Kartu Proximity

Pernahkah Anda membaca maupun mendengar istilah “kartu proximity“?Tahukah Anda jenis kartu apakah itu? Apabila Anda belum pernah mendengarnya maupun pernah mendengar tapi tidak tahu secara pasti tentang kartu proximity, maka Anda wajib membaca artikel ini hingga akhir. 

kartu proximity

Pengertian Kartu Proximity

Kartu proximity adalah salah sejenis kartu RFID. Kartu ini bekerja pada frekuensi rendah yaitu 125 Khz. Frekuensi tersebut berasal dari label RFID yang disematkan pada kartu tersebut. Label RFID itu berfungsi untuk menyimpan data penting para pemegang kartu.

Untuk membaca data yang disimpan pada kartu tersebut diperlukan RFID card reader sebagaimana halnya kartu magnetik. Namun, mesin pembaca kartu ini berbeda dengan mesin pembaca kartu magnetik.

Mesin pembaca kartu magnetik terdapat sebuah slot yang berfungsi untuk menyisipkan kartu magnetik pada mesin tersebut. Kemudian kartu perlu digesekkan pada mesin tersebut agar data terbaca sebagaimana halnya pada kartu debit/kredit. 

Sementara mesin pembaca kartu proximity tidak memiliki slot untuk menyisipkan kartu. Cara membaca data pada kartu tersebut cukup dengan menempelkan bagian kartu yang terdapat label RFID-nya pada mesin pembaca tanpa perlu menggeseknya. 

Perbedaan lain adalah kartu rfid tidak memerlukan password. Jadi ketika kartu tersebut hendak difungsikan, tidak perlu memasukkan kata sandi apapun. Walaupun kartu rfid tidak memerlukan kata sandi, tetapi ia juga bisa diberi kata sandi agar tingkat keamanannya berlapis. 

Kartu Akses Proximity

Fungsi utama kartu proximity adalah untuk mengakses sebuah gedung, ruangan maupun lemari/loker. Jadi dapat dikatakan bahwa fungsi kartu akses proximity adalah sebagai kunci pintu elektronik. 

Ganti Kunci Anda dengan Kartu Proximity

Di era modern dan serba digital saat ini, berbagai macam pekerjaan yang dulunya dilakukan secara manual kini mulai diringankan dengan bantuan mesin. Sayangnya, perihal keamanan suatu gedung, ruangan, lemari maupun brankas tidak demikian. Masih banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan kunci pintu manual, baik itu untuk kunci pintu hunian pribadi hingga kunci pintu kantor sebuah perusahaan maupun lembaga.

Di Indonesia, penggunaan kartu ini sebagai kartu akses atau kunci pintu baru diterapkan di apartemen dan hotel. Padahal, mengganti kunci manual dengan kartu ini sangat penting sebab:

  • Lebih Awet

Kunci manual memiliki kekurangan yaitu susah diputar dan mudah patah ketika digunakan untuk membuka pintu. Anda mungkin pernah mengalami kunci sulit diputar padahal Anda tidak salah kunci, ketika Anda memaksa untuk memutarnya, kunci tersebut justru patah alhasil, Anda tidak bisa membuka pintu.

Gunakan kartu proximity, maka hal tersebut tidak akan terjadi. Tidak ada lagi kunci yang sulit diputar, tidak ada lagi kekhawatiran bila kunci patah. Cukup tempelkan kartu pada mesin pembaca yang terdapat pada pintu selama kurang dari 5 detik.  

  • Tidak Bisa Digandakan

Kunci manual mudah digandakan oleh ahli kunci maupun setiap orang yang ahli mengikir kunci. Sehingga, bisa saja sebuah pintu dibobol secara halus menggunakan kunci jiplakan.

Sementara kartu proximity tidak mudah digandakan. Kartu ini merupakan jenis kartu yang bersifat read-only artinya data pada kartu tersebut hanya bisa dibaca, tidak bisa diubah tanpa akses dari pihak penerbit kartu.

Data yang disimpan pada kartu sudah disesuaikan dengan data pada mesin pembaca. Jika mesin pembaca mengkonfirmasi bahwa data pada kartu proximity sesuai dengan database-nya, maka mesin tersebut akan membuka pintu yang terkunci.

Jadi, jika ada orang lain yang berusaha membuka pintu dengan kartu lain yang datanya berbeda, maka pintu tetap akan terkunci. Orang lain yang berusaha membuat kartu yang mirip dengan data yang sama membutuhkan mesin input yang harganya tidak murah. Orang-orang yang berusaha membobol pintu tersebut pasti berpikir dua kali, mereka tidak mau rugi dengan membeli mesin input tersebut.

  • Bisa Dicetak Nama

Kunci biasa bisa ditulis nama pemilik kunci tersebut. Namun karena ukuran kunci yang kecil membuat huruf yang dapat ditulis terbatas. Sehingga beberapa kunci hanya dapat ditulis inisial nama pemiliknya.

Namun, bila Anda menggunakan kartu ini maka Anda tidak hanya bisa mencetak nama Anda pada kartu tersebut, Anda bahkan bisa mencetak alamat tempat tinggal hingga kontak Anda yang dapat dihubungi. Sehingga bila suatu saat kartu tersebut terjatuh, maka orang-orang yang menemukannya tahu kemana harus mengembalikan kartu tersebut. 

  • Mudah Dibawa Kemanapun

Kartu proximity sangat mudah untuk dibawa kemanapun. Ukurannya yang sama dengan ukuran kartu ATM membuatnya dapat disimpan di dompet tanpa membuat dompet Anda tampak menonjol. Selain ditaruh di dompet, kartu ini juga dapat dikalungkan seperti ID card dan justru membuat penampilan Anda tampak keren.

Jual Kartu Proximity

Kartu ini bisa Anda dapatkan di toko-toko yang menjual perlengkapan security seperti CCTV, kunci pintu elektronik dan sebagainya. Biasanya mereka juga menjualnya. Apabila Anda membeli kartu jenis ini di toko-toko tersebut, maka Anda akan mendapatkan kartu yang belum di cetak atau masih polos.

Tempat Cetak dan Harga Kartu Proximity

Jika Anda ingin cetak nama pada kartu tersebut, maka Anda bisa mencetaknya di Bikinidcard.com. Kami adalah percetakan ID card, kartu nama dan kartu member yang jual kartu proximity di Surabaya, Jogja, Semarang, Bandung, Jakarta dan kota-kota lain di seluruh Indonesia.

Kami menyediakan kartu proximity yang terbuat dari PVC, yaitu bahan standar pembuatan kartu ATM. Jadi, kualitas proximity card cetakan kami tidak perlu Anda pertanyakan.

Harga cetak kartu proximity di Bikinidcard.com dapat Anda lihat melalui situs resmi kami yaitu Bikinidcard.com. 

Tidak sabar untuk memesan kartu rfid di tempat kami? Segera hubungi customer service kami pada nomor 0856 2628 2628. Anda juga bisa pesan langsung ke kantor kami yang berlokasi di Jl. Nyi Ageng Nis No. 550, KG 1, Kelurahan Rejowinangun, Kecamatan  Kotagede, Yogyakarta 55171.

Kartu Proximity

0.00
9.8

Rating

9.8/10