Kartu Member Barcode

Kartu Member Barcode – bikinidcard.com. Barcode adalah suatu kode yang berbentuk barisan garis hitam maupun persegi panjang. Setiap garis atau persegi panjang tersebut memiliki lebar yang berbeda-beda.

Susunan garis pada setiap barcode di seluruh dunia berbeda-beda. Fungsi barcode adalah untuk membaca suatu data yang tersimpan pada suatu mesin maupun komputer.

Cara membuat barcode tidak bisa sembarang. Ada aturan khusus untuk membuat barcode sehingga suatu deret garis maupun persegi panjang dapat menjadi kode akses. Jika Anda asal menggambar deretan garis maupun persegi panjang, maka deret garis maupun persegi panjang tersebut tidak bisa disebut sebagai barcode.

cetak kartu member barcode

Pengertian dan Fungsi Kartu Member Barcode

Kartu member barcode adalah kartu member yang pada permukannya terdapat barcode. Letak barcode tersebut bisa di depan maupun belakang kartu member.

Fungsi Kartu Member

Fungsi kartu member barcode adalah untuk menginput atau membaca data member suatu perusahaan, instanasi, lembaga maupun organisasi. Contohnya adalah pada perpustakaan.

Ketika Anda menjadi anggota suatu perustakaan, Anda akan mendapatkan kartu anggota yang pada permukannya terdapat nomor anggota.

Tiap kali Anda akan meminjam buku, Anda harus menunjukkan kartu member tersebut kepada petugas perpustakaan, kemudian petugas tersebut akan mengisi data Anda pada form peminjaman buku.

Dulu, para petugas perpustakaan mengetikkan nomor anggota Anda secara manual untuk mendapatkan data lengkap Anda yang telah tersimpan di komputer mereka. Pengetikkan nomor anggota secara manual sering menyebabkan para petugas salah ketik atau typo, sehingga data Anda tidak juga ditemukan.

Masalah lain yang terjadi ketika para petugas perpustakaan mengetik nomor anggota secara manual adalah mereka harus menyocokkan nomor pada kartu dengan nomor yang telah mereka ketik secara hati-hati. Penyocokan nomor anggota tersebut membuat proses peminjaman menjadi lama.

Nah, setelah teknologi barcode ditemukan, para petugas perpustakaan tidak perlu repot mengetik nomor anggota Anda. Mereka cukup meletakkan permukaan kartu yang ada barcodenya di depan mesin pembaca barcode, kemudian nomor anggota perpustakaan Anda akan otomatis muncul di komputer.

Para petugas tidak akan typo maupun menyocokkan kode yang muncul di layar komputer dengan yang tercetak di kartu. Sehingga proses peminjaman buku sangat singkat.

Barcode tidak hanya berlaku untuk kartu member perpustakaan, barcode dapat diterapkan pada karu member apapun.

Jenis Barcode

Ada beberapa jenis barcode yang digunakan di berbagai macam bidang pekerjaan. Jenis-jenis barcode tersebut adalah:

  • Code 39 adalah barcode yang terdiri dari rangkaian angka dan huruf maupun angka saja. Panjang baris angka tersebut bervariasi. Banyak digunakan untuk ID card (ID card karyawan, kartu pelajar, kartu mahasiswa maupun kartu anggota), inventaris dan pelacakan aset.
  • Interleave 2 of 5 adalah barcode yang terdiri dari angka saja, digunakan dalam dunia industry (seperti pabrik) dan laboraturium.
  • Code 128 adalah barcode yang terdiri dari angka dan huruf, digunakan dalam jasa pengiriman barang. Di Indonesia sering disebut sebagai nomor resi.
  • Universal Product Code adalah barcode yang terdiri dari angka saja, barcode ini merupakan barcode yang paling mudah ditemukan karena diterapkan pada dunia ritel, biasanya terdapat di bagian belakang bungkus makanan maupun minuman.
  • Codabar adalah barcode yang terdiri dari angka, huruf dan simbol tertentu yaitu (-) minus atau negatif; (.) titik; (/) garis miring serta simbol (+) tambah atau positif.

Di antara keempat barcode tersebut, barcode yang paling cocok dijadikan sebagai barcode kartu member adalah barcode code 39.

Kelebihan Kartu Member Barcode

Kartu member barcode sangat penting untuk Anda para pelaku usaha seperti toko, perpustakaan, salon dan bidang usaha lainnya karena:

  • Jenis Kartu member ini akan memudahkan para karyawan atau staff Anda dalam melayani customer karena tidak akan terjadi salah ketik nomor seri.
  • Kartu member barcode akan mempercepat pelayanan terhadap customer. Pelayanan yang cepat tentu akan membuat customer merasa senang dan tidak kapok menjadi member di perusahaan Anda.

Jual Kartu Member

Jenis kartu member ini tidak dijual bebas di tempat belanja umum. Anda juga tidak bisa mendapatkan kartu member ini secara instan alias sudah ada barang lalu tinggal ambil dan bayar. Jenis kartu member ini harus dipesan dahulu. Setelah itu percetakan akan memproduksi kartu member sesuai dengan pesanan Anda.

Cetak Kartu Member Barcode di Percetakan Terpercaya

Anda dapat memesan kartu member barcode di Bikinidcard.com. Kami merupakan jasa cetak dan pembuatan kartu member dan ID card yang melayani pembuatan kartu member dari seluruh daerah di Indonesia seperti Jogja, Jakarta, Bandung, Semarang, Kalimantan dan daerah lainnya. Ada dua macam barcode yang lebih sering kami gunakan yaitu barcode Code 128 dan barcode Codebar.

Kami tidak sekadar membuat barcode lalu mencetaknya, tetapi kami benar-benar membuat kartu member secara keseluruhan mulai dari desain maupun pengetikkan informasi. Informasi ini bisa berupa nama anggota dan kode keanggotaan pada permukaan kartu hingga mencetak barcode yang telah kami buat.

Contoh Desain Kartu Member Barcode

Kami juga bisa mencetak desain kartu member yang telah Anda buat. Bila Anda tidak cocok dengan jenis barcode yang kami tawarkan, maka Anda bisa membuat barcode dari jenis lain kemudian mencetaknya di tempat kami.

Contoh Kartu Member

Di bawah ini merupakan contoh kartu member yang pernah kami produksi:

kartu member barcode

Harga Kartu Member Murah

Harga desain maupun informasi lebih lanjut untuk cetak kartu member di atas bisa Anda dapatkan melalui website resmi kami di Bikinidcard.com.

Bila tertarik untuk memesan, silakan hubungi customer service kami pada nomor 0822 4303 3334. Pemesanan juga dapat Anda lakukan secara offline di kantor kami yang berlokasi di Jl. Nyi Ageng Nis No. 550, KG 1, Kelurahan Rejowinangun, Kecamatan  Kotagede, Yogyakarta 55171.

Kartu Member Barcode

0.00
9.8

Rating

9.8/10
logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 bikinidcard.com | Percetakan ID Card | Digital Printing | Offset