Cangkir Mug

Jika Anda belum tahu, Cangkir mug adalah alat minum perpaduan antara cangkir dan gelas. Jenis cangkir ini memiliki tangkai seperti cangkir, tinggi dan tidak perlu alas/cawan dalam penggunaannya sebagaimana halnya gelas.

mug cangkir

Bahan Mug Cangkir

Cangkir mug atau gelas cangkir terbuat dari 4 macam bahan yaitu:

  1. Kaca

Kaca merupakan bahan yang paling banyak digunakan untuak membuat berbagai macam perkakas rumah tangga seperti mangkuk, teko, gelas dan cangkir mug.

Jenis cangkir yang terbuat dari kaca selalu tembus pandang. Kebanyakan cangkir yang dibuat dari bahan kaca berwarna bening, ada juga yang berwarna hitam maupun cokelat transparan.

Kekurangan dari jenis mug kaca, adalah tidak terlalu kuat menahan air panas. Ia tetap dapat digunakan sebagai wadah minuman panas, asal minuman tersebut tidak terbuat dari air mendidih. Beberapa mug kaca akan langsung pecah begitu bersentuhan dengan air mendidih. Mug dari bahan kaca ini paling cocok digunakan sebagai wadah air panas yang berasal dari termos maupun dispenser, bukan yang baru saja mendidih.

  1. Enamel

Enamel memiliki nama lain aluminium. Sama halnya dengan kaca, enamel juga kerap digunakan untuk membuat berbagai macam perkakas rumah tangga seperti mangkok, piring, sendok-garpu serta cangkir mug.

Enamel dipilih sebagai bahan pembuatan cangkir mug karena tidak mudah pecah. Bahkan jika Anda sengaja membantingnya cangkir mug ini tetap baik-baik saja. Bila ada bagian yang lubang/bocor maka dapat ditambal dengan penambal panci.

Alasan lain kenapa enamel dipilih sebagai bahan pembuatan cangkir mug karena dapat membuat panas minuman awet, meskipun tidak mencapai 30 menit, tetapi minuman panas yang berada di dalam cangkir mug enamel panasnya lebih awet dibandingkan minuman panas yang berada di cangkir mug dari bahan lain.

Sayangnya, bahan enamel mudah menyerap panas dari air. Jadi, ketika Anda menuangkan minuman/air panas ke dalamnya, panas dari minuman tersebut akan menyebar ke seluruh bagian cangkir mug. Sehingga Anda harus berhati-hati ketika akan meminumnya karena cangkir mug yang panas dapat melukai bibir Anda.

  1. Melamin

Melamin merupakan sejenis plastik. Namun tidak seperti gelas plastik biasa yang tipis, kasar dan mudah meleleh, melamin memiliki dinding yang tebal, setebal cangkir mug kaca maupun keramik. Permukaannya halus dan tidak mudah meleleh.

Melamin dipilih sebagai salah satu bahan pembuatan cangkir mug karena ia kuat menahan air panas bahkan air mendidih.

  1. Keramik

Keramik adalah bahan kedua yang paling sering digunakan untuk membuat perabotan rumah tangga setelah kaca.

mug cangkir keramik

Cangkir mug keramik memiliki karaktersitik yang hampir sama dengan karakteristik cangkir mug kaca, tetapi ia memiliki daya tahan panas lebih kuat dibandingkan cangkir mug kaca. Cangkir mug keramik cocok digunakan sebagai wadah minuman panas yang berasal dari air mendidih.

Metode Pencetakan Mug Gelas Cangkir

Mug Gelas Cangkir Polos

Mug gelas polos adalah mug gelas biasa yang permukaan luarnya polos atau tidak memiliki motif apapun. Jenis mug gelas cangkir ini pasti sangat mudah Anda temukan di sembaran supermarket maupun toko perkakas rumah tangga.

Mug Gelas Cangkir Digital Printing

Jenis gelas yang kedua adalah mug gelas digital printing. Mug gelas ini adalah mug yang desain atau motifnya dicetak menggunakan metode yang lebih canggih dibandingkan sablon, yaitu teknik digital printing.

cangkir mug printing

Pencetakan cangkir mug secara digital printing akan menghasilkan cetakan  akan menghasilkan cetakan yang halus, rapi, tajam, anti air dan pastinya full color.

Cangkir mug yang dapat dicetak menggunakan metode ini hanya mug yang terbuat dari keramik.

Mug Gelas Cangkir Sablon

Mug gelas sablon adalah mug gelas yang desain atau motifnya dicetak dengan cara sablon manual. Ada dua macam metode sablon yang digunakan untuk mencetak desain pada gelas, yaitu sablon manual dan sablon decal.

Sablon Manual

Sablon manual yang digunakan untuk mencetak cangkir mug asama dengan sablon manual yang digunakan untuk mencetak barnag0barnag seperti kaos, spanduk, topi dan barang-barang lain yang terbuat dari kain.

Sablon manual hanya bisa mencetak 1 variasi warna dalam 1 desain. Meskipun hanya bisa mencetak 1 variasi warna, hasil cetakannya tahan air dan tidak cepat pudar. Selain itu, bila hasil cetakannya dirabaterasa timbul.

Cangkir yang dapat dicetak menggunakan metode sablon annual adalah cangkir dari bahan kaca dan dari bahan keramik.

Sablon Decal

Sablon decal digunakan untuk mencetak benda-benda yang terbuat dari plastik maupun logam yang tidak dapat dicetak secara digital printing maupun sablon manual.

Dapat dikatakan metode sablon decal untuk cangkir seperti menempelkan sticker pada permukaannya.

Desain yang akan dicetak pada cangkir awalnya dicetak pada suatu kertas khusus menggunakan mesin digital printing biasa yang kerap digunakan untuk mencetak dokumen. Setelah dicetak, desain tersebut kemudian diberi lapisan coating maupun pylox bening. Kemudian untuk memindahkan desain tersebut dari kertas ke cangkir mug, kertas perlu dibasahi dengan cara direndam pada air (tidak perlu lama, hanya sekitar 5 detik).

Jika sudah basah kemudian kertas desain ditempel pada cangkir, kemudian digosok secara rata. Kertas kemudian dilepas dari cangkir secara perlahan untuk memastikan apakah desain sudah berpindah dan menempel pada permukaan cangkir tersebut atau belum.

Metode sablon decal untuk cangkir mug dapat menghasilkan cetakan full color sebagaimana metode digital printing. Namun, hasil cetakannya tidak seawet hasil cetakan sablon manual maupun digital printing. Bila cangkir mug dicuci setiap hari, maka cetakan akan cepat pudar.

Tempat Cetak Cangkir Mug

Anda sedang mencari souvenir, kado maupun merchandise tetapi belum menemukan barang yang tepat untuk dijadikan souvenir, kado maupun merchandise? Cetak mug dan cangkir saja!

Tempat Cetak Cangkir Mug

Anda dapat mencetaknya di vendor souvenir dan merchandise yaitu Bikinidcard.com. Kami menyediakan mug keramik yang dapat dicetka secara digital printing maupun sablon manual.

Informasi mengenai harga cetak cangkir mug tersebut bisa Anda lihat melalui website resmi kami yaitu Bikinidcard.com.

Untuk melakukan pemesanan cangkir mug silakan hubungi customer service kami pada nomor 0851 0050 6190 atau datang ke kantor kami yang berlokasi di Jl. Nyi Ageng Nis No. 550, KG 1, Kelurahan Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Yogyakarta 55171.

Cangkir Mug

0.00
9.8

Rating

9.8/10
logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera