Sertifikat untuk Penghargaan Bergensi

Sertifikat sudah menjadi benda yang pasti ditemui dalam sebuah perlombaan, kursus suatu keahlian maupun di lembaga pendidikan.

Kehadirannya yang sangat penting membuat yang bersangkutan mencari tempat cetak atau percetakan berkualitas supaya harga dan hasilnya tidak mengecewakan.

Apalagi selain dipakai sebagai penghargaan, sertifikat ini menjadi benda kenang-kenangan yang berarti. Apa saja sih fungsinya? Dan bagaimana pengaplikasian sertifikat ini di masyarakat maupun instansi dan perusahaan?

sertifikat

Pengertian dan Fungsi Sertifikat

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sertifikat adalah tanda atau surat keterangan (pernyataan) tertulis atau tercetak dari orang yang berwenang yang dapat digunakan sebagai bukti pemilikan atau suatu kejadian. Sedangkan menurut Wikipedia, sertifikat atau penghargaan memiliki banyak pengertian menurut fungsi masing-masing. Seperti sebagai hak milik, penghargaan, maupun sebagai tanda profesionalitas seseorang terhadap suatu bidang.

Sesuai dengan pengertiannya, fungsi surat ini adalah sebagai alat bukti kepemilikan benda atau suatu kejadian. Bisa juga digunakan sebagai penghargaan karena sudah mengikuti atau memenangkan sebuah perlombaan. Bisa juga diserahkan kepada seseorang dari sebuah perusahaan karena sudah berjasa dalam suatu kasus atau bidang tertentu.

Contoh kepemilikan adalah sertifikat tanah. Sementara contoh untuk kejadian adalah sertifikat bahasa asing seperti TOEFL maupun sertifikat seminar. Akan tetapi, jika berwujud sertifikat tanah, Anda tidak akan bisa mencetak di percetakan baik percetakan kecil hingga besar. Ini dikarenakan surat ini hanya bisa dikeluarkan oleh pihak yang bersangkutan.

Lantas, dari bahan apa dan ukuran berapa sih yang biasa digunakan?

pengertian dan fungsi sertifikat

Ukuran dan Bahan Sertifikat yang Bisa Digunakan

Ada 3 ukuran yang bisa dipilih dan sesuai dengan ukuran kertas yaitu A4, A5 dan letter. Ukuran A4 memiliki dimensi 210 x 297 mm, ukuran A5 memiliki dimensi 148 x 210 sedangkan ukuran letter memiliki dimensi 215 x 279 mm. Di antara ketiga jenis ukuran, yang paling banyak digunakan tentu saja kertas A4. Selain karena standard dan mudah dibawa harganya juga lebih terjangakau.

Sedangkan untuk jenis kertas, ada tiga macam yang umumnya memang dijadikan sebagai bahan sertifikat. Kertas-kertas tersebut adalah:

Art Carton

Kertas yang pertama adalah Art carton, yaitu kertas karton yang cukup tebal dan lebih kaku dibandingkan kertas biasa. Art carton memiliki warna dasar putih dan mengkilap. Kertas ini kerap digunakan untuk mencetak foto.

Kertas Manila

Jenis kertas yang kedua adalah kertas manila hampir mirip dengan art carton tetapi permukaannya tidak mengkilap. Jenis kertas ini memiliki berbagi macam warna dasar seperti putih, hitam, merah, pink, hiju dan masih banyak lagi pilihan warna dasar kertas manila.

Kertas Linen

Kertas linen bisa dikatakan sebagai perpaudan art carton dan kertas manila yaitu memiliki warna dasar putih tetapi permukaannya tidak mengkilap. Selain itu tekstur permukaannya terlihat jelas bergaris-garis, sehingga jika diraba agak kasar, tidak sehalus kertas manila. Jenis kertas linen inilah yang banyak digunakan sebagai tanda penghargaan ataupun tanda hak milik suatu barang.

Selain teksturnya yang bergaris, kertas ini juga cukup tebal, bisa ditambahkan hiasan seperti hotprint maupun dicetak timbul atau emboss. Kertas ini juga digunakan oleh Bikinidcard.com untuk membuat serifikat.

Jenis dan Contoh Sertifikat

Ada banyak jenis sertfikat yang biasa digunakan khalayak umum seperti bukti kepemilikian properti yang harus dan hanya bisa dikeluarkan oleh institusi pemerintah. Sertifikat keahlian seperti keahlian berbahasa, sebagai teknisi, atau dicetak untuk acara spesial seperti seminar maupun workshop.

Sertifikat Seminar

Jenis ini dikeluarkan oleh lembaga maupun institusi yang mengadakaan seminar tersebut kepada para peserta seminar. Penghargaan seminar ini dapat membantu para peserta seminar dalam melamar beasiswa maupun sebagai portifolio pengalaman untuk melamar sebuah pekerjaan.

Sertifikat Pelatihan

Jenis piagam ini diberikan oleh lembaga maupun institusi yang mengadakan suatu pelatihan atau workshop seperti pelatihan mikrotik untuk teknisi jaringan komputer, sertifikat web programmer dan pelatihan-pelatihan lain.

Sertifikat pelatihan sangat penting karena nilainya lebih berharga dibandingkan dengan sertifikat seminar. Piagam ini dapat menjadi pengganti ijazah akademik bagi para peserta pelatihan yang tidak mengenyam pendidikan resmi. Misalkan seorang lulusan SMA melamar pekerjaan sebagai teknisi komputer dapat menggunakan sertifikat pelatihan reparasi komputer yang pernah ia ikuti untuk melamar pekerjaan tersebut.

jenis dan contoh sertifikat

Desain Sertifikat

Desain sertifikat dapat Anda buat menggunakan berbagai macam software grafis untuk PC maupun untuk smartphone. Biasanya, pada bagian depan erdapat nama yang ditulis tangan maupun diketik computer, acara atau lembaga yang mengeluarkan. Kemudian disahkan oleh petinggi perusahaan, instansi, sekolah maupun ketua panitia acara.

Supaya lebih menarik, Anda bisa mendesain nama mengguanakan embossing atau huruf timbul. Bisa juga dengan hot print agar terlihat seperti tinta emas yang mengkilap.Jika ingin polosan saja, Anda bisa membuat nama peserta dengan pulpen khusus yang mendukung “hand lettering” sehingga terkesan unik dan klasik.

Sedangkan bagian belakang, biasanya dibuat polos saja, atau bisa uga diberi gambar logo yang terlihat seakan-akan hanya bayangan.

Apabila Anda tidak tahu cara mendesain penghargaan maka Anda bisa mengunduh template sertifikat secara gratis di internet. Bisa juga dibantu oleh desainer grafis dari percetakan, apalagi di bikinidcard.com. Kami bisa membantu Anda dalam pembuatan desain juga bisa memberikan opsional yang bagus dan tepat untuk penghargaan Anda

Tempat yang Tepat untuk Cetak Sertifikat

Percetakan yang bisa Anda percaya untuk mencetak workshop kit, termasuk piagam ini adalah Bikinidcard.com. Kami adalah percetakan berbasis digital printing yang bisa mencetak custom keperluan kantor, termasuk sertifikat. Menggunakan kertas linen sehingga akan terlihat unik dan klasik.

Kami bisa dicetak 1 maupun 2 muka. Judul atau kepala penghargaan tersebut dapat dicetak hotprint maupun emboss. Selain itu nama penerimanya dapat dicetak menggunakan komputer maupun ditulis menggunakan spidol.

Harga Cetak Murah Berkualitas

Biaya cetak sertifikat di Bikindicard.com dapat Anda lihat melalui website resmi kami bikinidcard.com. Bisa juga menghubungi 0822 4303 3334. Anda juga bisa datang ke kantor kai yang berlokasi di Jl. Nyi Ageng Nis No. 550, KG 1, Kelurahan Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Yogyakarta 55171.

Sertifikat

0.00
9.8

Rating

9.8/10