fbpx

Membuat Id Card

Bagaimana Membuat Id Card yang Keren?

Id card tidak hanya digunakan sebagai kartu identitas saja namun juga digunakan sebagai media promosi. Dengan begitu, Anda harus membuat id card yang keren dan menarik agar pas digunakan sebagai media promosi. Bikin Id Card dapat memberikan tips untuk membuat id card yang keren dan menarik.

Membuat Id Card

Tips Membuat Id Card Keren

Di era milenial ini, membuat id card tetap menjadi hal yang penting baik untuk perusahaan, sekolah, instansi, club maupun organisasi. Namun yang membedakan dari id card yang dulu, adalah gaya desainnya yang berkembang menjadi lebih kekinian. Berikut tipsnya :

1. Informasi yang Jelas

Seperti namanya, id card haruslah menyantumkan data diri pemilik kartu. Hal yang paling mendasar seperti nama, jabatan dan nama perusahaan atau organisasi. Informasi ini tentunya digunakan pada id card karyawan, id card member organisasi atau club, kartu pelajar, maupun kartu organisasi.

Jangan lupa untuk menyertakan logo perusahaan, instansi, atau organsasi sesuai dengan subjek untuk siapa id card itu dibuat. Sedangkan pada bagian belakang id card tidak dibiarkan kosong. Namun diberi informasi tentang peraturan penggunaan id card atau peraturan perusahaan sendiri, maupun visi dan misi.

2. Menggunakan Font dan Bahasa yang Mudah di Baca

Informasi yang jelas dan lengkap, harus menggunakan font yang bisa dibaca agar informasi tersebut tersampaikan. Jangan sampai Anda tergoda untuk menggunakan font style yang berlekuk-lekuk dan ukurannya yang terlalu kecil. Apa yang terbaca di komputer tentunya berbeda apabila sudah tercetak.

Pemilihan warna tulisan dan back ground juga harus membuatnya mudah dibaca. Warna dikontraskan antara text dan background namun tetap dengan warna yang simple. Tulisan ini juga diperbesar agar mudah dibaca karena id card ini akan dipasang menggunakan tali id card atau tali lanyard.

3. Memilih Warna yang Tepat, Simpel, dan Menarik

Dalam membuat id card, pemilihan warna juga memegang peran penting dalam membuat id card. Anda harus memilih warna – warna yang menarik untuk logo maupun ciri khas perusahaan atau organisasi. Dengan begitu, Anda bisa mengaplikasikannya pada id card Anda.

Anda bisa mendesain id card yang warna-warni bisa menampilkan kesan yang ceria dan energic. Anda juga bisa memilih warna-warna yang simple agar terkesan elegan. Namun tetap perlu diingat, pemilihan warna untuk back ground dan lain –lain harus selaras dengan warna ciri khas perusahaan atau organisasi Anda.

4. Nuansa Warna yang Sesuai Ciri Khas

Dengan mengedepankan ciri khas, akan labih mempermudah Anda untuk membranding dan membuatnya mudah terkenal. Termasuk tentang nuansa warna brand. Warna yang mencerminkan ciri khas ini, dijadikan warna dominan selainnya bisa menyesuaikan. Masih perlu diingat, untuk menyelaraskan warna background dengan text yang tercetak agar bisa dibaca dan menarik untuk dilihat.

5. Menyisipkan Gambar atau Foto

Menggunakan text yang terlalu over akan membuat Anda jenuh melihat id card Anda. Dengan begitu, Anda haruslah menyisipkakn gambar maupun foto. Namun untuk id card karyawan memang wajib menggunakan foto agar mudah diingat dan jelas kepemilikan id card tersebut.

 

Peralatan Membuat Id Card

Selain Anda memperhatikan tips di atas, Anda juga harus memperhatikan dari segi peralatan membuat id card sendiri :

1. Komputer

Komputer sangat dibutuhkan dalam membuat desain dan mencetak ID Card. Beberapa software yang digunakan dalam proses ini adalah software desain berbasis vektor seperti Corel Draw. Selain membuat id card dengan corel, bisa dapat juga menggunakan Adobe Ilustrator.

Sedangkan untuk mengolah image foto, membuat id card di Photoshop yang berbasis bipmap. Image foto yang yang dihasilkan dari kamera DSLR masih perlu diolah supaya hasilnya bisa maksimal. Dengan bantuan komputer foto bisa di-resize sesuai ukuran ID Card yang dibutuhkan.

2. Printer ID Card

Dalam mencetak desain yang telah dihasilkan komputer maka dibutuhkan printer yang bisa digunakan untuk mencetak bahan PVC. Printer ini bisa berupa printer khusus ID Card yaitu printer thermal.

Sebenarnya semua printer Inkjet bisa dipakai untuk mencetak ID Card, hanya saja untuk menghasilkan cetakan yang bagus perlu dipilih printer yang hasil cetaknya tajam. Tingkat kualitas gambar hasil printer biasanya dinyatakan dalam dots per inch atau DPI. Semakin tinggi angka resolusi DPI, maka semakin baik gambar yang akan dicetak

3. Mesin Laminasi

Mesin laminasi merupakan suatu alat yang berfungsi untuk melekatkan bahan PVC yang dicetak agar dapat menempel dengan kuat. Ukuran mesin laminasi secara umum terdiri dari 3 ukuran. Yakni ukuran kecil untuk melaminasi ID Card atau KTP. Ukuran sedang sebesar kertas A3, serta ukuran besar yang dapat melaminasi kertas yang besarnya hingga 450 cm.

Untuk kebutuhan laminasi ID Card anda bisa menggunakan ukuran mesin laminasi kecil ataupun yang sedang. Dari setiap mesin laminasi memiliki dua pilihan sistem pemanas. Yaitu System Hot Shoe (Tube) yang memiliki kelebihan pemanasnya lebih cepat dan yang kedua System Mica Heating yang proses pemanasnya lebih stabil.

4. Mesin Plong / Id Card Punch Machine

Id Card Punch Machine atau yang lebih dikenal dengan alat plong ini berpoprasi dengan mudah dan juga dapat dikerjakan secara manual karena tidak membutuhkan listrik. Alat ini memiliki ukuran potong 54 x 86 dan digunakan untuk memotong hasil cetakan ID Card dengan hasil potongan yang bersih dan rapi.

5. Id Card Hole Maker

ID Card Hole Maker merupakan alat berbentuk seperti tang yang berfungsi untuk membuat lubang pada ID Card. Pada umumnya, hole maker yang beredar dipasaran memiliki dua bentuk lubang. Lubang yang dihasilkan yakni bentuk oval dan bentuk lingkaran. Untuk tang yang menghasilkan lubang bentuk oval memiliki ukuran lubang 3 mm x 13 mm. sedangkan lubang yang berbentuk lingkaran pada ID Card memiliki beberapa pilihan diameter yaitu 3 mm, 4 mm, dan 5 mm.

 

Tempat Membuat Id Card Praktis, Murah dan Berkualitas

Mau membuat id card namun belum punya desain? Ingin membuatnya praktis murah dan berkualitas? Di Bikinidcard.com Aja!

Kami adalah percetakan berbasis digital printing, dimana kami sudah banyak membuat id card. Tidak hanya id card, kami bisa mencetak tali id card, peralatan kantor, maupun merchandise.

Anda bisa memesan id card dengan menghubungi Customer Service kami pada hari dan jam kerja. Kami siap mengirim id card Anda ke Seluruh Indonesia dengan jasa pengiriman yang bisa kami sesuaikan dengan wilayah Anda. Namun jika Anda ingin datang langsung, Anda bisa datang ke kantor kami Retro Card.

Retro Card beralamatkan di warungboto UH 4 / 1030 RT 38 RW RW 09, Umbulharjo, Yogyakarta 55164.

Harga Membuat Id Card

Bikin id card murah  untuk acara atau event maupun perusahaan, organisasi, atau komunitas hanya di Bikinidcard.com. Id card dari Bikinidcard.com sangat terjaga tampilan dan kualitasnya. Karena tampilan dan kualitas sangat berpengaruh bagi penggunanya dalam jangka yang panjang. Untuk informasi daftar harga anda bisa kunjungi halaman Daftar Harga.

Anda juga dapat membuat id card dengan desain id card yang anda inginkan sesuai dengan keperluan perusahaan anda. Dan anda juga dapat melihat produk kami di akun instagram kami di @bikinidcard.com_admin.

Dengan adanya id card maka akan menciptakan kesan yang postif, kompak, rapi dan semakin percaya diri.