Kartu Magnetic Stripe

Kartu Magnetic Stripe bikinidcard.com. Mungkin, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan benda “Kartu ATM”, begitu pula dengan kartu debit maupun kartu kredit. Jika Anda perhatikan bagian belakang karu, pasti Anda menemukan pita berwarna hitam yang dikenal sebagai pita magnetik. Nah apa itu kartu magnetic stripe? Tahukah Anda apa itu?

kartu magnetic stripe

Pengertian Kartu Magnetic Stripe

Kartu magnetic stripe adalah kartu yang pada salah satu sisinya terdapat pita magnetik atau magnetic stripe yang umumnya berwarna hitam. Pita magnetik tersebut berfungsi untuk menyimpan dan membaca suatu data rahasia. Pita magnetic pada kartu terbuat dari besi yang mengnadung partikel-partikel magnetik tipis setipis film. Untuk membaca data pada ketu tersebut, diperlukan alat khusus atau Reader. 

Lalu, apa hubungannya kartu magnetic dengan kartu ATM, debit maupun kredit? Kartu ATM, debit maupun kredit merupakan salah satu bentuk pemanfaatan kartu magnetic. Kesimpulannya adalah, ketiga kartu tersebut adalah jenis kartu yang sama jenisnya walaupun berbeda bentuknya.

Akan tetapi, kartu magnetic stripe tidak hanya bisa dijadikan sebagai kartu ATM, debit maupun kredit. Kartu yang memiliki pita magnetik juga bisa dijadikan sebagai smart card seperti:

  • Kartu member pusat perbelanjaan, tempat makan maupun tempat bermain
  • Kunci pintu elektronik, contohnya seperti pada hotel dan apartemen.
  • Kartu presensi pelajar, mahasiswa maupun karyawan
  • Kartu perpustakaan

Cara Kerja Magnetic Stripe

Cara kerja magnetic stripe pada kartu magnetik sama dengan pita magnetik pada kaset. Mesin pembaca akan membaca data secara berurutan secara satu per satu dari awal hingga akhir.

Bila Anda dulu sempat mendengarkan music melalui kaset, tentu Anda tahu bila Anda hendak mendengarkan lagu tertentu yang kebetulan berada di urutan tengah maupun akhir dari kaset,  maka Anda tidak bisa langsung menyetel lagu yang Anda inginkan. Anda harus mempercepat putaran mesin tape agar mesin tape  segera menyetelkan lagu yang Anda inginkan.

Hal tersebut juga berlaku dengan magnetic stripe pada kartu. Ketika Anda hendak bertransaksi melalui mesin ATM maupun mesin EDC, maka bagian kartu yang terdapat pita magnetic harus menghadap sensor pembaca lalu digesekkan pada mesin tersebut, tidak sekadar ditempelkan. Ketika kartu digesek, mesin tengah membaca data pada pita magnetik sripe secara urut dari ujung pita satu ke ujung yang lain.

Jenis Kartu Magnetic 

Berdasarkan sistem keamanannya ada dua jenis kartu magnetic stripe, yaitu kartu yang menggunakan password dan tidak menggunakan password. Contoh kartu magnetic stripe sangat banyak dan mudah Anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari seperti kartu ATM, debit dan kredit. Beberapa kunci pintu elektronik juga menggunakan kartu magnetic dengan password.

Sementara contoh kartu magnetic yang tidak membutuhkan password adalah kartu perpustakaan maupun kartu member. Untuk jenis kartu magnetic yang tidak menggunakan password, kartu cukup digesekkan pada mesin tanpa perlu menuliskan pin pada mesin tersebut.

jenis kartu magnetic stripe

Cetak Kartu Magnetic Stripe

Tertarik untuk membuat kartu member, kartu identitas maupun kartu akses dari kartu magnetic stripe? Anda dapat cetak kartu magnetic ini di Bikinidcard.com. Kami adalah ahlinya membuat berbagai macam kartu identitas termasuk kartu magnetic. Kami menyediakan kartu jenis kartu ini yang terbuat dari plastik PVC atau plastik standar pembuatan kartu ATM.

Jenis Kartu magnetic yang kami produksi, memiliki ukuran standar kartu identitas yaitu 86 mm x 54 mm dan bisa dicetak secara horizontal maupun vertikal. Jenis kartu tersebut dapat dicetak gambar maupun tulisan Untuk mencetak kartu tersebut, kami menggunakan mesin digital printing dengan teknologi mutakhir yang akan menghasilkan cetakan berwarna-warni, warnanya tajam sesuai dengan warna desain dan bila diraba hasil cetakannya terasa halus, rata dengan permukaan kartu.

Rekomendasi kami, Anda bisa menggunakan jenis Kartu PVC Press atau jenis Kartu PVC yang lebih murah yaitu Kartu PVC instan. Kedua jenis kartu ini, memiliki ketebalan yang sama, hanya saja kualitasnya berbeda.

Lebih bagus jenis Kartu press karena hasil cetaknya lebih cerah dan juga lebih tajam dibandingkan jenis instan. Namun, kami akan memberikan opsi yang terbaik untuk Anda, karena penggunaan kedua jenis kartu ini berdasarkan warna pada desain yang Anda buat.

Kartu magnetic stripe tersebut dapat diberi card holder baik yang terbuat dari plastik, silikon maupun kulit. Lalu Anda dapat menggantungkannya pada leher menggunakan lanyard polyester maupun tisu atau menyisipkannya pada saku pakaian menggunakan gantungan yoyo. Holder kartu, lanyard serta gantungan yoyo tersebut juga tersedia di Bikinidcard.com.

pengertian kartu magnetic stripe

Harga Cetak Kartu Magnetic

Butuh ID card maupun kartu member, tetapi tidak punya desain? Bukan masalah! Kami juga membuka jasa desain ID card dan kartu member dengan biaya yang tergolong murah-meriah. Selain murah-meriah, kartu magnetic stripe buatan kami dapat Anda pesan dalam jumlah berapapun.

Bahkan jika Anda hanya membutuhkan satu, tetap akan kami cetak! Kalau tidak percaya, segera cek harga cetak maupun desain magnetic stripe melalui website resmi kami yaitu www.bikinidcard.com

Bagaimana, murah bukan? Maka dari itu, pesan karu magnetic stripe di Bikinidcard.com saja, bukan yang lain. Cara pesannya sangat mudah, cukup hubungi customer service kami melalui whatsapp pada nomor 0899 5178 302 di manapun Anda berada.

Untuk Anda wong Jogja, Anda bisa pesan langsung di kantor kami yang berlokasi di Jl. Nyi Ageng Nis No. 550, KG 1, Kelurahan Rejowinangun, Kecamatan  Kotagede, Yogyakarta 55171 pada jam kerja yaitu Senin-Sabtu pukul 09.00-17.00 WIB.

Kartu Magnetic Stripe

0.00
9.8

Rating

9.8/10