Contoh Nota Pembelian Barang

Contoh nota pembelian barangbikinidcard.com. Setiap Anda berbelanja di minimarket/supermarket, makan di restoran, membeli baju di toko pakaian maka Anda akan mendapatkan nota, nota tersebut lah yang disebut sebagai nota pembelian barang.contoh nota pembelian barang

Jadi, nota pembelian barang adalah nota yang diserahkan oleh pihak penjual kepada pihak pembeli. Nota tersebut berisi detail barang-barang belanjaan dan jumlah transaksi yang dibayarkan.

Bagi pemilik usaha, memberikan nota pembelian kepada para customer sangat penting karena nota tersebut berfungsi untuk:

  1. Mendapatkan Kepercayaan dari Customer

Seringkali di minimarket maupun supermarket update harga terjadi begitu cepat. Menyebabkan label harga pada rak barang belum sempat diganti sementara harga pada database komputer sudah diganti.

Harga yang tidak sinkron tersebut bisa menyebabkan customer bingung. Jika pihak penjual tidak memberikan nota pembelian maka pihak customer bisa curiga dan menuduh bahwa kasir berbuat curang dengan menaikkan harga maupun dengan menggandakan jumlah barang yang dibeli. Supaya jelas kenapa harga bisa berbeda maka para penjual perlu memberikan nota pembelian kepada para customer.

Selain itu, jika pihak kasir salah menghitung maka pihak customer dapat memberitahu kasir bahwa perhitungan salah kasir pun akan percaya sehingga kesalahpahaman bisa dihindari dan tidak terjadi cekcok.

  1. Mencegah Penipuan dari Oknum Tidak Bertanggungjawab

Hal yang wajar bagi pedagang barang elektronik maupun otomotif untuk memberikan garansi kepada para pembeli walaupun hanya sehari. Agar para pembeli dapat mengklaim garansi tersebut maka mereka perlu menunjukkan nota pembelian.

Tujuan dibuat peraturan seperti itu adalah agar pihak toko tahu bahwa orang tersebut tahu bahwa:

    • Garansi masih berlaku atau tidak
    • Tidak ditipu oleh seseorang yang mengaku membeli barang di toko tersebut padahal membeli barang di toko lain yang tidak memberikan garansi

Tanpa menunjukkan nota pembelian maka siapapun bisa saja mengaku bahwa mereka membeli suatu barang di toko tersebut. Selain itu, mereka bisa dengan leluasa mengklaim masa garansi masih berlaku sehingga meminta ganti rugi.

  1. Catatan Pengeluaran

Orang-orang yang membeli barang di suatu toko bisa jadi tidak digunakan pribadi, tetapi untuk keperluan perusahaan maupun organisasi. Pegawai yang ditugaskan untuk membeli barang-barang tersebut wajib menunjukkan nota pembelian agar ketahuan apaka pegawai tersebut korupsi atau tidak.

Oleh karena itu sangat penting bagi pihak toko untuk memberikan nota pembelian kepada para customer agar mereka dapat mempertanggungjawabkan pekerjaan mereka.

Gambar Contoh Nota Pembelian Barang

Nota pembelian barang sebaiknya dibuat ada nama, logo, dan alamat perusahaan agar jelas bahwa nota tersebut asli diterbitkan oleh perusahaan yang bersangkutan. Bila perusahaan menggunakan nota polos yang dijual bebas di pasaran maka siapapun bisa membelinya kemudian membuat nota palsu.

Berikut contoh nota pembelian barang yang dicetak nama, logo, dan alamat perusahaan:

gambar dan contoh nota pembelian barang

 

desain nota pembelian barang

Contoh-contoh nota pembelian barang di atas adalah nota yang dibuat dari kertas berukuran F4. Kertas tersebut nantinya dapat dipotong menjadi 2, 3, 4, 6 dan 8 bagian sehingga menjadi nota dengan ukuran yang lebih kecil.

Desain Contoh Nota Pembelian Barang

Bagi Anda yang tertarik untuk membuat desain nota pembelian barang seperti contoh di atas, Anda dapat membuat desain nota menggunakan Adobe Illustrator maupun Corel Draw. Jika desain sudah jadi, Anda dapat mencetaknya di Bikinidcard.com.

Kami merupakan pusat pencetakan keperluan kantor, salah satunya adalah nota pembelian barang. Nota yang kami produksi adalah nota NCR 2, 3, 4, dan 5 ply.

Nota NCR adalah nota yang menggunakan kertas NCR, yaitu kertas untuk menyalin tulisan pada kertas di atasnya tanpa memerlukan kertas karbon.

Informasi harga nota NCR rangkap 2, 3, 4, dan 5 ddapat Anda cek pada website kami bikinidcard.com.Untuk memesannya silakan hubungi WA kami pada nomor  0853-2628-2628.

logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera