Nota Penjualan

Nota penjualanbikinidcard.com. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, nota memiliki pengertian tanda jual beli secara kontan. Surat tanda pembelian ini digunakan oleh hampir semua jenis usaha, seperti toko, bengkel, laundry, bakso tusuk dan masih banyak lagi. Selain digunakan sebagai alat bukti jual beli, nota juga bisa menjadi media branding perusahaan. 

cetak nota penjualan

Pengertian dan Fungsi Nota Penjualan

Sementara itu, nota penjualan adalah bukti penjualan suatu barang. Nota ini sebenarnya sama dengan nota pembelian yang diserahkan kepada para pembeli, tetapi merupakan salinannya, bukan nota yang asli. Para pemiliki usaha jual beli perlu memiliki nota jual-beli karena nota bukti ini memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu:

  • Mempermudah Pengecekan Stok di Akhir Bulan

Jual-beli secara manual tanpa aplikasi dari komputer sangat membutuhkan nota khusus karena nota tersebut berfungsi untuk membantu cek stok di akhir bulan. Setiap hari, ketika ada barang terjual maka kasir maupun admin langsung mencatat pada catatan barang terjual.

Di akhir bulan, semua barang dicek kembali, jika ternyata jumlah barang asli dengan catatan terdapat selisih bisa jadi ada barang keluar yang lupa dicatat sehingga harus ditelusuri melalui nota penjualan atau barangkali terdapat

Tanpa adanya nota penjualan maka selisih antara catatan barang keluar dengan stok barang di lapangan tidak dapat ditelusuri penyebabnya, barang akan dianggap hilang dan kasir maupun admin stok harus mengganti barang tersebut.

  • Mempermudah Pencatatan Omzet Harian

Selain untuk mempermudah pengecekan stok barang, nota penjualan juga berfungsi untuk mempermudah pencatatan omzet harian. Agar tahu apakah untung atau tidak maka uang yang masuk pada hari itu perlu dicocokan dengan total penjualan sesuai dengan nota penjualan.

  • Mencegah Penipuan

Nota penjualan juga berfungsi untuk mencegah penipuan. Beberapa perusahaan memberlakukan garansi kepada para customer. Pembeli yang akan mengklaim garansi harus menunjukkan nota milik mereka.

Meskipun customer tersebut sudah menunjukkan nota pembelian miliknya, pihak perusahaan tetap perlu mengecek nota penjualan yang sesuai dengan nota pembelian tersebut untuk memastikan apakah nota tersebut asli atau palsu sehingga perusahaan tidak tertipu.

Cetak Nota Penjualan

cetak nota penjualan

 

Jika perusahaan Anda belum memiliki nota penjualan maka Anda harus segera memesannya di Bikinidcard.com.

Kami merupakan percetakan berbagai kebutuhan kantor, salah satunya adalah nota NCR, yaitu nota yang terdiri dari kertas HVS putih dan kertas NCR.

Kertas NCR merupakan kertas yang berfungsi untuk menyalin tulisan dari kertas HVS. Zaman dulu untuk menyalin tulisan dari suatu kertas maka diperlukan kertas karbon berwarna hitam. Kertas karbon tersebut diletakkan di antara dua kertas, nantinya tulisan pada kertas yang digunakan untuk menulis akan tersalin ke kertas yang berada di bawah kertas karbon.

Menggandakan catatan pada nota menggunakan kertas karbon cukup rumit karena setiap kali akan membuat nota baru maka kertas karbon harus dipindah pada lembar nota baru. Selain itu, kertas karbon yang tidak dijilid bersama kertas nota rawan terjatuh, terselip hingga hilang.

Dengan adanya kertas NCR tidak diperlukan lagi kertas karbon. Kertas NCR cukup diletakkan di bawah kertas HVS. Ketika Anda menulis pada kertas HVS maka tulisan otomatis tersalin pada kertas NCR tersebut.

Di bawah setiap kertas HVS terdapat kertas NCR, jadi tidak perlu repot memindahkan kertas NCR ke setiap lembar kertas HVS. Selain itu, kertas NCR tersebut dijilid menjadi satu dengan kertas HVS sehingga  tidak akan terjatuh, terselip maupun hilang.


Contoh Desain Nota

Berikut conoh desain nota penjualan barang seperti HP atau makanan yang pernah kami produksi:

 

pengertian dan fungsi nota penjualan

Pemesanan nota dapat Anda lakukan secara offline di kantor kami yang berlokasi di Jl. Nyi Agengnis Nomor 550, KG I, Rejowinangun, Kotagede, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55171 atau secara online via WhatsApp pada nomor 0853-2628-2628.

logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera