Contoh Sertifikat dan Cara Membuatnya

Contoh Sertifikat dan Cara Membuatnya – Sertifikat merupakan tanda bukti kepemilikan suatu barang maupun bukti terjadinya suatu peristiwa momen. Contoh sertifikat kepemilikan suatu barang adalah sertifikat tanah, BPKB dan sebagainya. Sementara contoh sertifikat berlangsungnya suatu peristiwa adalah sertifikat seminar, sertifikat juara lomba dan sebagainya.

contoh sertifikat dan cara membuatnya

Nah, jika Anda merupakan panitia suatu acara maupun lomba dan ditugaskan untuk membuat sertifikat, maka Anda perlu menyimak artikel ini hingga akhir karena pada artikel ini akan dibahas mengenai contoh sertifikat dan cara membuatnya.

Cara Membuat Sertifikat Menggunakan Smart phone

Ada banyak software yang digunakan oleh para desainer untuk membuat sertifikat yaitu corel draw, adobe illustrator, adobe photoshop dan sebagainya. Namun software-software tersebut diperuntukkan bagi mereka yang sudah tidak asing dengan software-software itu.

Pada cara membuat sertifikat kali ini, kita akan menggunakan aplikasi smart phone yang dapat digunakan oleh siapapun, baik yang sudah jago menggambar maupun yang sama sekali tidak bisa menggambar. Aplikasi yang akan digunakan pada tutorial ini adalah Canva.

Pada tutorial ini kita akan membuat contoh sertifikat lomba. Namun, tutorial ini juga dapat Anda terapkan untuk membuat sertifikat yang lain.

Alat yang Dibutuhkan

  1. Smart phone
  2. Aplikasi Canva
  3. Printer Digital Full Color
  4. Laptop/komputer atau OTG/ USB converter

Bahan yang Dibutuhkan

  1. Kertas Art Carton ukuran Letter (8.5×11 inchi)

Langkah-langkah Membuat Sertifikat

  1. Pastikan bahwa Canva sudah terinstall di ponsel Anda. Jika pada smartp hone Anda belum terinstall silakan unduh pada P,lay Store (untuk Android) maupun AppStore (untuk pengguna iOS). Jika sudah terinstall, silakan buka Canva. Di bawah ini merupakan tampilan awal ketikan Canva telah terbuka

cara membuat sertifikat menggunakan smartphone - 1

  1. Ketikkan “Certificate” pada search box/ kotak pencarian. Akan muncul banyak pilihan desain sertifikat mulai dari yang gratis hingga yang berbayar.

cara membuat sertifikat menggunakan smartphone - 2

  1. Jika Anda tidak ingin repot, maka Anda dapat mengedit salah satu desain-desain tersebut. Namun pada tutorial ini kita akan membuat desain sertifikat mulai dari nol. Kita akan membuat sertifikat seperti contoh sertifikat lomba berikut:

cara membuat sertifikat menggunakan smartphone - 3

 

 

  1. Pilih “blank”.
  2. Muncul lembar kerja baru seperti ini.

 

cara membuat sertifikat menggunakan smartphone - 4

  1. Kita akan mengubah background tersebut menjadi warna keemasan. Caranya klik lembar kerja tersebut sehingga muncul pilihan “Gallery”, “Image” dan “Color
  2. Lalu pilih color. Klik tombol (+) untuk menambahkan warna custom.

cara membuat sertifikat menggunakan smartphone - 5

  1. Pada gambar di atas dapat Anda lihat bahwa ada kolom yang berisi angka nol 6 deret. Ubah angka nol tersebut menjadi c9a63d Background lembar kerja yang tadinya berwarna putih akan berubah menjadi berwarna seperti ini.

 

cara membuat sertifikat menggunakan smartphone - 6

 

  1. Kita akan mengubahnya warna tersebut agar lebih lembut. Klik lagi lembar kerja tersebut lalu klik tombol 3 titik dalam bulatan yang berada di pojok kanan atas (dekat tong sampah). gambar
  2. Akan muncul tampilan seperti ini gambar  cara membuat sertifikat menggunakan smartphone - 7 klik gambar/icon yang berada di sebelah kiri 3 titik.
  3. Atur transparasinya menjadi 65. Warnanya akan menjadi seperti ini:

cara membuat sertifikat menggunakan smartphone - 8

  1. Selanjutnya tambahkan objek persegi panjang berwarna putih. Caranya klik tombol (+) pada pojok kanan bawah.
  2. Lalu pilih icon “illustration
  3. Ketikkan “square” pada kotak pencarian. Pilih persegi yang diberi nomor 1 (pojok kiri atas)
  4. Persegi tadi akan muncul dengan sendirinya pada lembar kerja.

cara membuat sertifikat menggunakan smartphone - 9

  1. Lalu sesuaikan ukurannya dengan menarik sudut-sudutnya, hingga menjadi seperti ini

 

cara membuat sertifikat menggunakan smartphone - 12

  1. Untuk mengubah warna persegi tersebut menjadi warna putih dengan mengklik persegi tadi. Lalu pilih warna putih.
  2. Tambahkan persegi dengan bentuk seperti ini:

cara membuat sertifikat menggunakan smartphone - 13

  1. Sesuaikan ukurannya hingga lebih kecil dari persegi nomor 2
  1. Ubah warnanya menjadi hitam
  1. Selanjutnya kita akan menambahkan garis putus-putus seperti ini.

cara membuat sertifikat menggunakan smartphone - 13

Caranya sama dengan menambahkan objek persegi. Namun pada kotak pencarian, ketikkan “line”. Garis putus-putus tersebut memiliki warna asli hitam. Ubah menjadi warna yang sama dengan warna background lembar kerja.

 

  1. Lalu tambahkan teks. Caranya klik tombol (+). Lalu pilih tombol “Text” yang bergambar huruf “T”.
  2. Klik tombol “+Add some text of your own.”
  3. Edit text tersebut menjadi “Piagam Penghargaan.” Untuk mengubah fontnya, klik teks tersebut.
  4. Pilih font yang Anda sukai. Atur ukurannya.
  5. Tambahkan teks lain sesuai dengan contoh sertifikat tadi hingga selesai.
  6. Jika sudah selesai, klik tombol mengunggah/ upload yang ada di pojok kanan atas.

cara membuat sertifikat menggunakan smartphone - 15

  1. Lalu klik “Save as”, pilih jenis file yang Anda inginkan. Supaya gambar tidak pecah, simpan sebagai PDF. Anda dapat memilih PDF standard maupun PDF Print. Lalu klik download. Tunggu hingga proses download selesai. Jika sudah selesai Anda bisa menemukannya pada folder download di ponsel Anda.

cara membuat sertifikat menggunakan smartphone - 16

  1. Selanjutnya, cetak sertifikat tersebut. Jika printer Anda tidak menyediakan driver untuk ponsel, maka Anda harus memindahkan file tersebut ke laptop/komputer. Lalu lakukan langkah mencetak sebagaimana yang sering Anda lakukan.
  2. Jika printer Anda menyediakan driver untuk ponsel, pastikan bahwa Anda sudah menginstall driver pada ponsel Anda. Lalu, sambungkan USB OTG ke ponsel agar kabel USB printer dapat dihubungkan ke ponsel. Lalu, buka file desain tadi, cari dan pilih menu “print” atau “cetak”.

Daftar Harga Sertifikat Murah dan Berkualitas

Nah itulah langkah-langkah membuat sertifikat menggunakan canva. Jika Anda tidak menyukai desain di atas, Anda bisa melihat contoh-contoh sertifikat yang berada di Canva, di sana terdapat contoh sertifikat seminar, contoh sertifikat penghargaan, contoh sertifikat pelatihan, contoh sertifikat untuk pemateri dan contoh sertifikat-sertifikat yang lain.

Anda bisa menyadur (meniru dan mengubah beberapa elemen) desain tesebut. Jika tidak mau repot menyadur, Anda dapat mengeditnya dan menggunakan desain tersebut. Namun perlu Anda ingat, bahwa tidak semua desain gratis.

Tapi, kalau Anda tidak mau repot membuat sertifikat sendiri, Bikinidcard.com siap membantu. Tentunya dengan harga yang terjangkau, kualitas yang terjamin dan bergaransi.