Kertas NCR

Kertas NCRBikinidcard.com. Bagi Anda yang memiliki usaha, seperti distro, toko sembako, laundry dan lainnya pasti menggunakan nota untuk setiap transaksinya. Supaya lebih cepat, bersih dan tidak ribet, Anda bisa menggunakan nota non-carbon yang warna-warni. Bisa dibuat menjadi 2-4 lapis sekaligus dengan warna yang berbeda.

Jenis Nota itu sering disebut dengan Nota NCR, yaitu nota yang dibuat menggunakan kertas kertas khusus, kertas NCR. Memangnya, nota NCR itu apa sih?

Kertas NCR Adalah…

Kertas NCR

Kertas NCR (No Carbon Required) adalah kertas khusus yang tembus warna tanpa menggunakan karbon. Jenis kertas ini bisa mentransfer informasi dari kertas lapisan atas ke lapisan di bawahnya. Tidak hanya digunakan untuk nota saja, Anda bisa menggunakan jenis kertas ini sebagai kwitansi maupun formulir untuk usaha Anda.

Lantas, Apa saja kelebihan menggunakan kertas ini sebagai nota, kwitansi bahkan formulir?

Kelebihan Kertas NCR

Kertas NCR memiliki banyak kelebihan yang membuat orang-orang mulai meninggalkan penggunaan kertas karbon. Keunggulan-keunggulan tersebut adalah:

1. Tidak Membuat Noda

Kertas karbon terkadang meninggalkan noda hitam pada tangan. Saat menulis, tangan Anda akan menjadi hitam seperti jika memegang arang. Beda dengan kertas ini, tidak akan meninggalkan noda pada tangan. Bahkan walaupun Anda menggunakan kertas warna-warni seperti pink, biru, atau pun kuning

2. Tidak Akan Hilang

Kertas karbon merupakan kertas lepas-pasang. Artinya, ia hanya akan diselipkan di antara kertas yang akan dibuat menulis dan kertas di bawahnya. Jika akan berganti kertas, kertas karbon harus dipindahkan.

Kertas karbon seringan kertas-kertas lainnya, jadi kertas tersebut rawan jatuh, tertiup angin maupun terselip ke kolong lemari, meja maupun perabotan lain yang sulit dijangkau. Bahkan terkadang kita tidak akan sadar jika kertas tersebut jatuh dan tidak dapat menemukannya.

contoh kertas NCR

Sementara kertas NCR adalah kertas untuk nota itu sendiri. Begitu juga jika Anda menjadikannya kwitansi maupun formulir yang telah dijilid. Dengan begitu, Anda tidak perlu hawatir hilang, terselip maupun terbang terbawa angin. Jikapun salah satu kertasnya sobek, maka dapat menggunakan lembar nota, kwitansi maupun formulir lain yang masih kosong.

3.Tidak Perlu Menyesuaikan Posisi Kertas Utama

Ketika kertas karbon masih marak digunakan, orang-orang harus memastikan apakah kertas tersebut sudah pas posisinya dengan kertas utama/ kertas putih yang akan digunakan untuk menulis. Jika kertas karbon tidak pas, sehingga ada bagian kertas di bawahnya yang tidak ditutup oleh kertas karbon maka hanya sebagian tulisan pada kertas utama yang akan tersalin.

Mau cetak Nota NCR? Klik!

Beberapa orang ada yang berinisiatif untuk menggunakan kertas karbon yang ukurannya 2x ukuran nota, kwitansi maupun formulir agar tidak perlu mengatur posisi kertas karbon.

Hal tersebut tidak akan terjadi pada kertas ini. Jenis kertas ini berwarna putih dengan kertas di bawahnya memiliki ukuran yang sama persis dan telah dijilid. Jadi kertas di bawahnya tidak akan bergerak-gerak, sehingga hasil penyalinan tulisan dari kertas berwarna putih pada kertas NCR pasti pas, tidak akan meleset.

4. Hasil Tulisan Jauh Lebih detail

Kelebihan yang lain menggunakan kertas ini dibandingkan jika dilapisi kertas karbon adalah hasilnya yang lebih detail, walaupun sampai lapisan ke 2 maupun ke 3. Supaya lebih jelas lagi, Anda harus sedikit lebih menekannya.

Baca Juga :  Macam-Macam Ukuran Kertas yang Biasa Digunakan Di Percetakan

Ukuran Kertas NCR

Di dunia percetakan, kertas ini berbentuk gulungan sehingga bisa dibentuk sesuai ukuran yang Anda inginkan seperti A4, F4 maupun custom. Seperti nota yang dicetak oleh Bikinidcard.com, kertas ini bisa dipotong dengan ukuran A4 (21 x 30 cm).

Ukuran Nota

Di Mana Kertas NCR Dapat Dibeli?

Jika Anda hanya membutuhkan kertas NCR, Anda dapat membelinya di toko kertas maupun online shop. Namun, jika Anda menginginkan nota maupun kwitansi yang menggunakan jenis kertas ini, Anda bisa pesan di Bikinidcard.com.

Itulah beberapa informasi mengenai pengertian, kelebihan, ukuran dan tempat yang bisa menjual kertas yang sudah berbentuk nota maupun kwitansi.

kertas NCR

0.00
9.8

Rating

9.8/10
logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 bikinidcard.com | Percetakan ID Card | Digital Printing | Offset