Bikin ID Card Design yang Elegan dan Ngebrand? Ini Tipsnya!

Bikinidcard.com – ID Card Design. Menjadi pegawai atau karyawan di sebuah perusahaan maupun instansi, ID Card adalah atribut yang penting untuk dimiliki. Mau karyawan tersebut bekerja di instansi pemerintah maupun sebagai pegawai swasta, ID Card tidak boleh ketinggalan terutama di tempat kerja. Sebagai karyawan professional, ID Card memiliki peran penting untuk menampilkan identitas dan citra perusahaan ke client / customer serta masyarakat secara luas.

id-card-design

Apa sih ID Card Itu?

Dilihat dari definisi katanya, ID Card adalah tanda pengenal (memuat identitas pemiliknya) yang berupa kartu dengan berbagai bentuk. Identitas yang dicantumkan pada ID Card biasanya beruapa nama, jabatan, nomor induk dan nama instansi atau perusahaan yang menaunginya. Pada ID Card design-nya, bisa ditambahkan foto supaya lebih keren. ID Card ini tidak hanya digunakan oleh karyawan saja, tapi juga dipakai oleh anggota organisasi, komunitas, panitia acara hingga masyarakat luas. Contoh ID Card yang paling umum dikenal adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Khusus untuk karyawan dan panitia sebuah event, ID tentu selalu dikenakan dan dilihat oleh banyak orang. Tidak heran kalau design ID Card sangat diperhatikan. Meski masih dianggap sepele oleh beberapa orang, ID Card design nyatanya jadi daya tarik hingga membuatnya menjadi media branding.

Terutama untuk Anda business owner yang memiliki beberapa atau banyak karyawan, jangan sampai meremehkan desain pada ID Card karyawannya. ID Card inilah yang membawa bisnis Anda ke masyarakat luas untuk diperkenalkan secara tidak langsung. Bahkan ID Card ini juga jadi media personal branding karyawan Anda untuk tampil percaya diri dan lebih professional.

Coba kita bayangkan jika Anda masih mendang-mending dengan desain ID Card yang dipakai oleh karyawan. Saat karyawan Anda harus menemui client penting yang ingin mengajukan kerja sama bisnis dengan perusahaan melihat penampilan karyawan Anda yang menggunakan ID Card dengan desain pas-pasan atau bahkan tidak menggunakannya sama sekali. Client yang ada di hadapan Anda ini pasti akan memandang remeh Anda maupun perusahaan karena tampilan Anda yang “tidak menjual”. Tidak hanya dianggap remeh tapi juga tidak dianggap serius dalam menghadiri pertemuan tersebut. Apa yang akan terjadi? Bisa saja client tersebut tetap bekerja sama dengan perusahaan Anda namun menyiapkan opsi lain karena tidak 100% percaya dengan perusahaan Anda atau bahkan membatalkannya secara langsung. Meski tidak kualitas perusahaan Anda sangat baik, yakinlah first impression dengan client Anda sangat penting.

Bagaimana Membuat ID Card Design yang Bikin Perusahaan Ngebrand?

Supaya tidak mimpi buruk tidak menjadi kenyataan, Ada baiknya Anda mulai sadar diri untuk mengubah desain ID Card karyawan jika dirasa kurang menarik. Namun, apabila karyawan belum punya ID Card, beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu untuk membuat desain yang bagus.

1. Logo Perusahaan

Hal yang pertama kali harus Anda siapkan adalah logo perusahaan karena logo inilah yang menggambarkan bisnis Anda. Logo ini bisa mendiskripsikan produk-jasa yang Anda jual dan seperti apa bisnis Anda karena logo dibuat berdasarkan pertimbangan serta memiliki filosofi tersendiri. Logo ini, bisa berupa tulisan atau gambar atau keduanya. Salah satu perusahaan yang menggunakan logo berupa tulisan dan gambar adalah Wings.

Jika Anda sudah punya, logo ini akan dicetak pada ID Card karyawan. Dengan ukuran yang pas dan diletakan di bagian yang paling strategis pada layout sehingga mudah dilihat dan dikenali. Bisa di bagian samping kanan/kiri atas atau di tengah atas.

2. Siapkan List Identitas lengkap karyawan

Hal kedua yang perlu Anda siapkan adalah lsit lengkap identitas karyawan Anda, termasuk foto yang ingin dipakai jika dibutuhkan. List lengkap karyawan ini, nantinya akan membantu pihak percetakan untuk medesain ID Card tersebut, mempercepat kerja mereka dan tentu Anda tinggal duduk santai mengerjakan kerjaan yang lain. Anda bisa menggunakan bantuan excel lalu dikirimkan ke pihak percetakan untuk segera diproses.

Pada nama karyawan, batasi panjang nama yang akan dicetak. Jika karyawan memiliki gelar sarjananya, wajib banget dicetak supaya lebih ngebrand dan membantu karyawan mendapatkan perhatian client-pelanggan.

3. Jangan Sampai Salah Pilih Font

Tips ketiga adalah memilih font yang pas untuk ID Card Anda. Pilih jenis font yang mudah dibaca oleh orang yang ada di depan Anda. Terutama dibagian identitas karyawan tersebut, missal nama dan jabatan, serta nama persusahaan Anda.

Jika Anda merasa menggunakan satu jenis font saja sangat membosankan, Anda boleh kok menggunakan lebih dari satu jenis font dalam satu desain. Akan tetapi terlalu banyak variasi font juga tidak bagus. Jadi, Anda perlu membatasi dan memilih 2 atau tiga jenis font berbeda yang cocok untuk ID Card design. Tujuan pembatasan varian font ini, supaya audience tidak gagal fokus dan desainnya tidak norak.

Beberapa jenis font yang bisa digunakan antara lain; serif, sans serif, script, slab serif dan dekoratif. Kombinasi beberapa font ini bisa disesuaikan untuk menuliskan informasi yang ditujukan. Kuncinya adalah pilih font apa yang paling penting dan jadi prioritas. Apabila menggunakan konsultan brand, font ini sudah diatur dan Anda tinggal pakai saja.

4. Tata Layout ID Card Design

Layout adalah hal yang paling penting dalam ID card Design. Tujuannya, ID Card lebih enak dipandang dan menarik perhatian orang yang melihatnya. Anda bisa menggunakan layout yang sederhana tapi tetap elegan seperti perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Hal yang perlu diatur dalam layout ini antara lain: margin, penempatan gambar dan keterangan serta foto maupun aksen pemanis supaya ID Card tidak membosankan.

5. Jangan Lupa White Space

Seperti namanya, white space adalah ruang kosong yang membuat audience fokus pada keterangan penting pada ID Card. Dalam hal ini, yang dimaksud adalah identitas perusahaan itu sendiri (logo) dan identitas karyawan. Selain itu, white space juga dapat membuat audience lebih nyaman melihat ID Card.

6. Tambahkan Hal Unik

Hal unik dapat memberikan kesan lebih “Beda” dan ngebrand pada perusahaan Anda. Misalnya efek embossing alias huruf timbul atau sentuhan glossy silver sehingga ID Card Anda tampak lebih mewah.

7. QR Code jika Perlu

Di era global seperti saat ini, penggunaan QR Code sudah jadi hal yang lumrah. QR Code ini digunakan untuk metode pembayaran diberbagai tempat belanja maupun tempat makan. Oleh karena itu, Anda juga bisa menambahkan QR Code ini pada ID Card Design. QR Code ini bisa Anda arahkan ke website perusahaan atau contact person karyawan sehingga pelanggan jadi lebih dekat dan mudah.

ID Card Design yang Cocok untuk Bisnis Anda

Selain enam tips di atas, ada beberapa ID Card design di bawah ini yang bisa dijadikan referensi supaya kartu identitas tersebut sesuai dengan identitas perusahaan Anda. Jenis ID Card ini mengacu pada gaya desain yang Anda pilih dan sesuai dengan citra perusahaan. Beberapa gaya ID Card design yang kami maksud adalah

  • Jenis ID Card Formal

Jenis ID Card yang pertama adalah desain formal dan banyak digunakan oleh perusahaan dengan gaya yang lebih formal. Contohnya, instansi pemerintah, konsultan pajak, lembaga bantuan hukum dan lain-lain. Biasanya, gaya yang digunakan adalah design yang simple dengan sedikit warna. Ukurannya juga standar sesuai ukuran ATM atau KTP.

  • ID Card Full Color

Jika perusahaan Anda adalah perusahaan start up dengan mempekerjakan 80% anak mudah sebagai karyawannya, ID Card dengan gaya full color bisa jadi pilihan yang tepat. ID Card full color ini juga biasa dipakai oleh guru TK atau paud supaya tampak lebih ceria dan sesuai dengan profesinya.

  • ID Card Unik

Jenis ID yang ketiga adalah ID Card dengan desain, ukuran dan bentuk yang unik. Misalnya, ID Card dengan bentuk bulat, bunga atau sejenisnya. Jenis ID Card Design ini cocok juga digunakan oleh member komunitas atau kartu nama personal lho!

  • ID Card Transparan

Selain bisa menggunakan bahan PVC yang memiliki warna dasar putih solid, ID Card taransparan bisa jadi pilihan yang menarik. Jika Anda takut hasilnya tidak maksimal, print UV adalah solusi terbaiknya. Dengan menggunakan print UV, desain ID Card Anda akan lebih menarik dan detail.

Yuk Cetak ID Card dengan Design Terbaik Anda di bikinidcard.com! Tidak hanya bisa mencetak lanyard berkualitas, tapi kami juga bisa ID Card untuk berbagai kebutuhan Anda.

Hubungi Customer Service kami untuk pemesanan dan keterangan lengkap tentang ID Card Design. Jangan lupa juga untuk mengunjungi website kami bikinidcard.com untuk melihat produk-produk lain terbaik kami.

logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera