Buat ID Card

Buat ID Card Hemat, Murah dan PraktisBikinidcard.com. Buat id card kini sudah tidak perlu susah ribet dan mahal, di Bikin Id Card Anda akan mendapatkan id card berkualitas dengan harga yang bersahabat. Id card tidak akan lepas dari seluruh aspek kehidupan masyarakat karena digunakan sebagai identitas diri.

Tidak terkecuali pemilik usaha baik dalam sekala kecil maupun besar. Bagi perusahaan, id card tidak hanya digunakan sebagai identitas saja namun juga digunakan sebagai media branding. Diaplikasikan sebagai id card karyawan, member card, kartu visitor, karu parkir, kartu antrian, dan lain-lain.

Buat Id Card


Buat iD Card Sendiri

Anda bisa membuat sendiri menggunakan cara membuat id card dengan corel draw, maupun Microsoft word. Namun, tidak hanya itu, Anda juga membutuhkan alat atau piranti yang mumpuni untuk membuatnya berkualitas. Namun sebelum proses itu, Ada beberapa hal yang harus Anda siapkan untuk membuat id card.

  • Kumpulkan Data

Dalam proses buat id card, terlebih dahulu Anda harus menyiapkan data yang akan dicantumkan pada id card tersebut. Seperti nama, jenis kelamin, umur, alamat dan lain lain. Anda bisa cara membuat id card dengan microsoft word terlebih dahulu.

  • Ubah Gambar

Anda dapat mengunggah gambar anda sendiri. Anda bisa membuat gambar logo, foto Anda sendiri, atau animasi. Namun bagi id card karyawan memang lebih cocok menggunakan foto pemilk id card. Atau Anda bisa menambahkan gambar yang sesuai dengan keinginan desain anda.

  • Ubah Font

Pilih Font yang sesuai dengan keunikan dan kerapian Font tersebut. Selain itu, yang perlu diperhatikan dalam memilih font adalah mudah dibaca. Ini dikarenakan id card digantungkan dan dilihat dari jarak jauh. Jika menggunakan font latin, akan sulit dibaca.

  • Ubah Latar Belakang

Anda dapat mengubah latar belakang dengan warna-warna sesuai dengan tema anda atau bisa juga menggunakan gambar. Agar matching dengan acara, latar belakang disesuaikan dengan warna ciri khas tema acara atau organisasi maupun perusahaan.

  • Ubah Warna

Anda dapat bermain dalam menggunakan warna. Seperti warna kotak teks dan teks untuk memberikan lebih banyak gaya. Anda juga bisa menggunakan warna simple, seperti warna monochrome jika ingin membuat id card dengan tema simple.

Setelah Anda memperhatikan hal-hal penting di atas, Anda bisa memilih material id card yang ingin Anda buat. Ini adalah material yang yang bisa Anda buat id card.

Material Buat ID Card

1. Bahan Kertas

Id card dengan bahan kertas bisa Anda pilih jika Anda ingin membuat Acara namun memiliki anggaran yang sedikit. Sedangkan anggota kepanitiaan Anda banyak. Kertas yang dipilih haruslah bukan dari kertas yang sembarang. Anda harus memilih kertas yang tidak mudah robek, seperti kertas Ivory.

Kertas ivory memiliki permukaan yang glossy sehingga Nampak mengkilap. Selain itu juga tidak mudah robek dan hasil cetaknya detail, cerah dan warnanya nampak tegas. Anda bisa custom ukuran berdasarkan kebutuhan seperti B1, B2, B3 dan B4.

2. Bahan PVC

Id card yang dibuat dari bahan PVC tentunya lebih menarik dibandingkan jika dibuat dari bahan kertas. Selain itu, maretialnya lebih awet dan tidak mudah rusak. Permukaannya yang halus, membuat hasil cetaknya begitu sempunam apalagi dicetak dengan tinta tahan air.

Walaupun harganya lebih mahal dibandingkan id card dari bahan kertas, id card dari PVC banyak peminatnya. Sedangkan hasilnya juga sepadan, Tidak luntur, lebih detail, warna cerah dan tegas. Id Card dari bahan PVC cocok digunakan untuk perusahaan, komunitas dan segala bentuk kepanitian dalam event atau acara.

Dari kedua jenis bahan diatas, yang akan kita bahas adalah buat id card dari bahan PVC. Dengan pertimbangan dan keuntungan yang lebih bagi Anda. Untuk membuatnya, Anda harus menyiapkan perlatan yang mumpuni.


Peralatan Buat ID Card

Peralatan dalam pembuatan id card Antara lain :

1. Komputer

Komputer adalah otak dari pembuatan id card. Anda akan mendesain dan mencetak desain melalui computer ini. Namun, komputer ini harus dilengkapi dengan pendukung seperti software seperti :

Corel Draw

Corel draw (cdr) adalah aplikasi khusus desain berbasis vector atau garis untuk membuat berbagai desain. Dengan cara membuat id card dengan corel draw, Anda bisa membuat logo id card, desain templatenya, dan menempelkan foto pada template tersebut. Corel draw menyediakan banyak tools untuk membantu Anda dalam membuat desain id card menjadi lebih keren.

Adobe Photoshop

Photoshop (Psd) juga digunakan untuk mengedit foto atau gambar yang bertipe raster atau bipmap. Aplikasi ini sangat mampuh digunakan untuk mempercantik dan merekayasa foto yang akan dipasangkan pada id card. Dalam pengerjaannya, photoshop dibantu layer, untuk mendesain gambar, toolbox sebagai tempat khusus penyedia tools penting untuk mengedit foto.

2. Printer

Alat kedua yang harus ada adalah Printer. Printer yang digunakan adalah printer thermal untuk mencetak bahan PVC. Printer inject tidak digunakan untuk mencetak id card karena hsilnya kurang tajam. Kualitas gambar hasil cetak dinyatakan dalam dots per inch (DPI), semakin tinggi resolusi DPI, hasil semakin baik.

3. Mesin Laminasi

Mesin laminasi berfungsi untuk melekatkan antara kertas hasil desain dengan bahan PVC agar menempel lebih kuat. Anda bisa memilih menggunakan mesin laminasi berukuran kecil atau sedang dengan dua jenis pemanas hot shoe (tube) dan Meta heating.

4. Plong ID Card

Id card dipotong sesuai pola id card pada umumnya dan dengan ukuran yang sudah ditentukan menggunakan Plong Id Card. Disebut juga Id Card Punch Machine, mesin ini tidak menggunakan listrik alias manual. Keuntungannya dengan mesin ini adalah hasil pemotongan id card lebih bersih dan rapi.

5. ID Card Hole Maker atau Pembolong ID Card

Hole Maker berfungsi untuk melubangi id card. Biasanya dilubangi pada bagian atas untuk mengaitkan pada tali id card atau lanyard. Anda bisa membuat lubang dengan bentuk bulat atau ovel sesuai keinginan.


Kini, Buat ID Card Sendiri Tidak Lagi Ribet!

Kini, Buat id card tidak lagi ribet bahkan Anda bisa buat id card online murah tanpa capek-capek mendisain maupun beli peralatan yang mahal.

Serahkan saja Cetak Id Card Anda di Bikin Id Card. Kami Adalah percetakan berbasis digital printing yang sudah berpengalaman dalam buat id card murah. Dan kami sudah melayani pembuatan dari seluruh Indonesia dengan hasil yang memuaskan.

Tidak hanya id card saja, Anda juga bisa melengkapi dengan aksesoris seperti tali id card, gantungan yoyo maupun holder id card. Holder id card bisa dari plastic dan bahkan dari kulit sapi asli dengan desain yang mewah dan elegan.

Anda cukup menghubungi Customer Service kami di Hari dan jam Kerja. Kami siap melayani Anda setiap Hari Senin – Sabtu jam 9.00 – 17.00 WIB. Namun jika Anda ingin datang langsung ke kantor kami, Anda bisa mengikuti instruksi Google Maps. Dengan mengetikkan Alamat Retro Card – bikinidcard.com.

Atau alamat lengkap kami ada di Retro Card, Warungboto UH 4 / 1030 RT 38 RW 09, Umbulharjo, Yogyakarta 55164. Jangan lupa untuk follow akun instagram kami @bikinidcard.com_admin untuk mendapatkan update produk baru dan penawaran terbaru dari kami, Bikin Id Card. Bisa juga kunjungi web resmi kami bikinidcard.com untuk melihat daftar harga,

Pengunjung juga mencari:

  • cara bikin id card online
  • buat id card angota online
  • buat id card keren
  • buat id card online
  • Membuat kartu id card online