Kartu Pers Mahasiswa

Kartu pers mahasiswabikinidcard.com. Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia terdapat beberapa pengertian pers 3 di antaranya adalah:

  1. Orang yang bergerak dalam penyiaran berita
  2. Usaha pengumpulan dan penyiaran berita
  3. Medium penyiaran berita, seperti surat kabar, majalah, radio, televise, dan film

kartu pers mahasiswa

Dari pengertian-pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa pers merupakan segala hal yang berkaitan dengan dunia jurnalistik baik orang-orang yang berkecimpung secara langsung seperti wartawan, reporter, penyiar beria, kamerawan hingga orang-orang yang tidak terlibat secara langsung seperti editor naskah, produser acara berita, percetakan surat kabar, rumah produksi, dan sebagainya.

Pers Mahasiswa Adalah

Berdasarkan pembahasan di atas pers mahasiswa merupakan perusahaan maupun lembaga pers yang didirikan oleh mahasiswa. Ia berada di lingkup perguruan tinggi dan bertugas untuk menerbitkan atau menyiarkan berita-berita yang berkaitan dengan perguruan tinggi yang bersangkutan.

Pentingnya Kartu Pers Mahasiswa

Para mahasiswa yang tergabung dalam organisasi maupun lembaga pers mahasiswa wajib menggunakan kartu pers mahasiswa saat bertugas karena kartu tersebut memiliki fungsi-fungsi penting berikut:

  1. Hak Khusus

Kartu pers mahasiswa berfungsi untuk mendapatkan hak khusus. Misalkan saat acara wisuda, biasanya yang boleh masuk ke dalam ruang pelaksanaan wisuda hanya peserta wisuda, orang tua, beberapa dosen, panitia dan anggota pers.

Untuk membuktikan kepada petugas yang menjaga ruangan tersebut bahwa anggota pers yang ditugaskan untuk meliput proses wisuda memang merupakan anggota pers mahasiswa, bukan mahasiswa yang menyamar dan mengaku sebagai anggota pers kampus, diperlukan kartu pers sebagai bukti.

  1. Keamanan

Terdapat hukum internasional yang menyatakan bahwa pers yang meliput di daerah konflik maupun perang tidak boleh disakiti apalagi hingga dibunuh. Sedangkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 40 Tahun 1999 Bab III pasal 8 terdapat peraturan yang menyatakan bahwa dalam melaksanakan profesinya wartawan mendapat perlindungan hukum.

Konflik dan perang tersebut tidak hanya yang terjadi dalam skala besar seperti perang antar suku atau konflik antar negara, tetapi demo mahasiswa yang berujung kerusuhan juga terhitung sebagai daerah konflik.

Apabila para anggota pers mahasiswa hendak meliput demo mahasiswa maupun konflik lain yang melibatkan kampus mereka, mereka wajib menggunakan karu pers mahasiswa agar amukan orang-orang yang terlibat dalam konflik tersebut tidak menyasar para anggota pers mahasiswa.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi dan Contoh Name Tag Mahasiswa

Bila anggota pers mahasiswa yang meliput tetap diserang maka ia bisa menuntut si penyerang dengan menunjukkan bukti-bukti yang kuat.

Namun, bila mahasiswa anggota pers tidak memakai kartu pers milik mereka saat meliput, maka orang-orang yang terlibat dalam kerusuhan tersebut tidak akan pandang bulu untuk menghajarnya. Mahasiswa tersebut tidak dapat menuntut orang-orang yang melukainya, ia justru dianggap bersalah karena tidak mematuhi tata-tertib saat meliput berita.

  1. Pengganti Kartu Identitas

Manfaat kartu pers mahasiswa yang terakhir adalah sebagai kartu identits.  Apabila saat bertugas terjadi hal-hal buruk terhadap anggota pers mahasiswa, pihak berwajib maupun orang-orang yang menolong anggota pers tersebut tidak akan bingung harus menghubungi siapa karena pada kartu pers tersebut pasti terdapat nama perguruan tinggi.

Mereka akan melapor ke pihak perguruan tinggi bahwa mahasiswa mereka dengan nama anu mengalami kecelakaan, pihak perguruan tinggi selanjutnya bisa melaporkannya pada orang tua/wali mahasiswa tersebut.

Baca Juga : Bikin Name Tag Guru di Tempat Cetak yang Terjangkau

Tempat Cetak Kartu Pers Mahasiswa

Jika kamu merupakan anggota pers mahasiswa yang ditugaskan untuk cetak kartu pers mahasiswa rekan-rekanmu, kamu bisa memesannya di Bikinidcard.com. Kami merupakan ahlinya cetak berbagai macam kartu identitas, termasuk kartu pers. Di bawah ini merupakan jenis-jenis karu pers mahasiswa yang tersedia di tempat kami:

  • ID card press adalah ID card yang terbuat dari bahan standar pembuatan kartu ATM. Ketebalannya kurang lebih 0,76 mm. Ia dicetak menggunakan mesin printing dan mesin oven khusus untuk mencetak kartu identitas. Hasil cetakannya full color dan tahan air.
  • ID card press tipis mirip dengan ID card press tetapi lebih tipis, ketebalannya hanya 0,4 mm.
  • Yang berbahan press tebal kebalikan dari ID card tipis, ia lebih tebal dibandingkan ID card press, ketebalannya sekitar 0,96 mm
  • ID card instant juga hampir sama dengan ID card press, tetapi hasil cetakannya tidak sebagus hasil cetakan ketiga ID card di atas. Selain itu, ID card ini memiliki harga paling murah di antara harga ID card

ID card-ID card di atas adalah yang terlaris di tempat kami. Masih ada jenis ID card lain yang bisa kamu pilih sebagai kartu pers mahasiswa. Informasi lengkap mengenai ID card lainnya bisa kamu tanyakan pada customer service kami melalui whatsapp, nomornya 0853-2628-2628. Kamu juga bisa konsultasi langsung di kantor kami yang bertempat di Jl. Nyi Ageng Nis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun, Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171.

Kartu Pers Mahasiswa

0.00
9.8

Rating

9.8/10
logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 bikinidcard.com | Percetakan ID Card | Digital Printing | Offset