Co Card untuk Kartu Panitia

Co card – bikinidcard.com. Masih ingatkah Anda ketika pertamakali masuk sekolah maupun saat pertamakali masuk kuliah ada kegiatan bernama MOS maupun OSPEK? Sebelum MOS maupun OSPEK berlangsung, pasti para senior memberikan pembekalan MOS maupun OSPEK.

Pada sesi pembekalan tersebut Anda diminta untuk membuat kartu identitas yang dikenal dengan CO Card.  Bahkan, panitianya sendiri juga menggunakannnya sebagai identitas. Bisa menggunakan ID Card PVC maupun kertas yang lebih murah.

co card

Pengertian dan Fungsi Co Card

Co card adalah sebuah kartu berisi informasi seputar identitas penggunanya. Informasi tersebut pasti berisi nama lengkap atau nama panggilan si penggunanya. Sementara informasi lainnya dapat menyesuaikan seperti jabatan dalam suatu organisasi atau kepanitian, kelas, jurusan maupun fakultas dan informasi lain yang dirasa penting untuk disampaikan.

Karena berisi nama, jabatan dan acara yang diselenggarakan, kartu panitia ini berfungsi sebagai kartu identitas. Co card biasanya digunakan oleh panitia suatu acara, peserta suatu event, para murid maupun mahasiswa baru. Para panita, peserta event, murid maupun mahasiswa baru pasti belum tentu saling mengenal, oleh karena itu diperlukan tanda pengenal yang bisa dilihat secara langsung agar dapat saling mengenal dan tidak salah orang.

Ukuran Co Card

Ukuran Co Card

Karena bisa dibuat dari bahan plastik dan kertas, kartu ini tentunya memiliki ukuran yang berbeda menurut bahan. Jika Anda menginginkan ID Card Panitia ini dari bahan PVC, ukurannya akan dibuat sama dengan kartu pegawai atau kartu pelajar pada mumnya.

Berbeda lagi dengan ID Card panitia dari bahan kertas. Jika selama ini mungkin Anda sudah tidak asing dengan ukuran kertas seri A seperti A3, A4 dan A5. Sementara itu, ukuran co card dinyatakan dalam ukuran kertas seri B. Anda mungkin masih asing dengan ukuran kertas seri B. Berikut ini ukuran kartu panitia dan peserta yang bisa Anda pilih sesuai keinginan,

Ukuran B1

Co card B1 memiliki ukuran kertas 85 x 55 mm. Sementara ukuran casing atau plastik wadahnya 100 x 65 mm.

Ukuran B2

Kartu dengan ukuran B2 memiliki ukuran kertas 105 x 70 mm. Sementara casing atau plastik wadahnya 123 x 80 mm.

Ukuran B3

Co card B3 memiliki ukuran kertas 122 x 95 mm. Sementara ukuran casing atau plastik wadahnya 105 x 85 mm.

Ukuran B4

Co card B4 memiliki ukuran kertas 150 x 106 mm. Sementara ukuran casing atau plastik wadahnya adalah 135 x 95 mm.

Desain dan Contoh ID Card Panitia

Desain co card hampir sama dengan kartu identitas pada umumnya, berisi nama, jabatan, foto dan nama acara. Tidak sedikit yang menyertakan sponsor pendukung berlangsungnya acara tersebut dan didesain lebih warna-warni supaya lebih menarik.

Jika Anda belum mendapatkan gambaran mau membuat desain ID Card panitia seperti apa, silakan lihat contoh desainnya berikut:

Desain CO Card Panitia

Bahan dan Perbedaan Co Card dan ID Card Biasa

Co card kertas terbuat dari kertas ivory. Kertas ivory adalah kertas yang cukup tebal—tebalnya kurang lebih seperti kardus makanan ringan maupun kardus catering—berwarna dasar putih susu dan permukaannya mengkilap.

Bagi Anda yang membutuhkan kartu identitas untuk panitia maupun peserta suatu kegiatan, mungkin Anda bingung sebaiknya memilih ID Card kertas atau dari PVC. Supaya Anda tidak salah pilih, simak perbedaan kedua jenis kartu identitas berikut:

  • ID card memiliki 1 ukuran standar yaitu 86 mm x 54 mm. Sementara ukuran standar co card adalah B1 hingga B4 (detail ukuran sebagaimana yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya).
  • ID card terbuat dari plastik PVC yaitu bahan standar pembuatan kartu ATM. Sementara ID card kertas terbuat dari kertas ivory.
  • ID card dapat langsung dikaitkan pada tali lanyard meskipun tanpa casing atau card holder karena tidak akan sobek bila terkena air. Sementara co card harus menggunakan casing, jika kertas ivory langsung dikaitkan pada tali lanyard maupun tali bulat, maka akan basah dan tidak bisa digunakan lagi.
  • ID card hanya dapat menggunakan lanyard. Sedangkan ID Card kertas dapat menggunakan lanyard maupun tali bulat
  • Harga ID card lebih mahal karena kualitas bahan pembuatnya juga jauh lebih mahal
  • ID card dari bahan PVC juga jauh lebih awet. Bahkan ID card bisa bertahan hingga lebih dari setahun, sementara ID card kertas maksimal hanya 1 minggu.

Cetak Co Card

Cara cetak ID Card kertas memang mudah, seperti mencetak kertas pada umumnya yaitu menggunakan printer. Namun, karena kertas yang digunakan bukan kertas HVS maupun kertas tipis lainnya, maka Anda harus pastikan bahwa printer yang akan Anda gunakan dapat mencetak kertas yang tebal. Selain itu, pastikan juga tinta yang Anda gunakan dapat menempel pada permukaan mengkilap.

Tidak mau repot mencari tinta yang bagus, memotong ID Card kertas dan melakukan segala proses produksinya? Kalau begitu pesan saja di Bikinidcard.com saja!

Kami menyediakan ukuran ID Crad kertas B1 hingga B4. Kartu tersebut sudah termasuk casing plastiknya. Anda dapat memesan kartu ini di Bikinidcard.com mulai dari 25 pcs.

Jika peserta maupun panitia dalam acara yang diselenggarakan ada lebih dari 50 orang, Anda bisa memilih Paket CO Card sebagai alternative. Selain bisa lebih murah, Anda juga bisa memilih tali yang diinginkan

Harga Co Card

Harga kartu beserta plastiknya tidaklah mahal. Tidak percaya? Klik link website bikinidcard.com atau hubungi Customer Service.

Untuk pemesanan dan keterangan lebih lanjut, yuk langsung chat Customer Service kami melalui whatsapp pada nomor 0822 4303 3334 untuk melakukan cetak online co card. Jika ingin cetak secara offline, silakan mampir ke kantor kami yang berada di Jl. Nyi Ageng Nis No. 550, KG 1, Kelurahan Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Yogyakarta 55171 pada jam kerja yaitu Senin-Sabtu pukul 09.00-17.00 (Minggu dan tanggal merah tutup).