Gelas Mug

Gelas mug adalah salah satu perabotan rumah tangga sangat sering kita jumpai di rumah-rumah, salah satunya adalah rumah Anda. Fungsi utamanya tentu saja digunakan untuk minum keluarga maupun tamu. Karena dibuat dari bahan keramik, mug ini cocok digunakan untuk minum panas hangat, hingga dingin.

Jenis gelas ini memiliki tangkai sebagaimana halnya cangkir namun memiliki ukuran yang cenderung lebih besar – terutama cangkir untuk minum teh. Penggunaannya juga tidak memerlukan cawan atau alas. Beberapa cangkir ada yang dijual satu set dengan poci atau teko, tetapi mug tidak pernah dijual satu set dengan teko.

Gelas Mug

Jenis Gelas Mug

Berdasarkan metode pencetakannya, gelas terdiri dari dua macam yaitu gelas yang dicetak sablon dan teknik digital printing.

Gelas Mug Sablon

Seperti namanya, desain berupa tulisan maupun gambarnya dicetak menggunakan teknik sablon. Teknik sablon mug yang digunakan untuk mencetak mug hampir sama dengan metode sablon yang digunakan untuk mencetak barang-barang yang terbuat dari kain seperti kaos, spanduk dan bendera.

Akan tetapi ada sedikit perbedaan antara teknik sablon mug dan teknik sablon pada media kain. Teknik sablon untuk media kain dapat mencetak hingga 3 variasi warna dalam 1 desain. Namun, teknik sablon gelas mug hanya bisa mencetak 1 variasi warna dalam 1 desain.

Gelas Mug Sablon

Selain hanya dapat mencetak 1 variasi warna dalam 1 desain, teknik cetak sablon gelas mug juga tidak dapat mencetak desain yang terlalu rumit seperti ornament vintage maupun motif batik. Tekini cetak sablon gelas mug cocok digunakan untuk mencetak desain yang sederhana misalkan nama seseorang.

Hasil cetak desain menggunakan teknik sablon, bila diraba terasa timbul, membuat mug tersebut seolah-olah ditempeli sticker bergambar. Ini dikarenakan tinta sablon tidak meresap ke dalam bahan mug, hanya menempel saja pada permukaannya. Walaupun hanya menempel, hasil cetakannya sangat rekat, tidak mudah pudar meskipun sengaja dikelupas. Tentunya tidak seperti sticker sungguhan yang sangat mudah dilepas.

Gelas Mug Digital Printing

Jenis yang kedua adalah, gelas mug digital printing. Jenis gelas ini tentunya dicetak menggunakan mesin digital printing yang lebih canggih dibandingkan sablon. Tinta yang dipakai juga khusus untuk mencetak mug.

gelas mug printing

Metode pencetakan gelas mug ini dapat mencetak berbagai macam variasi warna dalam 1 desain. Selain dapat mencetak desain full color, metode cetak digital printing untuk mug juga dapat mencetak desain yang rumit seperti ornament vintage, motif batik dan desain-desain rumit lainnya. Hasil cetakannya tampak jelas/detail, bila diraba terasa halus seolah-olah tertanam pada dinding mug.

Kita sudah membahas jenis-jenis gelas mug berdasarkan metode pencetakannya. Sekarang mari kita beralih ke jenis-jenis mug berdasarkan bahan pembuatannya.

Gelas Kaca

Sebagaimana gelas kaca pada umumnya, jenis gelas memiliki karakteristik yang sama yaitu rata-rata berwarna bening, bila ia berwarna cokelat maupun hitam maka warna tersebut tembus pandang. Gelas mug kaca tidak begitu kuat menahan air panas. Gelas ini tetap bisa digunakan untuk mebuat minuman panas seperti teh maupun kopi, asalkan air yang digunakan adalah air termos maupun dispenser—bukan air yang baru saja mendidih.

Apa yang terjadi bila Anda menuangkan air mendidih pada jenis mug dari bahan kaca? Pada banyak kasus, mug dari bahan kaca akan langsung pecah, biasanya terbelah bukan pecah berkeping-keping sebagaimana mug yang terjatuh.

Gelas Mug Enamel

Jenis elas enamel memiliki nama lain gelas dari bahan aluminium. Jenis gelas enamel sangat kuat menahan air panas. Bila Anda menuangkan air mendidih maka ia tidak akan pecah, tidak pula retak.

Namun, aroma aluminium akan tercium bila Anda menuangkan air panas pada gelas enamel lalu mengaduk air tersebut. Meskipun Anda sudah mencucinya berkali-kali, aroma tersebut akan tetap tercium. Hal itu tentu akan mengganggu kenikmatan meminum minuman favorit Anda.

Kekurangan lain dari jenis gelas enamel adalah ia sangat mudah menyerap panas dari air panas bahkan hingga ke tangkainya. Jadi, Anda harus menggunakan kain maupun tisu pelindung jika ingin minum minuman panas dari jenis gelas yang satu ini.

Namun Anda tidak perlu khawatir, kini beberapa gelas enamel sudah dilengkapi dengan isolator pada bagian tangkainya. Isolator tersebut terbuat dari sejenis karet maupun spons.

Mug Keramik

Mug dari bahan keramik adalah gelas yang kualitasnya paling bagus di antara kedua mug tersebut. Ia kuat menahan air panas. Jika Anda menggunakan gelas mug keramik untuk membuat kopi maupun teh, Anda bisa menggunakan air mendidih, asal hanya sesekali. Jika Anda menggunakan gelas keramik yang sama setiap hari, maka gelas tersebut lama-lama akan retak hingga terbelah.

Dinding gelas keramik juga menyerap panas dari air, tetapi daya serapnya tidak setinggi gelas mug enamel. Meskipun dindingnya terasa panas, tangkai gelas mug keramik tidaka akan ikut panas. Jadi, Anda tidak perlu repot mencari kain maupun tisu untuk melindungi tangan Anda.

Kelebihan lain dari gelas mug keramik adalah aroma keramik/tanah liat tidak akan tercium, tidak seperti gelas mug enamel.

Cetak Gelas Mug

Gelas mug-gelas mug di atas dapat Anda beli di sembarang supermarket yang jual perabotan rumah tangga. Apabila Anda membelinya di supermarket maupun toko khusus perabotan rumag tangga, maka Anda akan menemukan gelas mug dengan berbagai macam desain yang telah dicetak pada permukaan luarnya.

Anda hanya bisa memilih desain yang tersedia di supermarket tersebut. Anda tidak dapat meminta pihak supermarket untuk menyediakan mug dengan desain tertentu. Bila Anda mengiginkan gelas unik dengan desain tertentu, maka Anda harus memesannya di produsen souvenir maupun merchandise.

Setiap produsen souvenir dan merchandise pasti bisa mencetak desain gelas mug sesuai dengan permintaan para customer. Bahkan para customer dapat mencetak desain milik maupun buatannya sendiri.

Sayangnya, tidak semua produsen souvenir dan merchandise menawarkan biaya cetak gelas mug yang murah. Untuk produsen-produsen di daerah Jakarta dan sekitarnya, biasanya mereka mematok harga di atas Rp25.000 untuk gelas berbahan keramik.

Jika ada yang menawarkan harga di bawah harga tersebut, maka mereka tidak menerima pemesanan secara satuan. Mereka hanya menerima pemesanan mulai jumlah tertentu.

Gelas Mug Murah

Anda tidak perlu khawatir, meskipun sebagian besar produsen souvenir dan merchandise menawarkan harga yang kurang ramah di kantong, beberapa produsen souvenir maupun merchandise masih ada yang mematok harga cetak gelas mug murah. Salah satu produsen tersebut adalah Bikinidcard.com.

Gelas Mug Murah

Bikinidcard.com menyediakan mug berbahan dasar keramik berkualitas SNI (Standar Nasional Indonesia) atau Standar Nasional Indonesia. Jadi, Anda tidak perlu meragukan kualitas gelas mug dari kami.

Gelas mug keramik tersebut dapat dicetak secara digital printing maupun secara sablon. Gelas – gelas unik tersebut, sangat cocok dijadikan sebagai:

Gelas Mug Couple

Anda ingin memberi kado hari jadi kepada pasangan Anda? Ingin memberi hadiah untuk sahabat dan teman yang menikah? Cetak mug untuk pasangan atau couple saja! Anda dapat mencetak nama Anda dan pasangan Anda maupun nama kedua mempelai. Tidak hanya itu, gelas untuk couple juga dapat dicetak foto maupun ilustrasi Anda dan pasangan Anda maupun pasangan pengantin yang hendak Anda kado.

Gelas Mug Souvenir

Gelas mug murah produksi Bikinidcard.com juga cocok dijadikan sebagai souvenir berbagai macam acara seperti:

    • souvenir acara pernikahan
    • souvenir ulang tahun
    • souvenir atau kado wisuda
    • souvenir seminar
    • souvenir haji dan umroh
    • souvenir workshop

Gelas mug souvenir di atas hanya beberapa contoh penggunaannya yang sering digunakan sebagai souvenir beragam acara. Pastinya, gelas mug murah produksi kami juga cocok dijadikan sebagai souvenir event penting lainnya.

Kontak Pemesanan

Tertarik untuk memesan mug di Bikinidcard.com? Silakan hubungi customer service kami pada nomor 0853 2628 2628 untuk pemesanan mug. Pemesanan juga dapat Anda lakukan secara offline dengan datang ke kantor kami yang berlokasi di Jl. Nyi Ageng Nis No. 550, KG 1, Kelurahan Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Yogyakarta 55171.

Informasi mengenai detail ukuran dan harga cetak gelas mug dapat Anda lihat melalui website resmi kami yaitu Bikinidcard.com.

Gelas Mug

0.00
9.8

Rating

9.8/10