Bahan Sertifikat dan Cara Desain yang Mudah dan Cepat

Sertifikat, kita semua pasti sudah tidak asing dengan istilah tersebut. Bahan sertifikat juga ada beberapa jenis kertas yang unik sesuai keinginan. Beberapa orang pasti pernah melihatnya, sisanya bahkan memilikinya. Namun, bila ditanya perihal pengertian serfitikat dapat kah Anda menjelaskan apa itu sertifikat?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sertifikat adalah tanda atau surat keterangan (pernyataan) tertulis atau tercetak dari orang yang berwenang yang dapat digunakan sebagai bukti pemilikan atau suatu kejadian.

Bahan Sertifikat

Masih bingung dengan penjelasan di atas? Mari kita ambil contoh sesuai dengan penjelasan tersebut.

Contoh dari sertifikat yang digunakan sebagai bukti pemilikan adalah sertifikat tanah.  Sementara contoh sertifikat yang berfungsi sebagai bukti suatu kejadian adalah sertfikat bahasa asing (TOEFL, TOEIC, IELTS dan sebagainya).

Jenis-jenis Bahan Sertifikat

Sebagaimana halnya sertifikat yang tidak bisa dikeluarkan/diterbitkan oleh sembarang orang, bahan sertifikat juga tidak boleh dibuat dari sembarang bahan baku.

Sertifikat hanya terbuat dari kertas. Bahan kertas sertifikat pun tidak bisa dari sembarang kertas. Hanya kertas-kertas tertentu yang dapat digunakan untuk membuat sertifikat yaitu:

  1. Kertas Linen

Kertas linen merupakan bahan sertifikat yang cukup tebal dan agak kaku. Jenis kertas ini memiliki permukaan yang tidak halus, tetapi tetap bisa dicetak menggunakan mesin printing maupun ditulis manual menggunakan spidol atau pena.

Tekstur bahan sertifikat yang satu ini tampak jelas bergari-garis. Bila Anda menulis pada kertas linen secara manual, maka tekstur tersebut akan terasa jelas.

Kertas linen adalah jenis kertas yang kerap dijadikan sebagai bahan kertas sertifikat seminar, sertifikat kepemilikan (seperti sertifikat tanah), sertifikat lomba dan sertifikat-sertifikat yang diterbitkan oleh negara.

Selain merupakan kertas yang paling kerap digunakan untuk membuat sertifikat, kertas linan juga kerap digunakan untuk membuat undangan

  1. Kertas Manila

Jenis yang ke dua adalah kertas manila. Kertas manila ini mirip dengan kertas buku gambar, permukaannya halus, agak kaku dan tebal, teksturnya tampak halus.

Kertas manila paling kerap dijadikan sebagai bahan kertas sertifikat lomba, workshop. Maupun sertifikat-sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga maupun kelompok yang tidak mengatasnamakan negara.

Kita sudah membahas bahan-bahan kertas sertifikat. Sekarang saatnya kita bahas mengenai cara membuat desain sertifikat.

Cara Membuat Desain Sertifikat

Desain sertifikat dapat Anda buat menggunakan software aplikasi grafis apapun seperti adobe photoshop, adobe illustrator maupun corel draw. Pada artikel ini, kita akan membahas cara membuat desain sertifikat menggunakan corel draw.

Alat dan Bahan

  1. Sebuah PC maupun laptop
  2. CorelDraw X7 (atau versi lain yang Anda miliki)

Langkah-Langkah

  1. Pastikan corledraw sudah terinstall di PC maupun laptop Anda. Setelah itu buka coreldraw
  2. Jika coreldraw sudah terbuka buat lembar kerja baru dengan memencet tombol ctrl+N pada keyboard. Akan muncul dialog box seperti berikut.

bahan sertifikat

  1. Beri nama dokumen bebas, misalkan Desain Sertifikat. Lalu atur ukuran kertas menjadi A4. Pilih icon persegi vertikal (berdiri) jika ingin membuat sertifikat dengan posisi potrai atau vertikal. Pilih icon persegi horizontal (tidur) jika ingin membuat sertifikat dengan posisi landscape atau horizontal.

Cetak Sertifikat Murah di Bikinidcard.com

  1. Selanjutnya klik “ok” atau tekan “enter” pada keyboard. Akan muncul tampilan seperti ini

  1. Kita akan membuat sertifikat sederhana seperti berikut:

kertas linen

6.Untuk membuat desain di atas, kita hanya memerlukan dua tools yaitu rectangle dan text.

7.Mari kita mulai dengan membuat bingkai warna hitam. Kita butuh 2 rectangle atau segi empat. Klik icon persegi yang terdapat pada menu vertikal sebelah kiri layar Lalu tarik keseluruh kertas kerja. Beri warna hitam dengan cara seleksi (klik) kertas manilapersegi tersebut, lalu klik warna hitam pada deret warna yang terdapat di sebelah kanan layar. Lalu lakukan langkah yang sama, buat persegi panjang kedua di atas persegi panjang kedua dengan ukuran yang lebih kecil lalu beri warna putih.

8. Lalu buat tulisan “sertifikat”; “diberikan kepada”, “atas peran” serta tempat dan tanggal disahkannya/diterbitkannya sertifikat tersebut, jangan lupa tambahkan nama pengesah sertifikat tersebut.

9. Jangan lupa buat dua garis hitam di tengah sertifikat menggunakan tools rectangle juga. Fungsi dua garis tersebut adalah sebagai tanda di mana harus diketikkan/dituliskan nama penerima sertifikat serta posisi/peran penerima sertifikat tersebut.

10. Jika sudah selesai jangan lupa simpan desain tersebut dengan memencet tombil ctrl+S pada keyboard.

Coreldraw dapat menyimpan file dalam format PNG dan JPG, tapi sebaiknya simpan desain tersebut dengan format standar coreldraw yaitu CDR agar ketika dicetak desain tersebut dapat diedit dan disesuaikan dengan ukuran kertas. Jika Anda menyimpan desain tersebut dalam bentuk PNG maupun JPG maka desain tidak dapat diotak-atik.

Daftar Harga Cetak Sertifikat Murah

Sangat mudah, bukan? Sekarang saatnya mencetak desain tersebut. Untuk mencetaknya, cukup gunakan mesin printer yang Anda miliki, tidak perlu menggunakan mesin yang canggih, cukup mesin printer yang dapat cetak full color.

Jika Anda tidak paham dengan coreldraw, adobe photoshop maupun adobe illustrator maka Anda bisa mengunduh template sertifikat dengan format sesuai dengan aplikasi-aplikasi tersebut. Lalu Anda tinggal mengedit tulisan template tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda juga dapat membuat desain sertifikat secara instan melalui gadget menggunakan aplikasi seperti Canva, Flyer Maker maupun aplikasi-aplikasi sejenisnya. Aplikasi-aplikasi tersebut juga menyediakan banyak template sertifikat. Anda hanya perlu mengganti tulisan pada template tersebut.

Selamat mencoba!

Bahan Sertifikat

0.00
9.8

Rating

9.8/10