3 Aplikasi Desain Ramah Pemula untuk Membuat ID Card

Aplikasi Desain Ramah Pemula – ID card atau kartu tanda pengenal merupakan elemen penting dalam berbagai organisasi, seperti perusahaan, sekolah, komunitas, dan bahkan acara-acara tertentu. ID card merupakan media untuk menunjukkan identitas diri dan memverifikasi keabsahannya, di mana terdapat informasi penting seperti nama, jabatan, kontak, dan afiliasi.

Aplikasi Design untuk Membuat ID Card Pemula

Membuat ID card yang profesional dan menarik tidak harus rumit. Dengan bantuan Aplikasi Desain Ramah Pemula yang tepat, bahkan seorang pemula pun dapat menghasilkan ID card yang berkualitas. Berikut adalah 3 aplikasi desain terbaik untuk membuat ID card yang ramah pemula:

Canva

Aplikasi Desain Ramah Pemula bikinidcard gambar 1

Canva adalah platform desain online yang user-friendly dan mudah digunakan, bahkan bagi para pemula. Platform ini menawarkan berbagai fitur dan template yang dapat membantu Anda membuat ID card yang profesional dan menarik dengan mudah. Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan Canva untuk desain ID card:

Mudah Digunakan

Canva memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah dinavigasi. Anda dapat drag-and-drop elemen desain, mengubah teks, dan menambahkan gambar dengan mudah. Tersedia banyak tutorial dan panduan online yang dapat membantu Anda mempelajari cara menggunakan Canva.

Template yang Beragam

Canva menyediakan banyak template ID card yang siap pakai. Biarkan kreativitas Anda mengalir dengan template yang fleksibel dan mudah diubah. Template ini dapat diubah dan disesuaikan dengan mudah. Anda dapat menambahkan logo, foto, dan informasi lainnya.

Fitur Desain yang Lengkap

Canva menyediakan berbagai fitur desain yang dapat Anda gunakan untuk membuat ID card yang profesional.Bebaskan imajinasi Anda dengan menambahkan teks, gambar, ikon, dan berbagai elemen desain lainnya. Ciptakan visualisasi yang menarik dan informatif sesuai kebutuhan Anda. Anda dapat mengubah font, warna, dan ukuran elemen desain dengan mudah.

Gratis dan Berbayar:

Canva menawarkan versi gratis yang memungkinkan Anda membuat ID card dengan beberapa fitur. Canva Pro menawarkan lebih banyak fitur dan template, seperti:

  • Ukuran kustom
  • Unduhan tanpa watermark
  • Akses ke jutaan gambar dan video premium

Langkah-langkah Membuat ID Card dengan Canva

  1. Buka Canva dan pilih “ID Card” dari menu “Template”.
  2. Pilihlah templat dengan desain yang menarik dan fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  3. Ubah dan sesuaikan template dengan menambahkan logo, foto, dan informasi lainnya.
  4. Edit teks, font, warna, dan ukuran elemen desain sesuai keinginan.
  5. Unduh ID card Anda dalam format JPEG, PNG, atau PDF.

Tips

  • Gunakan foto yang berkualitas tinggi untuk hasil yang terbaik.
  • Pastikan teks mudah dibaca dan font yang digunakan sesuai dengan tema ID card.
  • Gunakan warna yang kontras dan menarik perhatian.
  • Simpan file ID card Anda dengan nama yang mudah diingat.

Microsoft Word

Aplikasi Desain Ramah Pemula bikinidcard gambar 2

Microsoft Word adalah program pengolah kata yang populer dan mudah digunakan. Meskipun bukan program desain grafis profesional, Word dapat digunakan untuk membuat ID card sederhana dengan mudah.

Fitur Utama

Template ID card yang built-in. Alat desain dasar seperti shapes, text boxes, dan images. Fitur mail merge untuk mencetak ID card secara massal.

Kelebihan

Banyak orang sudah familiar dengan Microsoft Word. Fitur mail merge sangat berguna untuk mencetak ID card dalam jumlah banyak. Gratis untuk digunakan dengan versi Microsoft Office yang berbayar.

Kekurangan

Fitur desainnya tidak secanggih aplikasi desain khusus. Template ID card yang tersedia mungkin tidak terlalu banyak.

Persiapan

  • Ukuran Kertas: Pilih ukuran kertas yang sesuai dengan ID card yang ingin dibuat. Ukuran umum untuk ID card adalah 8.5 x 5.5 cm (seperti kartu kredit) atau 9 x 6 cm.
  • Tata Letak: Atur tata letak halaman menjadi landscape untuk orientasi horizontal ID card.
  • Margin: Atur margin halaman menjadi sempit (narrow) untuk memaksimalkan ruang pada kertas.

Membuat Desain

  • Memasukkan Foto: Masukkan foto Anda dengan format JPEG, PNG, atau BMP. Gunakan tab Insert dan pilih Pictures. Sesuaikan ukuran dan posisi foto sesuai keinginan.
  • Menambahkan Teks: Masukkan informasi penting seperti nama, jabatan, perusahaan, dan kontak. Gunakan tab Insert dan pilih Text Box. Atur jenis font, ukuran, dan warna teks sesuai desain yang diinginkan.
  • Menambahkan Bentuk dan Warna: Gunakan tab Insert dan pilih Shapes untuk menambahkan bentuk seperti kotak, persegi panjang, atau lingkaran. Gunakan tab Format untuk memilih warna dan efek pada bentuk.
  • Menambahkan Logo: Masukkan logo perusahaan atau organisasi Anda dengan format JPEG, PNG, atau BMP. Gunakan tab Insert dan pilih Pictures. Sesuaikan ukuran dan posisi logo sesuai keinginan.

Menyempurnakan Desain

  • Perataan: Pastikan semua elemen desain (foto, teks, bentuk) sejajar dan rapi. Gunakan tombol align pada tab Home untuk membantu menyelaraskan elemen.
  • Pemformatan Teks: Gunakan tab Home untuk mengatur jenis font, ukuran, warna, dan tebal teks.
  • Kesan Profesional: Pilih kombinasi warna dan desain yang profesional dan sesuai dengan identitas perusahaan atau organisasi.

Pencetakan

  • Pengaturan Pencetakan: Pilih tab File dan pilih Print. Atur ukuran kertas dan jumlah cetakan sesuai kebutuhan. Pastikan opsi Print on Both Sides dipilih jika ingin mencetak dua sisi ID card.
  • Jenis Kertas: Gunakan kertas yang tebal dan berkualitas seperti kertas foto atau kertas ID card khusus.

Tips

  • Gunakan template ID card yang tersedia di Microsoft Word untuk mempermudah proses desain.
  • Simpan file desain ID card Anda dengan format .docx untuk kemudahan editing di masa depan.
  • Cetak sampel ID card terlebih dahulu sebelum mencetak dalam jumlah banyak untuk memastikan hasil yang sesuai.

Meskipun Microsoft Word bukan program desain grafis profesional, program ini dapat digunakan untuk membuat ID card sederhana dengan mudah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat ID card yang menarik dan informatif.

PicsArt

Aplikasi Desain Ramah Pemula bikinidcard gambar 3

PicsArt adalah aplikasi editing foto dan video yang populer dan mudah digunakan. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang dapat digunakan untuk membuat ID card, termasuk:

Fitur Utama PicsArt untuk Desain ID Card

  • Template ID Card: PicsArt menyediakan berbagai template ID card yang dapat diedit dengan mudah. Template ini tersedia dalam berbagai desain dan format, sehingga Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Fitur Editing Foto: PicsArt memiliki banyak fitur editing foto yang dapat digunakan untuk mempercantik ID card Anda. Anda dapat menambahkan teks, gambar, logo, dan berbagai efek untuk membuat ID card yang unik dan menarik.
  • Fitur Desain Grafis: PicsArt juga memiliki beberapa fitur desain grafis yang dapat digunakan untuk membuat ID card yang lebih profesional. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk membuat bentuk, garis, dan pola pada ID card Anda.
  • Fitur Font: PicsArt menyediakan berbagai font yang dapat digunakan untuk menulis teks pada ID card Anda. Anda dapat memilih font yang sesuai dengan gaya dan desain ID card Anda.

Langkah-langkah Membuat ID Card dengan PicsArt

  1. Buka aplikasi PicsArt di perangkat Anda.
  2. Pilih “Template” di bagian bawah layar.
  3. Cari template ID card yang Anda inginkan.
  4. Pilih template dan klik “Edit”.
  5. Edit template sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat menambahkan teks, gambar, logo, dan berbagai efek.
  6. Setelah selesai, klik “Simpan”.
  7. Anda dapat mencetak ID card Anda atau membagikannya secara online.

Tips untuk Membuat ID Card dengan PicsArt

  • Gunakan foto yang berkualitas tinggi untuk ID card Anda.
  • Pastikan teks pada ID card Anda mudah dibaca.
  • Gunakan desain yang sederhana dan profesional.
  • Jangan lupa untuk menambahkan informasi penting pada ID card Anda, seperti nama, alamat, dan nomor telepon.

PicsArt adalah aplikasi yang mudah digunakan untuk membuat ID card. Dengan berbagai fitur dan template yang tersedia, Anda dapat membuat ID card yang unik dan profesional dengan PicsArt.

Memilih Aplikasi Desain Ramah Pemula yang tepat untuk membuat ID card tergantung pada kebutuhan dan anggaran Anda. Gunakan aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan ikuti tips di atas untuk membuat ID card yang profesional dan menarik.

Bikin id card

Bikin Id card adalah solusi tepat untuk pembuatan tanda pengenal dan media branding lainnya. Kami menyediakan berbagai jenis tanda pengenal, seperti ID card karyawan, kartu pelajar, kartu anggota, dan lain sebagainya.

Kunjungi website kami di bikinidcard.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan untuk memesan tanda pengenal dan media branding Anda sekarang!

Hubungi kami:

logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera