ID Card Panitia

ID card panitia merupakan ID card atau kartu identitas para panitia yang menunjukkan nama serta posisinya dalam kepanitiaan. Kartu identitas ini tentunya menjadi atribut wajib digunakan saat mengadakan event, baik kecil maupun besar.

ID Card Panitia

Fungsi ID Card Panitia

Seorang panitia wajib menggunakan ID card karena kartu ini memiliki beberapa fungsi yang sangat penting yaitu:

1. Membedakan Panitia dengan Peserta/ Tamu Undangan Suatu Acara

Fungsi ID card ini yang pertama adalah untuk membedakan antara panitia suatu acara dengan peserta suatu acara. Para panitia dan peserta suatu acara perlu dibedakan agar para peserta acara yang hendak meminta bantuan maupun menanyakan informasi yang hanya diketahui oleh panitia, tidak bingung untuk mencari mana panitia dan orang yang bukan panitia.

Misalkan peserta suatu perlombaan tidak diperkenankan meninggalkan area perlombaan kecuali jika hendak pergi ke toilet. Para peserta yang hendak pergi ke toilet harus izin kepada para panitia. Jika para panitia tidak mengenakan kartu untuk panitia, peserta yang hendak izin ke toilet bisa salah orang, mereka bisa jadi salah minta izin ke sesama peserta, ke juri maupun orang-orang yang menonton lomba tersebut.

2. Mendapatkan Hak Panitia

Para panitia tentu mendapatkan suatu hak yang tidak akan didapatkan oleh non panitia. jatah makan siang, jatah snack, hak akses ke ruangan-ruangan tertentu yang tidak boleh dimasuki oleh non panitia dan sebagainya,

Pada sebuah kepanitiaan, para panitia belum tentu hafal dengan wajah rekan-rekannya. Oleh karena itu, supaya panitia bisa mendapatkan haknya, mereka perlu mengenakan kartu panitia.

Contohnya, sebuah pameran diadakan di suatu gedung serba guna. Pada gedung tersebut terdapat ruangan-ruangan khusus yang hanya boleh dimasuki oleh panitia. Di ruangan tersebut ada panitia yang berjaga untuk memastikan bahwa yang masuk ke ruang tersebut memang merupakan panitia, bukan pengunjung pameran.

Baca Juga : Contoh Kartu Panitia Keren

Sementara itu, panitia yang bertugas menjaga ruangan tersebut belum tentu hafal dengan wajah rekan-rekannya. Nah, untuk memastikan apakah yang akan masuk ke ruangan tersebut merupakan panitia sungguhan atau bukan maka para panitia wajib menunjukkan kartu identitas yang mereka kenakan,

Contoh lain adalah para panitia pameran tersebut mendapatkan jatah makan siang. Setiap panitia yang hendak mengambil jatah makan siang wajib menunjukkan kartu identitas mereka. Fungsinya supaya panitia yang bertugas membagikan makan siang tersebut tahu bahwa yang mengambil makan siang merupakan panitia sungguhan. Bukan orang lain yang menyamar sebagai panitia.

Jenis dan Contoh ID Card Panitia

Berdasarkan bahan pembuatannya, jenis ID card panitia ada dua macam. Ada jenis kartu yang dibuat dari bahan plastik atau PVC dan kartu identitas yang dibuat dari kertas, seperti jenis kertas art paper.

a. ID Card Panitia dari PVC

Id Card Panitia PVC

Bahan PVC atau Polyvinyl Chloride, merupakan salah satu jenis plastik yang tebal, tahan air dan kerap dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam barang. Salah satunya adalah kartu ATM dan ID card.

Berdasarkan desainnya, kartu panitia PVC dibagi menjadi beberapa macam yaitu:

  • ID card press memiliki ketebalan 0.76 mm. Disebut ID card press karena ia dicetak menggunakan mesin press khusus ID card.

  • ID card press tipis mirip dengan ID card press, tetapi ketebalannya hanya 0,4 mm

  • ID card instant ID card ini hampir sama dengan ID card press, tetapi kualitas cetakannya tidak sebagus ID card press. Oleh karena itu ID card ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan ID card yang lain.

  • ID card tebal sesuai dengn namanya, ID card ini memililki ketebalan di atas ID card press, instant dan metalik yaitu 0,96 mm.

  • ID card metalik ID carad ini merupakan ID card yang pada permukaannya terdapat glitter. Glitter ini bisa membuat penampilan ID card lebih elegan dan menarik. ID card ini dicetak menggunakan mesin press printing yang dapat menghasilkan cetakan full color.

Kelima ID card itu dapat digantungkan pada lanyard atau tali ID card menggunakan casing ID card maupun tanpa menggunakan casing ID card. Jika tanpa casing ID card, pada bagian atas ID card perlu dilubangi. Pembuatan lubang pada permukaan ID card akan mengurangi media cetak, sehingga desain yang akan dicetak pada ID card harus dikecilkan.

Baca Juga : Bikin Desain ID Card Panitia Keren

b. ID Card Panitia dari Kertas

Jenis kartu panitia tidak bisa dibuat dari sembarang kertas. Kertas yang paling sering digunakan untuk membuat ID card panitia adalah art paper. Art paper merupakan kertas dengan permukaan yang mengkilap seperti sticker maupun kalendar dinding.

ID card panitia dari art paper dapat digantungkan pada leher menggunakan lanyard maupun tali bulat. Sebelum digantungkan pada lanyard maupun lanyard, kartu untuk panitia yang dibuat dari art paper wajib dimasukkan ke dalam casing plastik. Jika lanyard maupun tali bulat langsung digantungkan pada ID card kertas, maka ID card tersebut akan sobek.

Dari kedua jenis kartu identitas yang dipakai oleh panitia tersebut, mana yang paling bagus? Berdasarkan segi ketahanan barangnya, akrtu identitas yang dibuat dari PVC tentu lebih awet dibandingkan yang dibuat dari kertas.

Jenis ID card dari PVC tahan air Jika terkena air, ia tidak akan sobek dan cetakannya tidak akan luntur., bahkan ia bisa awet hingga bertahun-tahun, Sedangkan kartu untuk panitia dari kertas sangat rawan sobek dan luntur.

Namun jika dilihat dari segi harga, harga ID card panitia dari kertas lebih murah. Jadi, jika dalam suatu kepanitiaan anggotanya mencapai 30 orang, maka sebaiknya pilih kartu untuk panitia yang dibuat dari bahan kertas.

Id card panitia kertas

Lalu, bagaimana dengan hasil cetakannya? Hasil cetakan kedua jenis ID card tersebut sama-sama keren karena hasil cetakannya sama-sama full color.

Ukuran ID Card Panitia

Ukuran ID Card dibedakan menurut jenis bahan yang digunakan. Tersedia 2 jenis bahan yang bisa dipilih sesuai budget dan keinginan organisasi Anda.

a. Ukuran ID Card Panitia PVC

Ukuran ID Card Panitia

Kartu untuk panitia yang dibuat dari bahan PVC memiliki satu ukuran standar yaitu 86 x 54 mm. Jika dalam posisi landscape atau tiduran maupun 54 x 86 mm jika dalam posisi potrait atau berdiri.

b. Ukuran ID Card Panitia dari Kertas

Ada 4 ukuran kartu identitas untuk panitia dari kertas yaitu:

  • B1 : 85 x 55 mm

  • B2 : 105 x 70 mm

  • B3 : 105 x 85 mm

  • B4 : 135 x 95 mm

Cetak ID Card untuk Panitia Keren

Butuh ID card untuk kepanitiaan Anda? Hubungi saja Bikinidcard.com, ahlinya cetak berbagai macam ID card panitia di Jogja, Jakarta, Semarang, Bandung, Surabaya dan kota-kota di sekitarnya. Kami bisa cetak ID card PVC maupun ID card kertas.

Anda bisa pesan kartu identitas untuk panitia dari PVC dalam jumlah berapa pun. Borongan? Oke. Cuma butuh satu pcs? Bisa. Sementara itu ID card yang terbuat dari kertas bisa Anda pesan mulai dari 25 pcs.

Jika Anda memesan ID card PVC, maka Anda hanya akan mendapatkan ID card, belum termasuk casing dan talinya. , kami juga jual casing ID card dan tali ID card dengan harga yang murah-meriah. Sementara ID card kertas sudah termasuk casing plastik, belum termasuk talinya.

Harga Cetak ID Card

Daftar harga cetak ID card panitia dapat Anda lihat di website kami yaitu bikinidcard.com. Untuk melakukan pemesanan, silakan hubungi CS kami pada nomor 0851-0090-6190 atau pesan langusng di kantor kami yang bertempat di Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171.

ID Card Panitia

0.00
9.8

Rating

9.8/10
logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera