Pengertian Kartu RFID

Kartu RFIDbikinidcard.com. Apakah sebelumnya Anda pernah mendengar maupun membaca isitilah Kartu RFID? Apabila Anda belum pernah mendengar maupun membaca mengenai kartu ini, apa saja fungsi dan manfaatnya dan dimana Anda bisa mendapatkannya,  maka Anda harus membaca artikel ini hingga tuntas.

Apa sih Pengertian Kartu RFID?

Kartu RFID adalah kartu yang telah ditanam label atau tag RFID. Label atau tag RFID sendiri merupakan kependekan dari Radio Frequency Identtification yaitu sebuah teknologi untuk mengidentifikasi suatu informasi menggunakan gelombang radio atau gelombang elektromagnetik.

Fungsi Kartu Radio Frequency Identification

Fungsi kartu ini sangat banyak, salah satunya adalah untuk menyimpan suatu data penting. Untuk membaca data yang telah disimpan pada kartu tersebut diperlukan sebuah mesin pembaca kartu ini.

Membaca namanya mungkin Anda berpikir bahwa kartu Radio frequency identification merupakan kartu yang sangat canggih. Anda mungkin bertanya-tanya apakah di Indonesia kartu ini sudah ada?

Kartu Radio frequency identificationsudah lama masuk ke Indonesia dan sebenarnya bisa Anda temukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda menggunakan e-money, tol elektronik, tiket kereta maupun busway elektronik hingga menggunakan kunci pintu elektronik maka sebenarnya Anda tengah menggunakan kartu Radio frequency identification.

Berbeda dengan kartu magentik yang difungsikan sebagai kartu ATM, debit maupun kredit Kartu Radio frequency identification tidak memerlukan password kecuali untuk kunci pintu elektronik sementara kartu magnetik memerlukan password.

Oleh karena itu, untuk membaca data pada kartu ini, bagian kartu yang terdapat tag elektromagnetiknya cukup ditempelkan pada scanner, tidak perlu digesek seperti kartu magnetik.

Penggunaannya yang tidak memerlukan password tersebut mengharuskan para penggunanya untuk lebih berhati-hati dalam menyimpan ID Card RFID karena siapapun bisa mengakses data pada kartu tersebut asal ada mesin, apalagi jika kartu tersebut merupakan e-money.

Jenis Kartu RFID

Kartu RFID dibagi dalam beberapa jenis yaitu:

1. Kartu Proximity

Kartu proximity sebenarnya sama dengan RFID, bedanya kartu ini hanya memiliki akses untuk dibaca. Jadi, ketika kartu ini pertamakali diisi data oleh seseorang kemudian orang tersebut memberikannya kepada orang lain, maka orang kedua yang menerima kartu ini hanya bisa membaca data pada kartu ini, tidak bisa mengubah data.

Contoh penggunaan kartu ini adalah pada kunci pintu elektronik. Karu proximity merupakan ID Card RFID 125 khz artinya kartu dan alat pembacanya bekerja pada frekunsi 125 Khz. Namun pada teknologi terbaru, kartu ini dapat bekerja pada frekuensi 13,56 Mhz.

2. Kartu Mifare

Mifare sebenarnya sebuah kartu Radio frequency identification yang bekerja pada frekuensi 13,56 Mhz. Kartu mifare ini banyak juga digunakan oleh perusahaan maupun instansi.

Contohnya dapat diaplikasikan sebagai ID card karyawan, kartu mahasiswa, kartu pelajar, karu perpustakaan, kartu parkir, tiket transportasi hingga kunci pintu hotel maupun apartemen.

Contoh Kartu RFID

Di bawah ini merupakan contoh wujud fisik ID Card RFID.

Kartu RFID

Kartu-kartu tersebut bisa Anda pesan di Bikinidcard.com. Bikinidcard.com merupakan percetakan yang melayani berbagai macam ID card, termasuk kartu Radio frequency identification.

Lempengan kartu Radio frequency identification produksi kami terbuat dari plastik PVC yang anti air, tidak mudah lecet maupun patah.

Kartu tersebut cocok dijadikan sebagai ID card, e-money maupun kartu akses perpustakaan, tempat parkir dan sebagainya.

Harga Kartu Radio Frequency Identification

Harga kartu RFID Jakarta, Jogja, Semarang, Bandung dan kota-kota lain dapat Anda lihat pada website resmi Bikinidcard.com.

Bagaimana, Apakah Anda tertarik untuk memesan kartu multifungsi dan canggih ini? Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut, silakan hubungi nomor 0822 4303 3334. Kami melayani setiap hari Senin – Sabtu jam 9.00 – 17.00 WIB. Baik Via chat, e-mail maupun telephone.

Jika Anda berada di Jogja, Anda bisa langsung datang ke kantor kami yang berlokasi di Jl. Nyi Ageng Nis No. 550, KG 1, Kelurahan Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Yogyakarta 55171.

Untuk terus update produk rfid card atau produk menarik lainnya dari Bikinidcard.com, yuk follow IG kami di @bikinidcard.com_admin.

Pengertian Kartu RFID

0.00
9.8

Rating

9.8/10