Merchandise adalah Media Promosi Efektif untuk Perusahaan

Merchandise adalahbikinidcard.com. Apakah Anda pernah diberi benda unik di luar produk / jasa dari perusahaan langganan? Atau benda tersebut diberikan dari sebuah komunitas yang sedang mengadakan acara kesenian maupun olahraga. Biasanya bend aini berupa kaos, mug, tumbler, payung, jam dinding atau lainnya. Produk-produk ini dikenal dengan sebutan merchandise.

MERCHANDISE

Kenapa mereka memberikan merchandise-nya kepada Anda? Apakah ini salah satu strategi marketingnya? Bisakah diterapkan pada perusahaan? Untuk menjawabnya, kali ini kami ingin membagikan informasi penting tentang merchandise, baik dari pengertian, fungsi dan manfaat serta jenisnya. Dengan begini, Anda bisa mempertimbangkan apakah mau menggunakan merchandise atau tidak.

Pengertian Merchandise Adalah…

Boleh dong share bagaimana kesan Anda terhadap perusahaan maupun event yang memberikan benda menarik (selain produk yang dijual) secara cuma-cuma? Pasti merasa beruntung dan memberikan kesan yang bagus untuk perusahaan tersebut. Benda yang mereka berikan tersebut dikenal dengan istilah merchandise.

Secara umum, pengertian merchandise adalah segala bentuk produk yang dipakai sebagai hadiah. Biasanya, merchandise ini diberikan secara Cuma-Cuma atau gratis ke orang yang sudah mengikuti suatu kegiatan. Bisa juga diberikan karena sudah berpartisipasi di sebuah komunitas, organisasi atau sebagai customer tetap. Bahkan merchandise adalah media yang bisa dipakai sebagai media branding.

Tidak hanya digunakan sebagai media branding, bagi perusahaan merchandise adalah hal yang penting untuk memperkenalkan brandnya kepada masyarakat. Merchandise adalah media yang menarik perhatian client atau customer terhadap perusahaan atau instansi tersebut. Oleh karena itu, merchandise menjadi pilihan yang musti dipertimbangkan unyuk digunakan di persaingan bisnis yang sangat tepat. Jadi, tidak hanya iklan saja

Fungsi Merchandise untuk Bisnis dan Event Adalah..

Dalam metode marketing, merchandise adalah bagian yang sangtat penting untuk mempromosikan atau memperkenalkan produk-jasa ke masyarakat luas. Meski tidak mempromosikannya secara langsung atau terang-terangan, merchandise terbukti ampuh digunakan. Oleh karena itu, apa saja sih fungsi merchandise ini? Fungsi-fungsi merchandise adalah:

  • Memperkenalkan produk-jasa kepada masyarakat
  • Digunakan sebagai media branding dan promosi
  • Meningkatkan brand awareness
  • Menarik perhatian pengunjung acara maupun pelanggan
  • Dipakai sebagai wujud apresiasi dan rasa terima kasih
  • Kenang-kenangan event atau perusahaan
  • Sebagai pembeda perusahaan Anda dengan kompetitor
  • Merayu client secara halus untuk menggunakan jasa – produk

Jika diperhatikan lagi, beberapa fungsi merchandise ini mengarah untuk menaikkan perhatian dan menarik kepuasan pelanggan / pengunjung. Merchandise yang unik mampu menarik pelanggan untuk tetap lekat dan menggunakan produk/jasa dari perusahaan Anda. Namun, apabila merchandise ini tidak digunakan atau Anda hanya menggunakan merchandise seadanya yang tidak menarik, baik tidak menarik dari dari segi jenis, desain maupun kualitasnya, tidak menutup kemungkinan mereka berpaling ke kompetitor perusahaan.

Memangnya, apa sih Tujuan Menggunakan Merchanise ?

Jika Anda bertanya kenapa sih perusahaan Anda menggunakan merchandise dalam strategi marketingnya, jawabannya ada di beberapa poin berikut ini. Meski fungsi dan tujuannya untuk memperoleh perhatian dari pelanggan maupun audience, beberapa alasan berikut bisa jadi pertimbangan.

1. Merchandise Bisa jad Personal Touch

Ternyata, merchandise dapat digunakan sebagai media untuk mendekatkan diri ke customer maupun client atau audience. Mungkin inilah alasan yang paling tepat digunakan sebagai media promosi selain iklan secara hard selling. Kedeaktan yang terjalin antara kedua pihak (yang menawarkan dan yang ditawarkan) terjadi karena dari kontak dengan merchandise yang mereka dapatkan. Apalagi desain merchandise-nya berupa brand perusahaan / organisasi / komunitas tersebut.

2. Unconsciousness Brand Development

Alasan ke dua yang tidak kalah kuat kenpa perusahaan Anda harus menggunakan merchandise sebagai media promosi adalah Unconsciousness Brand Development. Membuat orang sadar dengan brand Anda dengan tanpa sadar. Terlalu banyak menggunakan iklan hard selling ternyata bisa membuat pelanggan jenuh. Iklan konvensional ini jelas cuma menawarkan janji – janji akan brand band. Dengan menggunakan merchandise, Anda sebagai business owner dapat membangun kesadaran brand tanpa memaksa customer / client maupun audience Anda. Secara tanpa paksaan, customer yang sering kontak dengan merchandise brand bisa lebih aware dengan brand Anda.

3. Long Lasting

Produk yang awet menjadi alasan merchandise digunakan sebagai media promosi untuk perusahaan, organisasi maupun komunitas. Bila iklan brosur atau iklan video harus bersifat jangka pendek, karena harus terus diperbaharui, merchandise jauh lebih awet. Selama merchandise ini berfungsi dengan baik saat dipakai. Terutama apabila Anda menggunakan merchandise dari bahan plastik atau logam tahan karat.

4. Harga Lebih Ekonomis / Terjangkau

Secara ekonomis, biaya cetak merchandise untuk mempromosikan produk-jasa maupun event perusahaan Anda relative lebih terjangkau. Merchandise ini dapat disesuaikan dengan budget perusahaan dan cocok digunakan oleh perusahaan kecil hingga perusahaan besar.

Jenis-jenis Merchandise yang Bisa Anda Gunakan Adalah…

Ada banyak macam merchandise yang bisa dipakai untuk perusahaan, instansi, organisasi, komunitas maupun event Anda. Mulai dari merchandise murah hingga mahal, atau yang bisa digunakan sehari – hari atau hanya dpakai sebagai aksesoris semata.

Apa saja sih jenis merchandise yang bisa Anda gunakan? Merchandise yang Anda bisa dipakai adalah:

a. Merchandise Daily Product

Jenis merchandise yang banyak diguanakan oleh perusahaan maupun instansi hingga event adalah merchandise daily product. Merchandise ini adalah produk-produk yang bisa dipakai sehari-hari. Contoh merchandise yang masuk dalam kategori daily product antara lain, mug, tumbler, botol minum, jam dinding, pulpen dan masih banyak lagi. Supaya lebih menarik, jangan lupa untuk cetak desain sesuai brand Anda pada merchandise Anda ya!

b. Merchandise Fashion

Jenis merchandise yang kedua adalah merchandise fashion. Seperti Namanya, merchandise yang satu ini adalah produk-produk apparel. Produk Apparel yang biasa dipakai sebagai merchandise antara lain, kaos, topi, jaket, totebag.

c. Merchandise Unik

Jenis merchandise yang tidak kalah banyak digunakan oleh perusahaan, instansi, komunitas maupun organisasai adalah produk – produk yang unik. Biasanya jenis produk yang digunakan adalah aksesoaris, pajangan, atau produk yang digunakan sehari-hari tapi bentuknya menarik. Beberapa merchandise yang bisa dikategorikan sebagai merchandise unik antara lain; pin peniti, pin gantungan kunci, gantungan kunci akrilik custom, card idol dan masih banyak lagi.

Dari ketiga jenis merchandise ini, mana yang paling cocok untuk kebutuhan Anda? Dan sudahkah Anda sadar jika merchandise sangat penting untuk bisnis Anda? Kesimpulan dari penjelasan ini, Merchandise adalah salah satu media yang penting dipakai untuk brand Anda. Anda dapat memilih jenis apa saja yang cocok baik dari segi fungsi produk, desain hingga harga.

Jika Anda ingin menggunakan merchandise custom yang dicetak desain sesuai brand Anda, Bikinidcard.com siap membantu! Kami menyediakan berbagai jenis merchandise yang bisa dicetak desain sesuai produk Anda. Ada produk sablon, printing baik jenis produk yang bisa digunakan sehari-hari hingga produk merchandise unik.

Kunjungi website kami di bikinidcard.com untuk informasi selengkapnya. Hubungi kami di 0899-5178-302 untuk pemesanan secara online. Bisa juga kunjungi kantor kami di Jl. Nyi Ageng Nis 550, Kecamatan Kotagede Yogyakarta.

Semoga artikel ini bermanfaat…

logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera