Kartu Name Tag

Kartu name tag atau kartu nama adalah sebuah kartu yang berfungsi untuk menunjukkan identitas seseorang dalam suatu perusahaan maupun lembaga. Contohnya adalah kartu name tag karyawan. Pada kartu nametag tersebut dapat dicetak nama lengkap, nomor induk pegawai serta jabatan karyawan yang bersangkutan.

kartu name tag

Contoh lain adalah kartu name tag panitia, pada kartu tersebut dapat dicetak nama kepanitiaan, nama dan jabatan panitia yang bersangkutan.

Desain Kartu Name Tag

Kartu nametag terbuat dari dua macam bahan yaitu PVC dan kertas. Penjelasan lengkap mengenai kedua bahan tersebut dapat Anda lihat pada pembahasan berikut:

Kartu Name Tag PVC

PVC adalah salah satu jenis plastik yang kerap digunakan untuk membuat berbagai macam barang seperti pipa air, botol minum hingga ID card.

Kartu nametag yang terbuat dari PVC memiliki warna dasar putih, permukaannya datar dan halus. Desai yang akan dicetak pada kartu bahan PVC dapat dicetak menggunakan 2 cara yaitu dengan mesin press maupun dengan mesin printing UV.

ukuran kartu name tag

Apa bedanya kartu nametag PVC yang dicetak press dengan kartu name tag PVC yang dicetak dengan printing UV?

Perbedaannya adalah pada hasil cetakannya. Kartu nametag yang dicetak menggunakan mesin printing UV lebih tajam dan cetakannya sangat awet, tidak akan luntur dan tidak akan terkelupas.

Sementara cetakan kartu nametag yang dicetak press cepat pudar bahkan jika kartu ini sudah mencapai usia setahun maka lapisannya lama-lama akan terkelupas. Jika Anda pernah mendengar berita orang-orang yang protes akan hasil cetakan E-KTP yang mudah terkelupas atau mungkin E-KTP milik Anda sendiri cetakannya juga terkelupas, hal tersebut bukan dikarenakan kualitas bahan maupun tinta yang digunakan jelek, hal tersebut dikarenakan E-KTP dicetak menggunakan mesin press.

Selebihnya, tidak ada perbedaan lain antara kartu nametag yang dicetak secara press maupun dengan printing UV. Kartu nametag yang dicetak menggunakan kedua metode pencetakan tersebut sama-sama memiliki cetakan yang full color dan antiair.

Kartu yang dibuat dari bahan PVC dapat diberi tambahan casing baik yang terbuat dari plastik, silikon maupun dari kulit.

Kartu PVC ini dapat diberi tambahan tali lanyard yang terbuat dari bahan polyester maupun bahan tisu. Tidak hanya itu, kartu nametag PVC juga dapat diberi tambahan gantungan yoyo.

Kartu Name Tag Kertas

Kartu nametag kertas juga sering disebut “co card”. Jenis kartu panitia yang dibuat dari kertas ini bisa dibuat dari beberapa macam kertas yaitu:

Kertas Ivory/ Art Paper

Kertas ivory atau art paper adalah kertas dengan permukaan mengkilap seperti kertas untuk mencetak foto. Kertas ivory memiliki ketebalan yang beragam sebagaimana halnya kertas HVS dan kertas-kertas lainnya.

Kartu nametag yang terbuat dari kertas ivory atau art paper perlu diberi casing berupa plastik tebal dan bening. Casing kartu nametag tersebut seperti kantong, jadi kertas dapat diambil dan diganti dengan kertas lainnya.

Kertas Manila

Kertas manila adalah jenis kertas yang pada bagian permukaan yang kesat sebagaimana kertas yang digunakan untuk menulis maupun menggambar. Ketebalannya beragam, tetapi rata-rata kertas manila memiliki ketebalan yang mirip dengan buku gambar.

Kertas manila memiliki berbagai macam warna dasar seperti putih, hotam, pink dan kuning. Namun, kertas manila yang digunakan untuk membuat kartu name tag adalah kertas manila berwarna dasar putih.

Kartu nametag dari kertas manila perlu dilapisi dengan plastik laminating agar kertas tidak basah, kusut, sobek dan cetakannya tidak luntur.

Kartu name tag kertas yang sudah diberi casing maupun dilapisi dengan plastik laminating dapat diberi tambahan tali bulat maupun diberi tambahan lanyard.

Kartu nametag kertas dapat dicetak menggunakan mesin printing biasa maupun ditulis secara manual menggunakan spidol.

Apa Saja Beda Kartu Name Tag PVC dengan Kartu Name Tag Kertas?

Bingung dalam menentukan mana sebaiknya kartu nametag yang Anda pilih? Coba simak beberapa hal berikut untuk mempertimbangkan mana kartu nametag yang sebaiknya Anda pilih.

  1. Kartu nametag PVC tidak memerlukan casing. Seperti plastik lainnya, kartu nametag PVC juga tahan air sehingga ia tidak terlalu membutuhkan casing untuk melindunginya. Namun jika name tag PVC tersebut digunakan dalam jangka waktu yang lama hinga tahunan, maka sebaiknya tetap diberi tambahan casing agar cetaknnya awet.

Sementara itu kartu nametag kertas wajib diberi casing maupun laminating. Sebab jika kartu nametag tidak diberi casing maupun laminating pasti kartu nametag akan kusut dan rawan terkena air. Jika sudah terkena air, maka kartu nametag kertas harus diganti dengan yang baru.

  1. Kartu nametag PVC tidak akan kusut, tetapi dapat tergores bila terkena benda tajam. Sementara kartu nametag yang dibuat dari bahan kertas mudah sekali kusut.
  2. Kartu nametag PVC harus dicetak dengan mesin khusus dan harus dipotong menggunakan alat khusus tidak bisa dipotong dengan sembarang cutter maupun gunting, sehingga Anda harus memesannya di produsen kartu nametag. Sementara kartu nametag kertas hanya memerlukan sembarang mesin printing, bahkan dapat ditulis menggunakan spidol dan dapat dipotong dengan sembarang gunting maupun cutter, jadi Anda dapat membuatnya sendiri.
  3. Bahan pembuatan kartu nametag PVC tidak dijual bebas di sembarang supermarket maupun toko alat tulis. Sementara kertas ivory, manila maupun kertas lain yang digunakan untuk membuat kartu name tag dijual secara bebas di sembarang supermarket maupun toko alat tulis.
  4. Kartu nametag PVC bisa bertahan dalam jangka waktu tahunan, sementara kartu name tag kertas hanya bisa digunakan dalam beberapa bulan.

Ukuran Kartu yang Banyak Digunakan 

Ukuran kartu name tag PVC sama dengan ukuran standar ID card yaitu 86 mm x 54 mm. Sementara ukuran kartu yang dibuat dari bahan kertas adalah:

  1. Ukuran Kartu B1 memiliki ukuran 85 x 55 mm
  2. Ukuran Kartu B2 memiliki ukuran 105 x 70 mm
  3. Ukuran Kartu B3 memiliki ukuran 105 x 85 mm
  4. Ukuran Kertas B4 memiliki ukuran 135 x 95 mm

Cetak Kartu Name Tag

Anda butuh kartu nametag PVC? Butuh kartu nametag kertas dalam jumlah banyak, tidak ada peralatan maupun tenaga untuk membuat kartu panitia dari bahan kertas? Anda dapat memesan kartu nametag dari bahan PVC maupun kertas di Bikinidcard.com.

cetak kartu name tag

Bikinidcard.com merupakan ahlinya membuat berbagai macam kartu nametag baik yang terbuat dari PVC maupun dari kertas. Bukan hanya itu, kami juga menyediakan berbagai macam aksesori kartu name tag sepreti casing, gantungan yoyo, tali lanyard dan tali bulat.

Contoh Kartu Name Tag

Di bawah ini adalah contoh kartu nametag maupun co card yang pernah kami produksi:

Harga Kartu Nametag

Harga kartu name tag di atas dapat Anda lihat melalui situs resmi kami yaitu Bikinidcard.com Untuk memesan kartu nametag, silakan hubungi kami melalui whatsapp pada nomor 0851 0050 6190 atau datang ke kantor kami yang berlokasi di Jl. Nyi Ageng Nis No. 550, KG 1, Kelurahan Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Yogyakarta 55171.

Kartu Name Tag

0.00
9.8

Rating

9.8/10
logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera