Bagaimana Cara Merawat ID Card?

Cara merawat ID cardbikinidcard.com. Selain merawat diri, merawat hati dan merawat hewan peliharaan, Anda juga harus merawat barang-barang penting Anda.

Apalagi barang tersebut dipakai untuk bekerja atau keluar rumah. Salah satu benda yang juga harus dan wajib dirawat adalah ID Card atau kartu identitas.

cara merawat id card

Tidak peduli mau SIM, KTP, Kartu member atau ID Card, Anda harus merawatnya. Sekalipun ID Card yang Anda miliki, dibuat dari bahan plastik PVC yang tahan air. Kenapa demikian?

Kenapa Harus Merawat ID Card

cara mudah merawat id card

Banyak hal yang membuat Anda wajib merawat ID card milik Anda yaitu:

  1. Tetap Membuat Anda Percaya Diri

Alasan pertama dari merawat ID Card adalah supaya Anda tetap percaya diri menggunakannya. Apalagi jika Anda bekerja di perusahaan besar dan memiliki jabatan tinggi. Tapi jangan salah, alasan ini juga berlaku untuk Anda karyawan kantor biasa, pelajar atau panitia event.

Dengan menggunakan ID Card yang terawat dengan baik, tentu Anda akan lebih percaya diri saat bertemu client atau customer. Penampilan tetap rapi, bersih dan image Anda tetap terjaga dengan baik.

  1. Lapisan Tidak Terkelupas

Alasan kedua adalah supaya lapisan pada kartu identitas Anda tidak terkelupas. Beberapa jenis ID card terutama ID card press terdapat plastik tipisa yang melekat pada kartu dan melapisinya (contohnya adalah e-KTP dan beberapa kartu ATM). Apabila plastik ID card tersebut terkelupas, cetakannya akan ikut terkelupas. Meskipun masih ada sisa cetakan yang menempel pada ID card, tapi tidak terlihat jelas dan sulit dibaca.

  1. Cetakan Tetap Terlihat Jelas

ID card yang tidak dijaga dengan baik bisa tergores benda tajam maupun tergesek benda lain yang permukaannya kasar. ID card yang tergores maupun tergesek akan menjadi baret, membuat tampilannya jelek bahkan cetakannya terlihat tidak jelas.

Anda mungkin berpikir bahwa ID card yang Anda miliki saat ini penuh baret tetapi tetap bisa dibaca dengan jelas, jadi bukan merupakan masalah. Namun, jika ID card Anda terdapat barcode maupun QR code, hal itu akan menjadi masalah. Bila bagian QR code maupun barcode yang tergores maka mesin scanner akan sulit membaca code-code tersebut.

  1. Menghemat Anggaran Perusahaan

Perusahaan yang kami maksud tidak berhenti pada tempat usaha yang melakukan jual beli / bisnis. Tapi juga organisasi atau kepanitiaan, bahkan kas pribadi Anda. Jika lapisan ID Card tersebut terkelupas dan cetakan yang tidak terlihat jelas membuat Anda harus buru-buru menggantinya. Bila setelah mengganti ID card Anda tidak merawatnya dengan baik maka Anda bisa terlalu sering menggantinya.

Ganti ID card berkali-kali membuat Anda boros, biaya yang tadinya bisa dianggarkan untuk beli bensin atau makan terpakai untuk membuat ID card. Selain itu Anda harus meluangkan waktu untuk datang ke percetakan berkali-kali. Jika dengan merawat ID card bisa membuat Anda hemat waktu dan uang, kenapa tidak melakukannya? Lagi pula, merawat ID Card bukan hal yang sulit lho..

Baca Juga : ID Card Berkualitas dan Bergaransi untuk Karyawan

Cara Mudah Merawat ID Card

cara mudah merawat id card

Cara merawat ID card sebenarnya sangat mudah, hanya butuh kehati-hatian. Berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan agar ID card milik Anda awet hingga bertahun-tahun.

  1. Gunakan Casing Full Coverage

Langkah paling mudah untuk merawat ID card Anda adalah dengan menggunakan casing ID card yang tertutup rapat.

Jika Anda membeli casing ID card, pihak penjual akan menawarkan beberapa jenis, di antaranya adalah yang bagian depannya tidak tertutup dan yang seluruh bagiannya tertutup.

Pilihlah casing kedua. Sebab, jika Anda memilih casing jenis pertama, ID card Anda akan lebih berpotensi tergores, terkena debu atau terpapar panas matahari langsung. Kejadian tidak terduga ini bisa merusak tampilan ID Card Anda.

Berbeda jika Anda menggunakan casing jenis kedua. Hal-hal buruk yang merusak ID card tentu tidak akan terjadi. Gesekan, debu, percikan air serta noda minuman tidak akan langsung jatuh pada permukaan ID card, melainkan pada permukaan casing. Dengan langkah ini, ID card Anda tetap aman dan bisa awet hingga bertahun-tahun.

  1. Membersihkannya dengan Tisu maupun Kain

Bersihkanlah ID card beserta casingnya menggunakan tisu maupun kain kering yang bersih setidaknya seminggu sekali. Usap dengan lembut permukaan ID Card, jika terlalu keras bisa menyebabkannya tergores maupun membuat plastik pelapisnya terlepas.

  1. Gantungkan di Tempat Terjangkau

Sehabis menggunakannya, gantungkan di tempat yang mudah Anda jangkau. Misalkan pada gantungan pakaian maupun paku di dekat pintu supaya mudah mencarinya. Jika Anda tidak menggantungkannya, ia bisa terselip ke tempat-tempat yang penuh debu seperti kolong lemari, sofa maupun tempat tidur.

Bagaimana, mudah bukan? Jadi, jangan bingung lagi bagaimana merawat kartu identitas penting Anda dengan benar dan praktis. Demikian beberapa langkah mudah untuk merawat ID card, selamat mencoba, semoga ID card Anda awet hingga bertahun-tahun.

Cara merawat ID card

0.00
9.8

Rating

9.8/10