Peran Penting Nota Penjualan untuk Usaha

Peran Penting Nota Penjualan untuk Usaha Anda – BIkinidcard.com. Ketika Anda berbelanja di suatu toko, minimarket maupun tempat perbelanjaan lainnya, Anda pasti akan mendapatkan struk atau nota. Sebagian orang, mungkin termasuk Anda akan menyimpan nota tersebut sebagai laporan bulanan perusahaan atau untuk menghitung pengeluaran pribadi bulanan.

peran penting nota penjualan

Begitu juga dengan perusahaan. Tidak sedikit yang membutuhkan nota untuk rekap pengeluaran sekaligus pemasukan perusahaan. Nah, supaya lebih jelas tentang peran penting nota penjualan, terutama untuk usaha Anda, silakan simak penjelasan dari kami berikut ini.

Fungsi Nota Penjualan

Sebelum kita membahas mengenai peran penting nota penjualan mari kita bahas secara singkat mengenai fungsinya.

fungsi nota penjualan

Menurut KBBI fungsi nota secara umum adalah tanda jual beli secara kontan. Merujuk pada pengertian tersebut, jadi dapat disimpulkan bahwa fungsi nota penjualan adalah sebagai bukti penjualan. Anda bisa melihat apa saja produk / jasa yang berhasil Anda jual, berapa harga dan jumlahnya

4 Peran Penting Nota Penjualan

4 peran penting nota penjualan

Nah, selain untuk mengetahui berapa barang / jasa yang berhasil Anda jual, nota penjualan juga memiliki peran penting yang lain, yaitu:

  1. Catatan Stok Barang

Peran penting nota penjualan yang pertama adalah berfungsi untuk mengisi catatan stok barang. Beberapa toko ada yang menerapkan catatan stok secara manual. Ketika ada pembelian, mereka akan merekap dan menghitung kembali barang – barang yang sudah berhasil dijual. Terutama yang ada di bagian gudang.

Daftar Harga Cetak Nota Murah

Jika stok barang yang tersisa tidak sesuai dengan catatan, maka nota tersebut dapat digunakan untuk merevisi ketidaksesuaian tersebut.

  1. Laporan Penjualan

Peran penting nota penjualan yang nomor dua adalah sebagai laporan penjualan kepada atasan. Misalkan saat pengecekan stok barang terjadi selisih antara di buku catatan dengan stok asli. Ternyata, ada penjualan di nota yang belum dicatat.

Jika seorang karyawan melaporkan hal tersebut kepada atasannya, tentu saja dia tidak mungkin hanya mengatakan “ada nota yang belum dicatat.” Ia juga harus menyertakan nota tersebut sebagai bukti. Jika tidak menyertakan bukti, maka karyawan tersebut bisa dituduh mencuri barang oleh pimpinannya.

  1. Revisi Barang yang Dijual

Nota penjualan juga berguna untuk merevisi apabila kasir/pihak toko salah mencatat jumlah barang yang dibeli oleh customer. Misalkan customer hanya membeli satu buah sabun mandi merk A. Namun pada nota, kasir mencatat 2 buah sabun mandi merk A. Sehingga customer harus membayar barang yang tidak ia beli.

Jika selama pengecekan nota tersebut si customer masih berada di supermarket, ia bisa langsung menjelaskan pada si kasir bahwa sabun mandi yang dibeli hanya 1 buah, sehingga si kasir bisa mengembalikan uang customer tadi dan nantinya tidak terjadi selisih antara catatan barang keluar dengan jumlah barang yang sesungguhnya.

  1. Mencegah Penipuan

Ketika Anda membeli suatu barang elektronik bergaransi, pasti petugas toko akan memberitahu Anda untuk menunjukkan nota pembelian barang elektronik tersebut. Apalagi jika ingin mengklaim garansi. Tujuan pihak toko meminta para customer untuk menunjukkan nota ketika klaim garansi adalah untuk mencegah penipuan.

Mari kita beri salah satu contoh, misalkan seseorang membeli rice cooker di supermarket A dengan garansi hanya sehari. Sementara supermarket B ternyata memberikan garansi selama 3 hari. Di hari kedua, ternyata rice cooker tersebut mengalami kerusakan. Akhirnya, ia tidak bisa mengklaim garansi ke supermarket A.

Lalu ia mencoba melakukan penipuan dengan mengklaim garansi ke supermarket B agar ia bisa mendapatkan service rice cooker gratis. Jika supermarket B tidak memberikan nota dan menerapkan aturan harus menunjukkan nota saat klaim garansi, maka pihak supermarket B bisa tertipu oleh orang tersebut.

Dari penjelasan di atas, sekarang Anda tahu kan, peran penting nota bagi bisnis Anda sangat penting. Baik perusahaan yang menjual suatu barang maupun jasa, menjual ecer maupun grosir bahkan retail. Dengan bantuan nota, pembukuan keuangan akan jauh lebih sistematis dan lebih tertata.

Baca juga : Buku nota yang cocok untuk segala usaha

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan jenis nota rangkap supaya ada laporan yang jelas mengenai produk yang sudah terjual. Pemilihan nota rangkap yang tepat seperti nota dari kertas NCR, tidak hanya lebih mudah dideteksi tapi juga mudah saat bertransaksi.

Peran Penting Nota Penjualan

0.00
9.8

Rating

9.8/10