Pengertian dan Manfaat Celengan

Saya yakin, Anda sudah tidak asing dengan celengan. Yap, media menabung paling kuno ini masih banyak digunakan di era digital ini. Alasannya tentu beragam, ada yang memilih karena lebih praktis, lebih murah tidak ribet, atau bisa diuangkan sewaktu-waktu hehehe.

celengan

Pengertiannya sendiri, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), celengan adalah tabung (yang dibuat dari bahan plastik dan sebagainya, biasa berbentuk binatang maupun bentuk suatu bidang dan lain-lain) untuk menyimpan uang.

Tapi, tahukah Anda, ternyata kata “celengan” diambil dari Bahasa jawa yang berarti babi hutan. Sebutan ini lebih mempermudah masyarakat Indonesia jika harus meniru orang barat dengan menyebutnya “piggy bank”.

Sejarah Singkat Piggy Bank

Pada abad ke-18, ketika bahasa Inggris mengalami perkembangan, pengejaan huruf “Y” mengalami perubahan, sehingga orang-orang pada abad tersebut mengeja “Pygg” sebagai “Pig” yang memiliki arti “babi”. Oleh karena itu, pada abad tersebut banyak yang memproduksi dengan bentuk babi.  Selanjutnya, ketika istilah slang telah ditemukan, “Pig Bank” lebih dikenal dengan istilah “Piggy Bank”. Sejak saat itu istilah kerennya adalah Piggy Bank bukan Pig Bank.

Filosofi yang Mungkin Anda Belum Tahu

Di negara asalnya, memang memiliki bentuk yang menyerupai “babi” berasal dari istilah “piggy bank.” Namun, di Indonesia, bentuk media menabung yang unik satu ini memiliki makna lebih dari sekadar menyesuaikan istilah “piggy bank”.

filosofi celengan

Bentuknya sendiri memiliki filosofi yang diambil dari hewan babi. Babi merupakan hewan yang serakah. Segala makanan yang ada di dekatnya akan ia makan dan ia habiskan. Pemilihan babi sebagai bentuk celengan dimaksudkan agar manusia hendaknya jangan seperti babi yang serakah. Untuk mendapatkan sesuatu, seseorang harus bersabar mengumpulkan koin demi koin.

Setelah celengan tersebut penuh maka untuk mengambil koin-koin yang telah terkumpul maka celengan harus dipecahkan (jika terbuat dari tanah liat) atau disobek (jika terbuat dari plastik). Penyobekan maupun robek celengan tersebut memiliki makna bahwa ketika manusia sudah mendekati pada sifat serakah, maka sifat tersebut harus segera dihancurkan.

Filosofi tersebut tidak hanya berlaku pada celengan yang berbentuk babi. Celengan dengan bentuk lain pun memiliki filosofi yang sama yaitu sebagai manusia kita harus terus bersabar, jika ingin mendapatkan sesuatu harus berusaha secara bertahap dengan mengumpulkan uang-uang receh hingga nanti penuh.

Manfaat Celengan

Manfaat utama celengan sudah pasti untuk menabung uang-uang koin/receh. Namun, manfaat celengan tidak hanya untuk menyimpan uang koin, ia juga memiliki beberapa manfaat lain yaitu:

manfaat celengan

  1. Celengan untuk Souvenir

Ketika membicarakan perihal souvenir, pasti tidak jauh dari barang-barang seperti gelas, cangkir, kipas, dompet, gunting kuku dan gantungan kunci. Padahal, souvenir tidak hanya barang-barang tersebut. Celengan terutama celengan kaleng, juga dapat dijadikan sebagai souvenir berbagai macam acara seperti pernikahan, ulang tahun, seminar, wisuda, reuni dan sebagainya.

Celengan adalah barang unisex, artinya ia dapat digunakan oleh laki-laki maupun perempuan. Tidak ada kecenderungan pada salah satu jenis kelamin maupun gender saja, tidak seperti tas, sepatu maupun pakaian. Siapapun dapat merasakan manfaat celengan.

Celengan merupakan barang yang murah, sehingga sangat pas dijadikan sebagai souvenir terutama untuk orang-orang yang memiliki anggaran terbatas.

  1. Sebagai Kado yang Beramanfaat

Celengan juga dapat dijadikan sebagai berbagai macam kado seperti kado ulang tahun, kado wisuda bahkan untuk kado pasangan pengantin.

Saat ini, memang banyak orang yang lebih memilih menabung di bank dibandingkan menabung di celengan. Namun, tentu saja ketika mereka menyetor uang tunai melalui teller bank maupun ATM setor tunai, uang yang mereka setorkan adalah uang kertas pecahan tertentu.

Sangat jarang orang-orang yang menyetorkan uang koin untuk ditabung di bank alasannya karena mereka merasa malu, kasihan dengan teller bank jika harus menghitung uang koin, uang koin dalam jumlah banyak memiliki bobot yang tidak ringan sehingga repot dibawa dan alasan terakhir adalah ATM setor tunai hanya mau menerima uang kertas 50.000 dan 100.000.

Jadi, meskipun orang-orang banyak yang memilih untuk menabung di bank, mereka tetap membutuhkan celengan untuk menyimpan uang koin yang koin yang mereka dapatkan dari sisa berbelanja. Jika celengan tersebut sudah penuh, maka mereka dapat menukarkannya ke minimarket maupun supermarket kemudian baru menyetorkannya ke teller bank maupun ATM setor tunai.

  1. Sebagai Media untuk Promosi

Manfaat piggy bank yang berikutnya adalah sebagai media promosi. Namun, tidak semua jenis dapat digunakan sebagai media promosi, hanya jenis yang terbuat dari kaleng yang dapat dijadikan sebagai media promosi karena bagian luarnya dapat dicetak nama dan logo suatu perusahaan.

Celengan kaleng yang bagian luarnya telah dicetak nama dan logo suatu perusahaan kemudian dibagikan kepada para calon customer, customer baru maupun customer lama. Customer-customer tersebut lalu akan membawa pulang celengan yang telah mereka dapatkan.

Ketika di rumah beberapa dari mereka akan ada yang menceritakan kepada anggota keluarga mereka jika mendapatkan celengan tersebut, lalu anggota keluarga mereka akan penasaran dan melihatnya. Ketika mereka mengamatinya, pasti mereka akan membaca nama dan melihat logo perusahaan yang dicetak pada permukaan celengan. Akhirnya, mereka menjadi tahu jika ada perusahaan yang bersangkutan.

Beberapa customer mungkin tidak akan menceritakan kepada anggota keluarga mereka jika mendapatkan celengan tersebut, tapi ketika ada anggota keluarga maupun teman mereka yang berkunjung ke rumah mereka lalu tidak sengaja melihatnya, mereka juga akan membaca nama perusahaan yang berada pada celengan tersebut. Secara tidak langsung, mereka mendapatkan informasi mengenai keberadaan perusahaan yang bersangkutan.

Cetak Celengan untuk Souvenir dan Promosi di bikinidcard.com

Celengan yang Hits Saat Ini

Kebanyakan piggy bank yang hits saat ini terbuat dari bahan plastik. Namun, tentunya bukan yang berbentuk binatang yang terbuat dari plastik tipis. Jenis yang hits saat ini adalah yang berasal dari plastik yang sangat tebal. Celengan unik dan keren tersebut memiliki beberapa model yaitu:

  1. Bentuk Seperti ATM Mini

Dari namanya saja sudah dapat ditebak bahwa celengan ini bentuknya menyerupai ATM mini. Bukan hanya ATM mini, ia juga memiliki beberapa fitur yang mirip dengan ATM sungguhan seperti kartu ATM, pin ATM dan lubang/laci tempat keluarnya uang.

Bedanya, ia juga memiliki lubang untuk memasukkan uang koin maupun uang kertas. Bisa dikatan mirip dengan ATM setor tunai, tapi “ATM mainan” ini dapat digunakan untuk menyimpan uang receh maupun uang kertas dengan nominal berapa pun.

Untuk mengambil uang sama dengan cara mengambil uang di ATM sungguhan. Bedanya, jika di ATM sungguhan perlu memasukkan nominal uang yang akan diambil. Sementara pada “ATM tiruan” ini tidak perlu memasukkan nominal uang.

Ketika “kartu ATM” telah telah dimasukkan dan pin telah diketikkan maka laci/penutup lubang tempat keluarnya uang akan terbuka dengan sendirinya (seperti halnya mesin kasir), kemudian uang dapat diambil secara manual sesuai dengan keinginan.

Beberapa diantaranya bahkan dapat diatur kapan laci tersebut dapat dibuka. Sehingga, para pemiliknya bisa menahan diri agar tidak mengambil uang yang telah mereka tabung sebelum penuh.

  1. Bentuk Box/Rumah Binatang

Celengan box maupun rumah binatang juga menggunakan mesin. Namun, ia tidak dilengkapi dengan pin maupun fitur keamanan lainnya. Untuk menabung, uang koin diletakkan di pada piggy bank bentuk box maupun di depan pintu rumah.

Kemudian pencet tombol yang tersedia di sana, nantinya dari dalam box maupun “rumah” tersebut akan muncul boneka binatang (biasanya berupa anjing, kucing maupun panda) yang menarik masuk uang koin tersebut.

Bila uang koin sudah banyak dan penuh, uang dapat diambil secara manual dengan membuka tutup yang terdapat di bawah maupun sampingnya.

  1. Celengan Jar Digital

Jenis yang jar digital tentunya memiliki bentuk seperti jar atau stoples yang memiliki tutup digital. Pada bagian tutup tersebut terdapat layar kecil (seperti layar jam digital) yang berfungsi untuk menunjukkan jumlah uang koin yang telah ditabung.

Di samping monitor tersebut terdapat tombol plus (+) dan minus (-). Tombol plus tersebut perlu ditekan setiap ada uang yang dimasukkan supaya terhitung total uang koin yang telah dikumpulkan.

Begitu pula dengan tombol minus, jika uang pada piggy bank tersebut diambil maka tombol tersebut perlu dipencet agar total uang sesungguhnya dengan total uang yang ditampilkan pada layard kecil tersebut jumlahnya sesuai.

Baca Juga : Daftar harga celengan murah

Celengan Keren

Jenis yang dibuat dari tanah liat, plastik biasa (tanpa mesin) maupun dari kaleng dijual bebas di supermarket maupun produsen gerabah. Sementara piggy bank hits yang memakai mesin hanya dijual di online shop dan beberapa toko mainan.

Dapatkan celengan keren di sini

Apabila Anda berniat membeli celengan untuk diri Anda sendiri, sebaiknya Anda membuatnya sendiri supaya lebih hemat. Anda dapat membuatnya dari kaleng, kardus maupun botol plastik bekas yang dicat maupun dihias sedemikian rupa sehingga tampak menarik. Selamat mencoba!

Celengan

0.00
9.8

Rating

9.8/10