Nota Belanja

Nota belanjabikinidcard.com. Nota belanja adalah nota yang diberikan kepada para customer/klien sebagai bukti transaksi. Bagi usaha apapun, keberadaan nota sangatlah penting. Sepenting apakah fungsi nota?

nota belanja bikinidcard

Fungsi Nota Belanja

Keberdaan nota menjadi sangat penting karena ia berfungsi sebagai:

  1. Bukti Garansi Customer

Jika Anda memberikan garansi kepada para customer maka Anda wajib memberikan nota kepada mereka karena nota dapat diguankan sebagai bukti garansi. Setiap kali customer akan klaim garansi maka mereka wajib menunjukkan nota tersebut.

Fungsi meminta nota belanjag kepada para customer adalah agar jika terdapat oknum tidak bertanggungjawab yang mengaku-aku berbelanja di tempat Anda tidak dapat menipu untuk mengklaim garansi.

  1. Memudahkan Pencatatan Transaksi Harian

Nota biasanya ada salinanya setidaknya satu salinan. Nota asli diserahkan kepada para customer, salinan nota untuk catatan keuangan perusahaan Anda.

Salinan nota tersebut berfungsi untuk memudahkan pencatatan transaksi harian apabila Anda belum memiliki mesin kasir karena Anda maupun karyawan Anda tentu tidak hafal transaksi apa saja yang terjadi dalam sehari, apalagi jika sedang ramai-ramainya.

Transaksi pada salinan nota disalin pada buku penjualan bulanan. Di akhir bulan nantinya seluruh catatan harian baru ditotal untuk memastikan berapa pendapatan selama perbulan. Jika catatan harian semuanya baru dicatat di akhir bulan maka Anda akan kewalahan oleh karena itu setiap hari transaksi harus ditulis pada buku penjualan.

  1. Memudahkan Audit Stok Barang

Salinan nota juga berfungsi untuk mengecek stok barang di akhir bulan. Apabila jumlah stok barang dengan dicacatan berbeda maka bisa jadi terdapat transaksi penjualan yang terlewatkan. Untuk memastikan hal tersebut maka Anda bisa mengeceknya melalui salinan nota.

Tanpa adanya salinan nota maka ketidaksesuaian antara jumlah barang asli dengan catatan pada buku stok tidak dapat ditemukan sumbernya. Akhirnya penjualan bisa menjadi rugi.

  1. Catatan Keuangan Customer

Tidak hanya memudahkan pencatatan penjualan Anda, nota juga akan memudahkan pihak customer untuk mencatat keuangannya.

  1. Klaim Reimburse dari Kantor

Terkadang customer membeli sesuatu bukan untuk dirinya pribadi, tetapi untuk keperluan kantor. Namum, tidak sedikit yang membeli keperluan tersebut menggunakan uang pribadi. Supaya uang mereka dapat diganti atau reimburse oleh pihak kantor maka mereka harus menyertakan bukti belanja kepada pihak keuangan kantor.

Tanpa adanya bukti berupa nota tersebut maka mereka tidak bisa mengajukan reimbus karena akan dianggap menipu.

Jenis Nota Berdasarkan Jenis Kertas

Ada dua jenis nota belanja yang dapat Anda pilih, yaitu nota HVS dan nota NCR. Perbedaan keduanya adalah:

  • Nota HVS

Nota HVS merupakan nota yang hanya terdiri dari kertas HVS. Supaya bisa tersalin secara otomatis maka Anda memerlukan kertas karbon. Nantinya kertas karbon diletakkan di antara dua kertas HVS.

Lalu Anda tulis transaksi pada kertas HVS yang ada di atas kertas karbon. Nantinya tulisan akan otomatis tersalin pada kertas HVS di bawah kertas karbon.

  • Nota NCR

Nota NCR merupakan nota yang terdiri dari kertas HVS dan kertas NCR. Kertas NCR sendiri merupakan kertas jiplak pengganti kertas karbon. Posisinya berada di setiap bawah kertas HVS. Ketika ANda menulis pada kertas HVS maka tulisan akan otomatis tersalin pada kertas NCR, Anda tidak lagi memerlukan kertas karbon.

Kelebihan lain dari nota NCR adalah satu nota dapat terdiri dari 1 hingga 4 rangkap kertas NCR sehingga jika Anda memerlukan salinan nota lebih dari 1 tidak perlu menyalin berkali-kali. Cukup tulis pada kertas HVS maka akan tersalin sesuai dengan banyaknya kertas NCR yang berada di bawah kertas HVS.

Cetak Nota untuk Belanja

Nota belanja sembako, baju, bahan bangunan, bahan kue dapat Anda pesan di pusat offset dan digital printing Bikinidcard.com.

Di sini, Anda bisa memesan nota khusus dari kertas HVS maupun NCR dengan ukuran F4 yang dapat dibagi 2 hingga 8 bagian. Nota tersebut dapat terdiri dari 1 hingga 3 warna berbeda pada setiap lapisan. Dengan begitu, akan memudahkan kasir atau admin

Informasi lebih lanjut silakan hubungi customer service kami melalui WhatsApp: 0851-0050-6190. Anda juga bisa datang ke kantor kami yang beralamat di Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun, Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera