beresolusi tinggi dengan tinta yang tahan air yang tidak mudah luntur dan blobor. Untuk proses pressnya menggunakan mesin pres khusus id card berbentuk seperti oven dengan kapasitas 100-150 pcs id card sekali masak.

2. KARTU ID CARD INSTAN

Kartu jenis ini juga dicetak menggunakan tehnik yang sama dengan kartu press namun ada perbedaan pada jenis bahan dan cara memprosesnya. bahan ini di masak atau diproses menggunakan mesin pres laminating dengan temperatur tertentu. Id card jenis ini sudah memakai tinta pigmen yang juga tahan air dan tidak blobor atau pudar.

3. KARTU ID CARD OFFSET

Kartu jenis offset ini menggunakan bahan standar ATM juga namun dicetak menggunakan mesin offset yaitu mesin yang biasa digunakan untuk mencetak kertas seperti brosur, undangan, kalender dan lain lain. Proses pencetakannya menggunakan teknik dan tinta kusus untuk mencetak bahan berbasis plastik PVC. Untuk press atau masaknya menggunakan mesin press oven seperti pada id card press. Id card offset ini biasa dipesan oleh pihak rumah sakit untuk kartu pasien dan juga toko atau warung yang memakai kartu diskon dalam jumlah banyak diatas 2000pcs sekali order.

 

Simak video tentang tips memilih percetakan id card yang bagus berikut ini.

Kunjungi video youtube kami di chanel PERCETAKAN ID CARD

DAFTAR HARGA KARTU ID CARD MURAH

Untuk daftar harga bisa kunjungi halaman DAFTAR HARGA

 

Untuk INFO lebih lanjut atau Pemesanan bisa langsung Telp Kontak kami atau Whatsapp langsung dengan meng KLIK salah satu kontak di bawah ini pada jam kerja jam 09.00-17.00 WIB pada hari Senin sampai Sabtu. Kami libur pada hari Ahad dan seluruh tanggal merah.

HARGA CETAK KARTU PANITIA MURAH

 HARGA CETAK KARTU PANITIA MURAH

kontak bikin id card

Mau datang langsung ke Kantor, klik langsung Google maps berikut.

Jika menggunkan layanan GOJEK atau GOSEND bisa langsung ketik lokasi kami Retro card – bikinidcard.com