MENGATASI MASALAH ANTRIAN

Submitted by on Sep 22, 2017

CARA MENGATASI MASALAH ANTRIAN DI WARUNG, TOKO DAN TEMPAT USAHA LAINNYA

Berikut ini adalah halaman tips mengatasi masalah antrian di tempat umum, di warung, di toko, dan di tempat usaha lainnya.

 

MENGATASI MASALAH ANTRIAN

Pernah suatu ketika datang ke warung soto yang lumayan ramai untuk mencari sarapan pagi, saat itu perut sudah lapar dan ingin segera sarapan karena waktu sudah agak siang. Karna waktu ini adalah memang jamnya orang orang sarapan, tentu saja banyak sekali ibu ibu yang juga akan membeli sarapan untuk anak dan suaminya. Tak ada antrian terlihat, yang ada hanyalah gerobak soto yang sudah penuh dengan kerumunan ibu ibu yang entah siapa yang datang duluan.

 

sambil nunggu ibu ibu didepan saya selesai memesan sambil saya amati siapa yang datang berikutnya, tentu saja ibu ibu lagi. baru datang langsung pesan dengan seenaknya tanpa memperhatikan sekitar masih banyak orang yang duluan datang belum juga dilayani. untung mas penjual tau siapa yang datang duluan dan sudah lama mengantri jadi pesanan ibu tersebut tidak dilayani dan lebih memilih melayani siapa yang datang lebih dulu. coba bayangkan jika si penjual tidak hafal siapa yang datang duluan tentu saja banyak orang yang akan kesel dan jengkel. apalagi perut sudah lapar dan belum mandi, pasti mudah tersulut emosi.

 

Hal ini banyak terjadi tidak hanya di warung soto atau warung makan lainnya, di toko toko besar yang sudah lama berdiri pun banyak yang sperti ini, tidak mau perduli dengan ketertiban. yang dipentingkan hanyalah ada yang datang, order, dan dapat uang tanpa memikirkan perasaan para pembelinya. mungkin karna sudah rame jadi urusan seperti ini tidak diperdulikan, ” mau ya seperti ini kalo gak mau ya sudah sana pergi ” slesai sudah kalo sudah begini, mau gak mau ya harus menerima hal seperti ini karna kita butuh barang yang dijual toko tersebut. kesal dan dongkol ? itu sudah pasti..

 

SOLUSI MENGATASI ANTRIAN

Sebenarnya mengatasi masalah antrian ini tidaklah sulit, berikut ini solusinya :

1. MENGINGAT-INGAT

Dengan cara melihat dan mengingat ingat siapa yang datang lebih dulu namun cara ini sangatlah sulit karena daya ingat kita akan buyar ketika menghadapi banyak orang dan pikiran akan terpecah saat kita melayani salah satu pengunjung. tentunya cara ini kurang efektif dan tidak praktis.

 

2. TIANG ATAU TALI PEMBATAS ANTRIAN

Menggunakan pembatas antrian dengan tali ataupun tiang pembatas antrian. cara ini bisa efektif jika tempat antrian yang tersedia luas dan bisa menampung banyaknya pengunjung yang datang. Pengunjung pasti juga akan merasa capek kalo harus berdiri menunggu dengan waktu yang lama.

 

3. KARTU ANTRIAN

Menggunakan KARTU ANTRIAN dimana didalam kartu antrian tersebut tertera nomor urut yang bisa di taruh pada pintu masuk warung atau toko atau bisa juga jika toko atau warung besar nomor antrian bisa diberikan oleh security atau customer service khusus yang berada di pintu masuk seperti pada BANK ataupun Rumah Sakit. Cara ini lebih simpel dan praktis dibanding dengan kedua cara diatas karena jika sudah mendapatkan nomor antrian bisa duduk atau berdiri dimana saja tanpa takut antrian diserobot oleh orang yang baru saja datang.

 

Cara melayaninya juga cukup mudah, hanya dengan cara memanggil pengunjung dengan nomor urut antrian, slesai melayani nomor 1 lalu panggil nomor urut 2 dan begitu seterusnya sampai selesai. Misalnya nomor antrian yang tersedia hanya 50 sedangkan yang datang lebih dari 50 maka nomor antrian yang sudah terlayani tinggal ditaruh didapan lagi dan setelah nomor antrian 50 maka yang dipanggil lagi adalah nomor urut 1 dan begitulah seterusnya.

 

Cara ini tidaklah memerlukan tempat yang luas dan besar karna pengunjung bebas berada di mana saja selama masih bisa mendengan suara panggilan dari pelayan toko atau warung, mau bediri ataupun duduk tidaklah menjadi masalah. dengan cara ini pula kita tidak perlu repot repot mengingat siapa dulu yang datang, kita hanya fokus melayani pengunjung dengan maksimal.

 

 

KARTU ANTRIAN BISA DITERAPKAN DIMANA ?

Mengatasi masalah antrian dengan kartu antri ini bisa diterapan di mana saja, toko besar ataupun toko kecil, warung besar ataupun warung kecil, kantor negara ataupun kantor milik swasta dan lain lain misalnya :

  • BANK
  • BPD
  • Klinik
  • Puskesmas
  • Rumah Sakit
  • Pengobatan Alternatif
  • Warung Makan
  • Cafe
  • Coffee shop
  • Toko Sembako
  • Kelurahan
  • Kecamatan
  • Kantor Pajak
  • Pelayanan SIM dan STNK
  • Kantor Imigrasi
  • Bengkel motor / mobil
  • Cuci motor / mobil
  • Service center
  • Kantor finance
  • Kantor BPJS
  • Percetakan dan lain sebagainya

Ada beberapa jenis Nomor Antrian yaitu dengan mesin yang nantinya akan mengeluarkan nomor antrian berupa kertas yang tentusaja tidaklah murah. Selain itu harus terus membeli kertas untuk dicetak dan tentu saja akan menambah sampah kertas karena nomor yang sudah dipakai biasanya dibuang dan tidaklah dipakai lagi seperti yang terjadi pada BANK.

 

Jenis lain adalah dengan menggunakan ID CARD, yaitu semacam kartu PVC yang bisa dicetak dua sisi seperti pada ATM, SIM dan juga KTP. cara ini lebih efektif karena hanya mengeluarkan uang sekali untuk mencetak sejumlah kartu yang diperlukan misal 50 atau 100 pcs dan harganya pun juga tidaklah semahal mesin nomor antrian.

 

Bayar sekali bisa dipakai 1-2 tahun akan lebih menghemat pengeluaran. Nantinya jika ada pelanggan yang menghilangkan kartu antrian ini bisa dikenakan denda sesuai dengan harga kartu ataupun juga bisa dengan 2 atau 3x lipat harga kartu, jadi ada keuntungan yang bisa diambil. dan peraturan peraturan tersebut bisa dicetak di bagian belakang supaya para pengunjung yang memegang kartu tersebut bisa lebih berhati-hati dalam menjaga kartu antrian tersebut.

 

Selain berfungsi sebagai nomor antrian, kartu ini juga bisa berfungsi sebagai media iklan. Pada bagian belakang bisa dicetak informasi informasi tentang produk dan jasa kita, atau jika punya usaha lain bisa di iklankan pada kartu antrian ini. Jika tidak punya usaha lain juga bisa di isi dengan iklan dari usaha milik orang lain dengan kompensasi tertenu sesuai dengan perjanjian dan saling menguntungkan diantara kedua belah pihak.

MENGATASI MASALAH ANTRIAN - Contoh kartu antrian

Selain harganya murah ternyata ada beberapa keuntungan yang bisa didapat dengan menggunkan kartu id card ini ? ya tentu saja. namun kembali lagi kepada si pemilik usaha, toko atau warung. Mau memperbaiki di bidang pelayanan kepada pelanggan atau tidak. Dan apabila ada toko atau warung lain yang menyediakan barang ataupun jasa yang sama dengan pelayanan yang lebih bagus maka bisa dipastikan para pelanggan akan BERALIH ke toko sebelah walaupun dengan harga yang sedikit lebih mahal namun hatinya ridho karna tidak ada orang yang baru saja datang mendapat pelayanan lebih dahulu. Mengatasi masalah antrian ini sepertinya hanyalah masalah SEPELE namun akan berakibat FATAL pada usaha kita akrna akan mengecewakan banyak orang.

 

PERTANYAAN :

1. Lalu dimana bisa memesan kartu antrian dengan harga murah ini ?

Bisa kunjungi bikinidcard.com atau bisa langsung whatsapp customer service dengan meng klik salah satu nomor di bawah ini.

 

 wa HARGA CETAK TALI ID CARD SATUAN

kontak HARGA CETAK TALI ID CARD SATUAN

kontak bikin id card

 

2. Kalau pingin datang kekantor untuk tanya-tanya langsung dan melihat contoh fisik id cardnya kemana ?

Selain itu, Jika menggunkan layanan GOJEK atau GOSEND bisa langsung ketik lokasi kami Retro card – bikinidcard.com