Kartu Identitas

Saat ini, hampir setiap orang memiliki kartu identitas atau identity card, tidak hanya orang dewasa/ orang yang sudah cukup umur. Anak-anak pun dapat memiliki kartu yang satu ini sehingga Anda pasti sudah tidak asing dengannya. Tapi, dapatkah Anda menjelaskan apa itu identity card ini?

Ketika Anda mendengar maupun membaca jenis kartu ini, pasti yang terlintas di pikiran Anda pertama kali adalah KTP. Padahal tidak hanya KTP saja, kartu ini juga dibagi menjadi berbagai jenis dan pengaplikasiannya.

kartu identitas

Untuk lebih memahami pengertian dan jenis kartu ini apa saja, mari simak pembahasan berikut!

Pengertian Identity Card

Kartu identitas adalah kartu yang pada permukaannya dicetak data diri seseorang baik secara pribadi maupun professional. Fungsi kartu ini sudah pasti untuk menunjukkan data diri seseorang agar orang-orang lebih mengenali orang maupun perusahaan tempat ia bekerja.

Jenis Kartu Identitas

Jenis Kartu Identitas

Berdasarkan fungsinya, kartu ini terdiri dari beberapa jenis yaitu:

Kartu Identitas Pribadi

Kartu pribadi adalah identity card yang menunjukkan data seseorang secara personal seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap tempat tinggal, foto dan sidik jari. Contoh kartu identitas pribadi adalah KTP.

Kartu Identitas Karyawan atau Staff

Jenis kartu karyawan atau staff adalah kartu yang menunjukkan data diri seseorang sebagai seorang karyawan maupun staff sebuah perusahaan, lembaga maupun instansi. Kartu identitas ini tidak menampilkan data personal secara lengkap, hanya terdiri dari nama lengkap, jabatan, nomor induk karyawan, foto serta nama perusahaan, lembaga maupun instansi tempatnya bernaung.

Kartu Identitas Pelajar dan Mahasiswa

Jenis kartu yang lainnya adalah kartu pelajar atau mahasiswa. Sama dengan jenis sebelumnya, kartu ini berfungsi untuk menunjukkan status seseorang sebagai pelajar maupun mahasiswa di instansi tertentu. Kartu identitas ini biasanya memuat hal-hal yang berkaitan dengan sekolah maupun perguruan tinggi seperti nama lengkap pelajar/ mahasiswa, nomor induk siswa/ mahasiswa, jurusan, fakultas, seta nama dan alamat lengkap sekolah/ perguruan tinggi yang bersangkutan.

Berdasarkan berdasarkan metode cetaknya, kartu ini dibedakan menjadi:

Kartu Cetak Printing Press

Jenis kartu press adalah kartu yang dicetak desain menggunakan mesin printing press khusus untuk benda-benda yang terbuat dari plastik, akrilik dan bahan-bahan sejenisnya. Kartu identitas yang dicetak secara press dapat menghasilkan cetakan full colors, anti air dan detailnya terlihat jelas.

Kartu Cetak Print UV

Kartu UV adalah kartu yang memuat data diri dan dicetak menggunakan mesin khusus yang dikenal dengan printing UV. Mesin printing ini merupakan mesin printing khusus untuk benda-benda datar (flatbed) seperti plastik, akrilik, kayu, logam, kain dan lainnya.

Hasil cetakan menggunkan mesin UV ini hampir sama dengan kartu identitas press yaitu full color dan anti air. Namun warnanya lebih tajam, anti air dan detailnya jelas. Tidak hanya itu, hasil cetakannya jauh lebih awet dibandingkan hasil cetakan kartu identitas press.

Berdasarkan fitrunya, kartu identitas dibedakan menjadi:

Kartu Magnetik

Jenis kartu ini memiliki tambahan yang fungsional karena pada bagian belakangnya terdapat pita magnetik berwarna hitam. Fungsi dari pita magnetik tersebut adalah untuk menyimpan suatu data. Untuk membaca data yang tersimpan pada pita tesebut diperlukan mesin pembaca kartu magnetik yang sering disebut MCR. Kartu yang terdapat pita magnetiknya dimasukkan ke dalam slot yang tersedia pada mesin MCR, kemudian kartu digesekkan. Contoh nyata dari penggunaan kartu magnetik adalah kartu ATM, debit maupun kredit.

Sebagai kartu identitas, kartu magnetik dapat difungsikan sebagai kartu presensi karyawan, pelajar maupun mahasiswa sebagai pengganti finger scanner.

Kartu RFID

Kartu RFID adalah kartu identitas yang telah ditanam label RFID. Fungsi label RFID itu sama dengan pita magnetik namun cara membaca data yang tersimpan pada kartu identitas RFID sedikit berbeda dengan cara membaca data yang tersimpan pada kartu magnetik.

Untuk membaca data pada kartu ini, bagian kartu RFID yang ada label RFID-nya cukup ditempelkan pada mesin pembaca, tidak perlu digesekkan.

Kartu identitas RFID juga dapat dijadikan sebagai kartu presensi maupun kartu akses. Sehingga cocok dicetak menjadi kartu pelajar, mahasiswa maupun kartu identitas staff.

Berdasarkan desainnya, identity card dibedakan menjadi:

        Kartu Biasa

Kartu identitas biasa adalah kartu identitas berwarna dasar putih susu polos. Kartu tersebut dapat dicetak berbagai macam warna, sehingga warna dasarnya berubah sesuai dengan desain yang dicetak.

        Kartu Metalik

Kartu identitas metalik juga memiliki warna dasar asli putih susu. Namun terdapat tambahan glitter yang memberikan efek berkerlap-kerlip. Fungsi glitter tersebut adalah untuk memberikan kesan elegan dan mewah pada kartu tersebut.

        Kartu Transparan

Jenis Kartu transapran adalah jenis kartu dari bahan PVC namun berwarna bening seperti plastik. Meskipun bening, kartu ini tetap dapat dicetak suatu tulisan maupun gambar full color. Sama halnya dengan kartu jenis kartu PVC metalik, warna bening pada kartu akan memberikan kesan unik dan anti mainstream terhadap kartu ini.

Pentingnya Kartu Identitas

pentingnya kartu identitas

Selama ini mungkin Anda berpikir bahwa kartu identitas hanya sebagai formalitas. Contohnya saja kartu pelajar dan kartu karyawan. Beberapa sekolah maupun perusahaan ada yang tidak bermasalah jika murid maupun karyawan tidak membawa kartu yang berisi data diri. Sehingga Anda mungkin berpikir bahwa kartu tersebut tidak terlalu penting.

Padahal, kartu identitas – apapun itu baik KTP maupun yang lainnya – sangatlah penting. Ini dikarenakan kartu ini dapat berfungsi sebagai:

  1. Alat Identifikasi

Bila Anda sedang berada di perjalanan maupun berada di perantauan, kemudian Anda mengalami kecelakaan atau sakit kemudian pingsan di tempat umum, maka kartu identitas sangatlah penting. Sebab, orang-orang yang menolong Anda pasti akan memberitahu kerabat/keluarga Anda mengenai keadaan Anda. Bila Anda tidak memiliki kartu yang berisi data diri, maka pihak berwajib tidak tahu harus menghubungi siapa mengenai keadaan Anda.

Lebih buruknya lagi, jika Anda meninggal, orang-orang tidak akan tahu harus memulangkan jenazah Anda ke mana. Oleh karena itu, kartu identitas sangatlah penting bagi siapapun.

  1. Penunjuk Identitas selain KTP

Kartu identitas selain KTP dapat berfungsi sebagai pengganti KTP bagi orang-orang yang belum memiliki KTP baik karena usia yang belum mencukupi maupun karena KTP tidak kunjung diterbitkan oleh pihak berwajib.

Contohnya adalah kartu pelajar, mahasiswa dan karyawan. Bila terjadi hal buruk pada Anda, maka pihak berwajib dapat menghubungi pihak sekolah, kampus maupun kantor Anda. Kemudian sekolah, kampus maupun kantor Anda akan menghubungi keluarga Anda, sebab mereka pasti memiliki database mengenai tempat tinggal Anda.

  1. Menjaga Keamanan

Kartu identitas juga dapat memperketat keamanan akses masuk ke suatu ruangan maupun gedung agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Misalkan pada sebuah bank hanya orang-orang tertentu yang boleh memasuki ruang brangkas. Setiap orang yang akan masuk ke ruang brankas wajib menunjukkan kartu yang berisi data diri Anda agar orang yang seharusnya tidak memiliki akses masuk tidak dapat menipu.

Contoh lainnya adalah pada masa ujian tengah maupun akhir semester di perguruan tinggi. Para mahasiswa harus membawa kartu ujian dan kartu data diri. Fungsi kartu ini selain berisi data diri juga sebagai bukti bahwa orang yang ikut ujian memang orang yang sesungguhnya, bukan orang lain yang menggantikannya dan mengaku sebagai orang tersebut.

  1. Tanda Kepemilikan

Kartu identitas juga dapat berfungsi sebagai tanda kepemilikan suatu barang. Contohnya adalah kartu identitas RFID.

Kartu identias RFID tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai kartu presensi. Kartu RFID juga dapat dijadikan sebagai kunci pintu elektronik dan e-money yang dapat digunakan untuk bertransaksi di berbagai macam tempat seperti retail, tol dan tempat parkir.

Jika kunci pintu maupun e-money pada salah satu sisinya dicetak identitas seseorang, maka hal tersebut bisa menjadi tanda kepemilikan. Sehingga, bila suatu saat kunci pintu maupun e-money tersebut terjatuh, maka orang-orang yang menemukannya dapat mengembalikan kepada pemiliknya.

Cetak Kartu Identitas

Kartu identitas anak, pelajar, siswa, kerja maupun kartu identitas lainnya  dapat Anda pesan di pusat pembuatan kartu identitas yaitu Bikinidcard.com.

Kartu identitas produksi kami terbuat dari plastik PVC berkualitas yang kuat, tidak mudah patah, anti air dan permukaannya sangat halus sehingga hasil cetakannya rapi.

Kami dapat mencetak kartu identitas press maupun printing UV. Tinta yang kami gunakan untuk mencetak kartu identitas secara press maupun printing UV merupakan tinta berkualitas premium yang dapat menghasilkan cetakan berwarna tajam, anti air, tidak luntur serta tidak cepat pudar.

Untuk melakukan pemesanan silakan hubungi customer service kami melalui whatsapp pada nomor 0899 6178 302. Anda juga dapat pesan langsung di kantor kami yang berlokasi di Jl. Nyi Ageng Nis No. 550, KG 1, Kelurahan Rejowinangun, Kecamatan  Kotagede, Yogyakarta 55171.

Kartu Identitas

0.00
9.8

Rating

9.8/10