Nama Lain Tali ID Card

Nama lain tali ID cardBikinidcard.com. Pernahkah Anda mengenakan maupun memesan tali ID card?? Jika pernah, tahukah Anda apa nama lain tali ID card? Tali ID card memiliki nama lain lanyard. Di Indonesia sendiri terkadang tali ID card disebut tali lanyard.

Jadi, jika Anda memesan tali ID card di suatu percetakan, lalu meminta katalog maupun daftar harga tali ID card ke pihak percetakan, jangan bingung jika pada katalog tersebut adanya lanyard. Lanyard dan tali ID card sama saja.

Kapan tali ID card pertamakali ditemukan? Kenapa dinamakan lanyard lalu kapan mulai disebut sebagai tali ID card? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, silakan simak artikel berikut hingga tuntas.

Nama Lain Tali ID Card

Sejarah Tali ID Card

Sejarah tali id card

Lanyard pertama kali ditemukan pada abad ke-15 di Prancis. Dalam bahasa Prancis, lanyard dikenal dengan nama “lanière”. Lanyard pertama kali terbuat dari kulit binatang maupun berupa dua tali dari serat pohon yang disimpulkan sehingga membentuk satu tali (seperti halnya tali pramuka yang terdiri dari beberapa helai tali atau benang, lalu disimpulkan dan membentuk satu-kesatuan tali).

Kulit yang digunakan untuk membuat lanyard atau laniere merupakan kulit sapi. Sedangkan serat yang digunakan untuk membuat lanyard merupakan sembarang serat yang kuat dan tidak mudah sobek.

Umumnya, lanyard digunakan untuk menggantungkan peluit yang dimiliki oleh awak kapal pesiar, pisau kecil dan peralatan lain dalam dunia perlayaran.

Dalam dunia militer Prancis, lanyard digunakan untuk mengikat pistol, pedang dan senjata lainnya ke pakaian seperti ikat pinggang, celana dan rompi agar tidak jatuh maupun hilang. Pada abad tersebut, lanyard sangat erat kaitannya dengan dunia militer.

Jika Anda pernah melihat seragam tentara-tentara luar negeri zaman dahulu, biasanya ada bagian tali berwarna kuning pada seragam tersebut. Nah tali tersebut merupakan lanyard. Sebenarnya zaman sekarang pun pada seragam beberapa polisi dan TNI juga ada tali lanyard yang persis seperti itu.

Lantas, kenapa tali ID card bisa disebut sebagai lanyard?

Lanyard merupakan bahasa Inggris. Pada mulanya masyarakat Inggris meminjam istilah “laniere” lalu menyesuaikannya ke dalam bahasa Inggris menjadi “lanyer” kemudian seiring berkembangnya bahasa Inggris, akhirnya kata “lanyer” berubah menjadi “lanyard.”

Kenapa dinamakan Tali ID Card?

Lalu bagaimana bisa lanyard disebut sebagai tali ID card? Di zaman modern, orang-orang lebih banyak memanfaatkannya sebagai gantungan ID card. Maka, tidak heran jika orang-orang Indonesia menyebut lanyard sebagai tali ID card.

Namun, jika Anda pergi ke Amerika maupun Inggris dan hendak mencetak tali ID card, maka jangan pernah sebutkan “rope for ID card.” Sebab orang-orang Amerika maupun Inggris kini juga lebih mengenal lanyard sebagai nama tali yang berfungsi untuk menggantungkan ID card.

Baca Juga : Tali Lanyard Murah Berkualitas

Tidak hanya di Amerika maupun Inggris. Semua orang di negara apapun yang mengerti dengan kata “lanyard” jika ditanya perihal lanyard, pasti akan mengatakan bahwa lanyard merupakan tali yang berfungsi untuk menggantungkan ID card.

tali id card atau tali lanyard

Saat ini lanyard berupa tali dengan lebar paling kecil 1 cm. Ia terbuat dari kain polyester maupun tali tisu. Bahkan kini permukaan tali ID card bisa dicetak.

Apa kabarnya lanyard yang terbuat dari kulit? Saat ini, lanyard dari kulit juga masih ada. Namun orang-orang lebih mengenalnya dengan isitilah holder kulit. Kenapa disebut holder kulit? Sebab ia tidak hanya tediri dari tali, ia juga terdiri dari holder atau casing yang berfungsi untuk menyimpan ID card.

Sekian pembahasan mengenai nama lain tali ID card, sejarah tali ID card dan bagaimana istilah tali ID card dapat digunakan untuk mengganti isitilah lanyard. Jika Anda ingin cetak lanyard berkualitas dengan harga bersahabat dan bergaransi, Bikinidcard.com adalah solusi yang tepat, yuk hubungi Customer Service kami di 08653 2628 2628.

Nama Lain Tali ID Card

0.00
9.8

Rating

9.8/10