Jenis dan Manfaat Kartu Member Untuk Usaha

Kartu member – Bikinidcard.com. Sebagai konsumen, Anda mungkin pernah mendapatkan kartu member dari toko, supermarket, salon, jasa ekspedisi maupun perusahaan lain yang menjadi langganan Anda.

Namun sebagai pelaku usaha, pernahkah Anda memberikan kartu ini kepada para customer Anda? Jika Anda belum pernah memberikannya untuk klien dan konsumen, silakan simak pembahasan berikut. Mengenai pengertian kartu member, manfaatnya untuk perusahaan, kelebihannya, hingga jenis kartu yang cocok.

kartu member

Pengertian Kartu Member

Secara umum, member card atau kartu member adalah ID Card yang diberikan kepada orang-orang yang telah setia menjadi klien maupun customer sebuah perusahaan. Jenis kartu ini juga digunakan sebagai tanda keanggotaan bagi suatu lembaga maupun organisasi atau komunitas.

Fungsi Kartu Member

Fungsi member card bagi para klien atau customer perusahaan adalah untuk mendapatkan keuntungan-keuntungan yang tidak dimiliki oleh customer yang tidak memiliki kartu. Contohnya, seperti mendapat potongan belanja sekian persen, mendapatkan poin yang dapat ditukar dengan barang-barang tertentu. Bisa juga dipakai untuk mendapatkan promo-promo yang menguntungkan para pemegang member card.

Manfaat Kartu Member

Bagi sebuah perusahaan maupun lembaga, kartu ini berfungsi sebagai rasa terimakasih kepada orang-orang setianya. Baik dikarenakan sudah menjadi klien maupun menjadi customer perusahaan maupun lembaga yang bersangkutan.  Selain itu, meningkatkan kesetiaan para klien maupun customer agar tetap memilih jasa maupun produk tersebut, serta menjadi media promosi yang efektif.

Poin manfaat member card sebagai rasa terimakasih dan meningkatakan kesetiaan para klien maupun customer pasti sudah Anda pahami. Tidak perlu penjelasan terlalu panjang. Namun, poin manfaat kartu member sebagai media branding dapat Anda pahami lebih lanjut pada penjelasan berikut ini,

Ilustrasi:

Sebuah minimarket memberikan member card kepada customer yang telah berbelanja di sana minimal sebanyak 10x. Pada pembelian selanjutnya, customer yang menunjukkan kartu membernya akan mendapatkan 10 poin. Jika poin sudah terkumpul sebanyak 100 koin, maka pada transaksi berikutnya customer tersebut akan mendapatkan diskon sekian persen atau potongan sekian ribu rupiah, tetapi harus menunjukkan kartu tersebut.

Karena merasa diuntungkan setelah menjadi member di minimarket tersebut, mereka pasti akan menceritakan kepada teman-teman dan sana-saudaranya. Tentunya juga menyarankan untuk berbelanja di minimarket tersebut agar mendapatkan member card dan mendapatkan potongan harga.

Akhirnya, terbentuklah image baik minimarket tersebut. Orang-orang akan mengenal minimarket tersebut sebagai minimarket yang kerap memberikan diskon kepada para pelanggan tetap yang memiliki kartu member.

Contoh di atas hanyalah salah satu ilustrasi kegunaan kartu member sebagai member card belanja sekaligus untuk member diskon. Ketentuan dan peraturan penggunaan kartu ini tentu bisa dibuat sebebas mungkin. Baik oleh perusahaan, lembaga maupun organisasi yang akan memberikan member card kepada para klien maupun customer mereka.

Oleh karena kelebihan kartu ini yang sangat banyak, sebuah perusahaan, lembaga, institusi maupun organisasi sebaiknya memberikan kartu ini kepada klien. Baik customer baru atau lama maupun anggota oraganisasi.

Lantas, kartu member yang seperti apa yang cocok digunakan oleh perusahaan maupun lembaga Anda? Apakah yang menggunakan huruf dan angka timbul, atau yang biasa saja hingga menggunakan magnetic stripe? Sebelum menentukannya, berikut ini penjelasan singkat mengenai jenis member card,

Jenis Kartu Member

Sebenarnya, member card bisa menggunakan bahan plastik atau PVC ataupun menggunakan kertas. Namun, akan lebih menarik dan trusted jika menggunakan kartu dari began yang lebih awet dan densainnya menarik. Member  card PVC terbuat dari bahan yang sama dengan bahan pembuatan ID card maupun kartu ATM. Berdasarkan fitur atau desainnya ada 3 macam member card

1. Kartu Instant dan Press

Jenis member card yang pertama adalah menggunakan kaeru press kualitas satu dan standard. Kartu member ini terbuat dari bahan ID card dengan warna dasar putih susu. Kedua jenis kartu, baik kartu press maupun instan memiliki ketebalan yang sama yaitu 0.76 mm.

Perbedaan kedua jenis member card tersebut terdapat pada hasil cetakannya. Hasil cetakan kartu press lebih tajam dan jelas dibandingkan kartu instant. Anda dapat mencetak nama klien yang nantinya akan memegang kartu ini beserta nomor keanggotaan.

2. Kartu Metalik

ID Card metalik adalah kartu member yang pada permukaannya terdapat glitter yang memberikan efek berkerlap-kerlip. Beberapa bank menggunakan kartu metalik untuk membuat kartu ATM nasabah mereka, jadi jika kebetulan Anda memiliki Banking Card yang desainnya terlihat berkerlap-kerlip maka seperti itulah nantinya member card metalik.

Dengan kartu jenis ini, Anda bisa membagi member menjadi kelompok-kelompok tertentu sesuai warna. Seperti member Gold atau Silver. Anda juga dapat mencetak nama klien dan nomor keanggotaan para klien yang akan mendapatkan kartu member ini. Bisa dicetak biasa atau dicetak timbul atau diemboss.

3. Kartu Magnetik

Kartu member magnetic adalah kartu yang pada bagian belakangnya terdapat pita magnetic berwarna hitam, Pita tersebut berfungsi untuk menyimpan data, untuk membaca data tersebut diperlukan mesin khusus. Contoh kartu magnetic adalha kartu ATM, debit maupun kredit.

Jika Anda menggunakan kartu ID Card magnetic, Anda tidak perlu mencetak nama dan nomor anggota klien yang memegang member card. Namun, untuk mengantisipasi jika mesin pembaca kartu rusak, maka sebaiknya Anda tetap mencetak nama dan nomor anggota setiap klien.

Desain Kartu Member

Desain member card dapat dibuat menggunakan software desain grafis apapun seperti corel draw, adobe illustrator, adobe photoshop. Seperti yang sudah dikatakan di awal tadi, Anda bisa menambahkan nama perusahaan atau lembaga Anda seperti pada contoh member card berikut ini. Selain dapat berguna sebagai identitas, bisa juga dipakai sebagai media iklan maupun promosi.

manfaat kartu member

Selain nama dan logo, Anda juga bisa menambahkan nama, tanggal kadaluarsa supaya bisa diperpanjang maupun nomor anggota. Dengan begitu, data base yang satu dengan yang lain tidak akan tertukar apalagi jika tidak menggunakan id card magnetik atau barcode.

Contoh Kartu Member

Bagi Anda yang hendak membuat desain kartu member sendiri, di bawah ini adalah koleksi foto member card yang bisa Anda jadikan sebagai referensi:

cetak kartu member

Ukuran Member Card

Ukuran kartu member di atas sama dengan ukuran ID card yaitu 85,60 mm x 53,98 mm. Kami membulatkannya menjadi 86 mm x 54 mm. Ukuran ini tentunya sama dengan member card lainnya supaya mudah disimpan di dompet Anda atau dompet khusus.

Cetak Kartu Member

Jika Anda sudah selesai membuat desainnya, Anda dapat mencetaknya di Bikinidcard.com. Kami merupakan tempat cetak kartu member, ID card, name card beserta aksesorinya.

Belum punya desain dan tidak tahu cara membuat desainnya? Jangan khawatir! Tim kami siap membantu Anda untuk membuat desain sesuai dengan keinginan Anda.

Harga Kartu Member

Harga cetak kartu member di tempat kami dapat Anda lihat melalui link berikut HARGA KARTU MEMBER

Sudah tidak sabar untuk mencetak member card untuk perusahaan maupun institusi Anda? Segera hubungi customer service kami pada nomor 0822-4303-3334. Anda juga bisa memesan member card secara offline dengan cara datang ke kantor kami yang beralamat di Jl. Nyi Ageng Nis No. 550, KG 1, Kelurahan Rejowinangun, Kecamatan  Kotagede, Yogyakarta 55171 pada jam kerja yaitu Senin-Sabtu pukul 09.00-17.00.

Kami melayani pembuatan kartu member untuk wilayah Jogja, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan kota-kota lain di Indonesia.