Name Tag Design Mana yang Pas untuk Kebutuhan Anda?

Bikinidcard.com – Name Tag Design. Apakah Anda seorang karyawan atau pegawai di sebuah perusahaan atau instansi? Pasti saat in Anda sedang duduk mecari pengganti name tag karyawan yang sudah usang. Atau bahkan Anda ingin menggantinya jadi lebih fresh dan lebih ngebrand.

name-tag-design

PENGERTIAN NAME TAG

Name tag atau nama dada adalah salah satu aksesoris yang banyak digunakan oleh karyawan atau pegawai hingga tim dalam sebuah acara. Menurut Wikipedia, name tag adalah lencana yang dikenakan di luar pakaian sebagai media untuk memamerkan nama pengguna ke orang lain. Perusahaan yang mengharuskan pekerjanya mengenakan name tag adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan. Perusahaan-perusahaan tersebut antara lain, hotel, restaurant, barbershop, bank dan lainnya. Tujuan menggunakan name tag sendiri adalah supaya clinet atau customer dan orang di sekitarnya mudah mengenali.

Tidak hanya digunakan oleh karyawan, name tag juga dikenakakan oleh anggota organisasi. Organisasi yang paling sering kita temui menggunakan name tag antara lain OSIS dan pramuka. Biasa juga dikenakan oleh mahasiswa jurusan. Seperti name tag pada karyawan, name tag digunakan oleh karyawan organisasi adalah supaya mereka mudah dikenali orang di sekitarnya.

Karena digunakan oleh pihak yang berbeda-beda, tentu name tag design yang mereka gunakan berbeda-beda dong! Tergantung dengan jenis instansi atau perusahaan yang menaunginya. Contoh, mari kita bandingkan name tag yang digunakan guru paud dengan guru SMA. Design name tag guru paud tentu lebih full color dan bernuansa ceria. Sedangkan name tag guru SMA lebih formal dan elegan.

FUNGSI NAME TAG

Selayaknya ID Card, name tag juga memiliki fungsi yang sama. Beberapa fungsi name tag yang perlu Anda ketahui adalah:

1. Tanda Pengenal

Fungsi pertama name tag, yang tentu kita ketahui adalah sebagai tanda pengenal. Name tag digunakan oleh karyawan atau anggota organisasi supaya orang yang ada di sekitarnya kenal dan memperhatikan. Orang yang melihat name tag ini dengan mudah mengetahui nama, jabatan dan perusahaan/instansi/ organisasi yang menaunginya.

2. Media Branding dan Promosi

Sadar atau tidak, name tag dapat menjadi media branding sekaligus promosi yang efektif untuk perusahaan. Karyawan yang menggunakan name tag dengan design keren dan sesuai brand, dilengkapi dengan penampilan yang rapi dan wangi tentu akan mudah dikenali. Begitu juga dengan instansi yang menaunginya.

Selain mudah untuk dikenali, karyawan yang menggunakan name tag juga lebih percaya diri dan professional. Dengan pelayanan ramah dan interaktif, menggunakan name tag yang keren dan penampilan rapi akan jadi branding terbaik untuk perusahaan.

3. Name Tag Design yang Menarik Lebih Memikat

Menggunakan design yang keren, name tag akan lebih bisa menarik pelanggan. Selain karena terlihat lebih professional, name tag design juga menarik customere lewat designnya. Anda bisa menggunakan warna sesuai dengan brand, identitas perusahaan tersebut.

Lantas bagaimana desain yang menarik untuk setiap perusahaan atau organisasi? Tentunya berbeda-beda tergantung target market atau audience serta perusahaan / instansi yang menaunginya. Name tag design ini juga mempengaruhi bahan yang digunakan lho!

NAME TAG DESIGN DAN BAHAN YANG DIGUNAKAN

Beberapa jenis name tag yang bisa dipakai bisa diklasifikasi menurut bahan yang digunakan dan penjepitnya. Jika dibedakan menurut bahannya, design name tag bisa pakai bahan kuningan, PVC dan akrilik. Sedangkan penjepitnya, bisa menggunakan peniti, magnet dan paku (jepit paku jarang dipakai)

a. Name Tag Kuningan

Jenis yang pertama adalah bahan kuningan. Campuran 60-90% tembaga dan seng ini digunakan sebagai alternatif penggunaan emas karena lebih murah. Warna emas ini yang membuat name tag tampak lebih mewah dan elegan.

Meski banyak diminati, Design name tag kuningan tidak bisa full color. Hanya bisa menggunakan warna hijau, putih dan hitam. Berbeda dengan jenis bahan lain yang bisa dicetak full color. Karena kenampakannya yang formal inilah, name tag kuningan lebih sering digunakan oleh PNS dan organisasi sekolah / mahasiswa.

b. Bahan PVC

Jenis name tag kedua adalah bahan PVC yang biasa dipakai untuk ID Card alias kartu pengenal. Jika dibandingkan name tag kuningan, name tag dari bahan PVC lebih murah dan mudah di dapatkan. Bahkan tidak heran kalau bahan PVC bisa menggeser popularitas name tag kuningan.

Karena menggunakan jenis bahan PVC, name tag jadi lebih kreative dari segi design. Bisa dicetak logo yang full color, request warna background hingga custom bentuk serta ukuran. Tidak heran kalau name tag PVC ini banyak digunakan oleh pegawai negri, karyawan swasta hingga anggota organisasi maupun komunitas.

c. Bahan Akrilik

Sudah tahukah Anda, name tag akrilik sedang popular digunakan oleh perusahaan maupun mahasiswa? Design name tag akrilik bisa sama dengan name tag PVC, hanya saja name tag ini terlihat seperti kaca dan lebih bisa dicustom bentuk.

Dari ketiga jenis name tag di atas, mana yang paling sesuai dengan perusahaan, instansi, komuntas maupun organisasi Anda? Beri tahu kami, dengan pesan langsung lewat Customer Service kami ya! Design name tag custom sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Kunjungi website bikinidcard.com untuk informasi selengkapnya!

logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera