Kartu Tanda Pengenal

bikinidcard.com – Setiap orang di dunia membutuhkan sebuah kartu tanda pengenal atau dikenal juga dengan ID Card, termasuk karyawan perusahaan. Berisi identitas karyawan suatu perusahaan maupun instansi, identitas tersebut mencakup statusnya sebagai karyawan perusahaan maupun instansi yang bersangkutan. Identitas tersebut antara lain nama karyawan, nomor induk karyawan, divisi, jabatan, serta foto karyawan.

kartu tanda pengenal

Fungsi Kartu Tanda Pengenal Karyawan

Sesuai dengan namanya, kartu tanda pengenal untuk karyawan memiliki fungsi agar orang-orang dapat mengenali karyawan yang bersangkutan. Lebih jelasnya, silakan simak pembahasan berikut.

  • Membedakan Karyawan dengan Klien

Para klien sebuah perusahaan maupun instansi pasti tidak hafal dengan seluruh karyawan di perusahaan maupu instansi yang bersangkutan, para klien hanya akan mengenali karyawan yang biasa melayani mereka, selebihnya mereka tidak akan mengenal bahkan ada yang tidak ingat wajahnya. Apalagi bila klien tersebut merupakan klien baru, mereka makin tidak kenal dengan para karyawan.

Jika para karyawan bekerja tanpa seragam, itu akan membuat penampilan mereka tidak ada bedanya dengan para klien. Tampilan karyawan yang mirip dengan klien akan membuat klien baru maupun klien lama yang tidak hafal wajah seluruh karyawan bisa salah sangka, mereka bisa mengira karyawan tersebut sebagai sesama klien dan justru mengira sesama klien sebagai karyawan perusahaan.

Pengalaman salah orang tersebut akan membuat klien merasa malu dan kesal, akhirnya mereka akan memberikan ulasan kurang menyenangkan kepada perusahaan maupun instansi tersebut.

  • Membedakan Karyawan dengan Karyawan

Sangat besar kemungkinan dalam sebuah perusahaan maupun instansi yang memiliki pegawai mencapai puluhan terdapat beberapa karyawan dengan nama panggilan yang sama bahkan bisa jadi ada yang memiliki nama panjang sama. Karyawan dengan nama yang sama akan membuat karyawan lain salah orang. Apalagi jika karyawan lain tersebut belum mengetahui wajah karyawan-karyawan yang namanya sama tersebut.

Misalkan, karyawan A dari divisi keuangan harus bertemu dengan karyawan B dari divisi operasional. Ternyata ada dua orang dengan nama B di divisi operasional. Sementara karyawan A tidak mengenali keduanya. Supaya karyawan A tidak salah orang maka ia perlu melihat nama lengkap karyawan B yang tertera pada kartu tanda pengenal.

  • Memudahkan Pihak Berwajib Mengidentifikasi Karyawan

Jika suatu saat ada karyawan yang mengalami hal-hal buruk seperti kecelakaan saat bertugas, sementara ia tidak membawa KTP maka pihak berwajib mudah untuk mengindetifikasi karyawan yang bersangkutan. Petugas berwajib dapat segera menghubungi pihak perusahaan maupun instansi karena pada kartu tanda pengenal karyawan terdapat nama, logo, lamat, dan nomor telepon perusahaan maupun instansi yang bersangkutan.

Dari penjelasan di atas terlihat bahwa kartu tanda pengenal untuk karyawan sangatlah penting. Oleh karena itu, setiap perusahana maupun instansi yagn belum memebrikan ID card kepada para karyawan hendaknya segera membuat dan memberikannya pada karyawan.

Cetak Kartu Tanda Pengenal

cetak kartu tanda pengenal

Cara membuat kartu tanda pengenal tidaklah sulit. Anda cukup install software grafis Corel Draw maupun Adobe Illustrator pada komputer maupun laptop Anda, kemudian unduh template ID card dalam format CDR (untuk Corel Draw) maupun AI (untuk Adobe Illustrator) yang banyak beredar gratis di internet. Buka template tersebut, edit isinya sesuai kebutuhan.

Bila desain sudah jadi, Anda dapat mencetaknya di percetakan ID card. Kenapa harus dicetak di percetakan, apakah tidak bisa dicetak sendiri? Bisa saja, tetapi Anda harus membeli mesin printing khusus ID card yang harganya lebih dari sepuluh juta rupiah.

Jika Anda merasa bahwa membeli mesin printer ID card hanya membuang-buang anggaran maka cetaklah kartu tanda pengenal karyawan di percetakan ID card, Bikinidcard.com.

ID card produksi kami berasal dari PVC, yaitu bahan dasar pembuatan kartu bank, KTP, dan SIM sehingga Anda pasti sudah mendapat gambaran seperti apa bentuknya.

Desain kartu tanda pengenal karyawan milik Anda akan kami cetak menggunakan mesin printing yang akan menghasilkan cetakan berwarna-warni, cetakan yang rapi, warna cetakan terlihat tajam, tidak pucat, dan paling penting adalah cetakannya water resistant sehingga awet hingga bertahun-tahun.

Ukuran Tanda Pengenal Karyawan

Ukuran ID card karyawan produksi kami adalah 85×53 mm. Sementara ketebalan mayortias ID card produksi kami adalah 0.76. Ada juga ID card yang ketebalannya di bawah maupun di atas tersebut. ID card tersebtu adalah ID card press tipis (0.4 mm), dan ID card press tebal (0.96 mm).

Desain Kartu Tanda Pengenal

Seperti apa desain kartu tandap pengenal yang pernah kami produksi? Berikut contohnya.

 

desain kartu tanda pengenal

Desain di atas bisa Anda gunakan sebagai inspirasi dalam membuat desain kartu tanda pengenal.

Komputer maupun laptop Anda tidak dapat diinstall software grafis sehingga tidak bisa membuat desain sendiri? Tenang! Tim kami siap membantu perusahaan maupun instansi Anda dalam membuat desain kartu tanda pengenal.

Harga cetak kartu ID card karyawan dapat Anda cek pada website kami. Pemesanan maupun konsultasi dapat dilakukan secara online via WA pada nomo 0851-0050-6190 atau datang ke kantor kami yang berlokasi Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun, Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171.

logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera