Membuat Id Card Sendiri

Membuat Id Card Sendiri Mudah dan Praktis

Dengan adanya id card sebagai identitas atau tanda pengenal akan semakin mudah seseorang untuk mengetahui nama pengguna id card tersebut. Saat ini, membuat id card sendiri bisa dibilang wajib, baik bagi perusahaan  atau instansi bahkan juga bisa digunakan pada suatu acara atau event tertentu. Bikin id card adalah solusi membuat id card sendiri yang praktis, berkualitas dan murah.

membuat id card sendiri

Pentingnya Membuat Id Card

Bagi perusahaan, Id card selain sebagai tanda pengenal penggunanya  juga memiliki peran yang penting. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Saat semua karyawan memakai id card tentunya akan terkesan kompak dan disiplin.

  • Akan memberi kemudahan bagi rekan kerja atau tamu saat bertemu, yang tidak perlu lagi bertanya dulu nama serta jabatannya.
  • Dengan adanya id card, maka sesama rekan kerja bisa saling mengenali walau berada di divisi yang berbeda.
  • Pentingnya id card biasanya juga dapat digunakan sebagai alat absensi atau kehadiran karyawan.
  • Dapat mempermudah petugas keamanan untuk mengidentifikasi yang mana karyawan kantor dan yang mana bukan pegawai kantor. Terutama saat ada penyusup maka akan dengan mudah dapat diketahui keberadaannya.

Id card pun tidak hanya digunakan oleh para karyawan saja, namun id card juga bisa digunakan sebagai kartu pengenal lainnya, seperti Kartu Member, Kartu Komunitas, Kartu Anggota Club dan masih banyak lagi.

Id card dapat membantu peserta dan bahkan anggota organisasi atau EO dalam penanggung jawab acara. Serta akan memudahkan seseorang atau tim kerja dalam satu perusahaan atau acara untuk mengenali satu sama lain. Terutama untuk yang memiliki anggotab banyak.

Membuat Desain Id Card Sendiri

Anda bisa membuat id card sendiri dengan memperhatikan aspek-aspek berikut ini:

1. Ubah Gambar

Anda dapat mengunggah gambar anda sendiri. Anda bisa membuat gambar logo, foto Anda sendiri, atau animasi. Namun bagi id card karyawan memang lebih cocok menggunakan foto pemilk id card. Atau Anda bisa menambahkan gambar yang sesuai dengan keinginan desain anda.

2. Ubah Font

Pilih Font yang sesuai dengan keunikan dan kerapian Font tersebut. Selain itu, yang perlu diperhatikan dalam memilih font adalah mudah dibaca. Ini dikarenakan id card digantungkan dan dilihat dari jarak jauh. Jika menggunakan font latin, akan sulit dibaca.

3. Ubah Latar Belakang

Anda dapat mengubah latar belakang dengan warna-warna sesuai dengan tema anda atau bisa juga menggunakan gambar. Agar matching dengan acara, latar belakang disesuaikan dengan warna ciri khas tema acara atau organisasi maupun perusahaan.

4. Ubah Warna

Anda dapat bermain dalam menggunakan warna. Seperti warna  kotak teks dan teks untuk memberikan lebih banyak gaya. Anda juga bisa menggunakan warna simple, seperti warna monochrome jika ingin membuat id card dengan tema simple.

 

Cara Membuat Id Card Sendiri

Jika sudah mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan, Anda bisa menyimak cara buat id card sendiri sebagai berikut :

1. Mengambil Data

Sebelum membuat id card, hal pertama yang harus dilakukan adalah mendapatkan informasi menganai data diri. Keterangan penting sebagai data seperti nama, jenis kelamin, umur, alamat dan lain lain. Anda bisa cara membuat id card dengan microsoft word terlebih dahulu.

Setelah data dirasa cukup, Anda bisa memberikan bagian yang juga penting yaitu foto Anda sebagai pemilik id card. Gunakan foto bila dibutuhkan dan juga agar data yang terdapat pada id card semakin lengkap. Biasanya foto digunakan pada id card pegawai, atau id card member organisasi, bisa juga digunakan pada id card panitia.

2. Membuat Desain Id Card

Setelah data yang dibutuhkan sudah lengkap, langkah selanjutnya adalah mendesain id card itu sendiri. Untuk mengedit desain, Anda dapat menggunakan photoshop, namun menggunakan corel draw lebih dianjurkan. Buat desain dengan warna yang sesuai dan ukuran tulisan id card yang tidak terlalu kecil agar mudah dibaca.

3. Mencetak Id Card

Untuk mencetak id card berbeda dengan mencetak dokumen dokumen pada biasanya yang menggunakan kertas HVS. Untuk mencetak id card harus menggunakan kertas PVC yang tebal dan memang diperuntukan untuk membuat id card .

Dalam mencetaknya, menggunakan printer thermal agar hasilnya lebih maksimal. Printer inject tidak digunakan untuk mencetak id card karena hsilnya kurang tajam. Kualitas gambar hasil cetak dinyatakan dalam dots per inch (DPI), semakin tinggi resolusi DPI, hasil semakin baik.

4. Laminating

Walaupun kertas PVC sudah memiliki kesan keras dan juga bagus. Untuk berjaga jaga apa bila terjadi kerusakan pada ID Card maka seharusnya dilaminating. Mesin laminasi berfungsi untuk melekatkan antara kertas hasil desain dengan bahan PVC agar menempel lebih kuat. Anda bisa memilih menggunakan mesin laminasi berukuran kecil atau sedang dengan dua jenis pemanas hot shoe (tube) dan Meta heating.

5. Mencetak Bentuk Id Card

Setelah laminasi selesai, id card dicetak atau dibentuk sesuai dengan garis pola template yang sudah dibuat diawal tadi. Baik ukuran maupun bentuknya alangkah baiknya jika sesuai dengan ukuran plong id card. Namun di Bikin Id Card Anda bisa membuat bentuk dan ukuran custom yang menarik.

Plong id card disebut juga Id Card Punch Machine, mesin ini tidak menggunakan listrik alias manual. Keuntungannya dengan mesin ini adalah hasil pemotongan id card lebih bersih dan rapi. Setelah dipotong sesuai pola, id card ini dihaluskan lagi agar tidak tajap pada sisi-sisi id card.

6. Memasang Pada Tempat Id Card

Stelah jadi, id card bisa langsung digunakan. Agar id card dapat dilkalungkan pada leher maka langkah selanjutnya adalah memasangnya pada tempat id card. Banyak sekali jenis tempat id card seperti kulit. Banyak juga yang menjual tempat id card kulit karena sedang populer dan desain kulit membuat sedikit elegan.

Anda juga bisa menggunakan gantungan yoyo atau langsung menggantungkannya dengan tali id card atau lanyard. Namun jika Anda ingin langsung menggantungkannya, Anda harus melubangi id card tersebut dengan id card hole maker.

 

Cetak Id Card

Mau membuat id card sendiri online? Dengan biaya yang terjangkau, tidak ribet dan bisa segera digunakan? Segera  pesan di bikinidcard.com !

contoh membuat id card sendiriKami melayani pemesanan via online dan offline dengan software pembuat id card full version. Sehingga file yang Anda berikan akan segera di proses. Namun Jika Anda belum memiliki desain, Tidak masalah! Desainer Bikin Id Card siap melayani desain id card panitia Anda dengan senang hati.

Untuk anda yang berada di Kota Yogyakarta dan sekitarnya bisa langsung datang ke kantor kami. Apabila Anda memesan secara online anda bisa menghubungi Customer Service kami. Dan kami melayani  pemesanan setiap hari Senin – Sabtu jam 9.00- 17.00 WIB.

Kami melayani pengiriman seluruh Indonesia. Dan kami juga memberikan garansi kepada  anda. Garansi ini berlaku selama satu minggu dan hanya berlaku jika kesalahan yang terjadi karena dilakukan oleh pihak Bikinidcard.com.

Jika Anda mendapati hal seperti itu, maka anda berhak untuk cetak ulang atau uang kembali. Kini anda bisa lebih memahami mengenai id card sehingga anda tidak perlu ragu lagi atau cemas untuk mencetak id card yang lebih menarik. Jika anda ingin mencetak id card, maka anda juga bisa melakukan pemesanan cetak via online hanya di bikinidcard.com. Dan anda juga bisa melihat produk kami di akun instagram kami di @bikinidcard.com_admin. 

LOKASI BIKINIDCARD.COM

Untuk anda yang berada di Yogyakarta dan sekitarnya,  anda ingin memesan atau mengetahui lebih lanjut informasi tentang produk kami, maka anda dapat mengunjungi langsung kantor kami yang berada di Retro Card – bikinidcard.com, warungboto UH 4 / 1030 RT 38 RW RW 09, Umbulharjo, Yogyakarta 55165.