Bagaimana Merawat Mousepad?

Merawat mousepadbikinidcard.com. Mousepad merupakan salah satu aksesori komputer maupun laptop yang cukup penting. Tanpa adanya mousepad, mouse akan sulit digerakkan sehingga cursor tidak dapat dikendalikan.

Cursor yang sulit dikendalikan tentu akan menghambat kegiatan Anda, apalagi jika Anda adalah seorang desainer grafis, drafter maupun gamer. Maka sangat penting bagi Anda untuk merawat mousepad supaya tetap nyaman digunakan, dan pekerjaan tetap lancar.

merawat mousepad

Cara Merawat Mousepad yang Benar

Cara merawat mousepad tidaklah sulit, hanya butuh kehati-hatian. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Jauhkan dari Benda Cair

Langkah pertama merawat mousepad adalah dengan menjauhkannya dari benda cair terutama minuman. Jika Anda sering bekerja dengan komputer/laptop sambil minum sesuatu, usahakan letakkan gelas minuman tersebut jauh dari mousepad. Jika dekta mousepad Anda bisa tidak sengaja menyenggol gelas tersebut, lalu minuman di dalamnya menumpahi mousepad bahkan mouse Anda.

  1. Jangan Mencorat-Coret

Beberapa orang ada yang suka mencorat-coret mousepad karena merasa bosan bekerja. Mencorat-coret mousepad akan membuat tampilannya jelek. Selain itu ujung pulpen bisa membuat lapisan atas mousepad menipis.

Baca Juga : Cetak Mousepad untuk Souvenir dan Branding

  1. Letakkan di Permukaan yang Halus

Gunakanlah meja yang memiliki permukan halus. Jika permukaan meja kasar, mousepad akan cepat aus dan menipis. Kenapa bisa begitu? Ketika Anda menggerakkan mouse pasti ada momen di mana mousepad ikut bergeser, jika itu terlalu sering terjadi maka mousepad akan cepat tipis. Jangankan pada permukaan yang kasar, pada permukaan yang tipis pun bila mousepad terlalu sering bergeser maka akan cepat menipi.

  1. Rutin Membersihkannya

Bersihkanlah mousepad setidaknya dua minggu sekali. Namun jika ada noda yang kira-kira akan mengerak sebaiknya segera dibersihkan, jika menunggu hingga noda tersebut mengerak maka sulit dibersihkan, Anda harus membersihkannya dengan tenaga yang kuat, hal itu bisa merusak mousepad.

Cara membersihkan mousepad bisa dengan dicuci maupun diusap dengan kain, tergantung jenis mousepad yang Anda miliki.

Pada poin nomor 4 disebutkan bahwa cara membersihkan mousepad berbeda-beda, tergantung jenisnya. Lalu, bagaimana sih cara membersihkan mousepad yang tepat sesuai jenisnya?

cara merawat mousepad yang benar

Membersihkan Mousepad dari Paper Foam/Karet

Mousepad dari paper foam maupun karet kurang tepat jika dicuci karena bisa menyebabkannya mengeras dan tidak nyaman digunakan.

Untuk membersihkan mousepad paper foam/karet dari debu maupun serbuk-serbuk lain seperti remahan cemilan gunakan vacuum cleaner mini yang biasa digunakan untuk membrersihkan CPU. Jika tidak ada vacuum cleaner usap dengan tisu kering maupun kuas kering.

Mau mousepad full color? Klik!

Jika ada kotoran basah yang menempel, bersihkan dengan tisu basah. Jika kotoran sudah hilang segera keringkan mousepad menggunakan kipas angin, jangan dijemur secara langsung di bawah sinar matahari maupun mengeringkannya dengan hair dryer karena bisa membuat mousepad melar.

Membersihkan Mousepad dari Plastik

Jika seluruh bagian mousepad terbuat dari plastic maka Anda bisa mencucinya secara manual, usahakan gunakan sabun yang sifatnya lembut seperti sabun pencuci piring. Jika sudah dicuci, jemur di dalam ruangan hingga mousepad kering sendiri

Namun bila mousepad tersebut terbuat dari campuran plastik dan karet/paper foam maka Anda cukup memebersihkannya dengan tisu basah maupun cairan pembersih kacamata/LCD lalu usap dengan kain kering dan bersih.

Baca Juga : Mousepad Custom Untuk Promosi

Membersihkan Mousepad dari Kain

Membersihkan mousepad dari kain mirip dengan cara membersihkan mousepad dari plastik, Anda bisa mencucinya. Namun gunakanlah sabun yang busanya tidak teralalu banyak seperti sabun dan shampoo bayi agar mudah dibilas.

Itulah 4 langkah merawat mousepad yang benar dan mudah dilakukan. Mudah bukan? Selamat mencobanya!

Merawat mousepad

0.00
9.8

Rating

9.8/10