Souvenir

SouvenirAnda pasti sudah tidak asing dengan istilah ini. Anda pasti juga pernah mendapatkan souvenir setidaknya satu kali. Lalu, dapatkah Anda menjelaskan pengertian souvenir, apa saja fungsinya, jenis souvenir apa saja yang bisa Anda gunakan, dan dimana tempat cetak yang rocommended?

 

souvenir

Pengertian Souvenir

Souvenir sebenarnya merupakan kata dalam bahasa Inggris memiliki makna:  sesuatu yang diberikan, disimpan atau dibeli sebagai pengingat suatu tempat maupun momen.

Jika merujuk kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, penulisan souvenir dalam bahasa Indonesia yang benar adalah “suvenir.” Masih merujuk pada KBBI, souvenir berarti tanda mata, kenang-kenangan atau cendera mata.

Ada banyak barang yang dapat dijadikan sebagai souvenir. Tidak ada aturan yang membatasi barang-barang yang dapat dijadikan sebagai souvenir. Meski demikian terdapat beberapa barang yang sangat khas atau paling sering dijadikan sebagai souvenir di antaranya adalah gelas maupun cangkir, gantungan kunci dan kipas.

Fungsi Souvenir

Sesuai dengan pengertiannya, fungsi souvenir adalah sebagai kenang-kenangan atau pengingat suatu tempat atau momen.  Namun, souvenir tidak sekadar berfungsi sebagai kenang-kenangan, souvenir juga bisa menjadi media promosi, branding maupun kampanye sebuah perusahaan, lembaga maupun organisasi.

Media Promosi dan Branding

Souvenir dapat dijadikan untuk mempromosikan dan untuk branding alias membangun image satu tempat, daerah, perusahaan, lembaga maupun organisasi.

Untuk lebih memahami bagaimana souvenir dapat bekerja sebagai media promosi dan branding sebuah tempat, daerah, perusahaan, lembaga maupun organisasi mari kita ambil contoh melalui souvenir gelas.

Gelas yang dijadikan souvenir permukaan luarnya dapat dicetak suatu tulisan maupun gambar yang merepresentasikan ciri khas suatu tempat, daerah, perusahaan, lembaga maupun organisasi. Contohnya adalah souvenir gelas yang pada permukaan luarnya dicetak foto dan nama Candi Borobudur.

gelas souvenir

Lalu bagaimana souvenir gelas tersebut dapat mempromosikan Candi Borobudur?

Misalkan, ada seorang turis Eropa yang berkunjung ke Candi Borobudur. Kemudian ia membeli souvenir gelas tersebut untuk kenang-kenangan bagi dirinya sendiri maupun sebagai oleh-oleh untuk rekan-rekan maupun keluarganya yang tidak tahu-menahu soal Candi Borobudur.

Ketika sang turis memberikan souvenir gelas tadi kepada keluarga dan rekan-rekannya, mereka pasti akan melihat gambar dan membaca tulisan yang dicetak pada gelas tersebut. Akhirnya muncul kekaguman dalam benak mereka akan megahnya Candi Borobudur.

Rekan maupun keluarga turis yang merasa kagum setelah melihat foto Candi Borobudur tersebut akhirnya merasa tertarik untuk berkunjung ke sana. Mereka akhirnya bertanya-tanya lebih jauh seputar Candi Borobudur kepada turis tadi. Usai mendengar cerita tersebut, maka ketertarikan mereka semakin menjadi-jadi. Akhirnya di antara mereka pasti ada yang benar-benar membuat rencana untuk pergi ke Candi Borobudur. 

Media Kampanye

Souvenir tidak hanya berguna sebagai kenang-kenangan. Souvenir juga dapat dimanfaatkan sebagai media kampanye.

Berbicara soal kampanye, pasti sebagian besar dari kita langsung teringat dengan kegiatan konvoi yang dilakukan oleh para pendukung partai politik maupun teringat dengan jalanan yang dipenuhi dengan bendera-bendera berbagai macam partai politik. Itu berarti, sebagian besar dari kita pasti berpikir bahwa kampanye merupakan kegiatan politik. Padahal, kampanye tidak selalu soal politik.

Menurut KBBI, kampanye memiliki 2 arti yaitu:

    • gerakan (tindakan) serentak (untuk melawan, mengadakan aksi, dan sebagainya).
    • kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi politik atau calon yang bersaing memperebutkan kedudukan dalam parlemen dan sebagainya untuk mendapat dukungan massa pemilih dalam suatu pemungutan suara.

Jadi, kampanye tidak selalu berkaitan dengan politik. Segala kegiatan atau tindakan yang mengajak masyarakat untuk melakukan suatu perbuatan positif juga termasuk kampanye. Misalkan adalah mengkampanyekan aksi buang sampah pada tempatnya.

Salah satu barang yang dapat dijadikan sebagai media kampanye adalah souvenir. Contohnya adalah kipas.

Misalkan pada sebuah pesta pernikahan para tamu undangan mendapatkan souvenir kipas yang pada salah satu sisinya dicetak nama pasangan pengantin. Pada sisi kipas yang lain terdapat tulisan yang mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Berkampanye menggunakan souvenir lebih efektif ketimbang berkampanye menggunakan brosur maupun selebaran lainnya, sebab para tamu undangan pasti mau menerima souvenir yang mereka dapatkan bahkan merasa senang. Sementara orang-orang di keramaian belum tentu mau menerima brosur yang mereka dapatkan dari penyebar brosur yang mereka anggap sebagai “orang asing.”

Perbedaan Souvenir dan Merchandise

Anda pasti juga pernah mendengar istilah merchandise, Anda mungkin juga pernah mendapatkan maupun membeli merchandise. Lantas, apa perbedaan antara souvenir dan merhchandise?

Souvenir umumnya didapatkan secara gratis dari suatu event maupun dari seseorang yang usai melancong dari suatu tempat. Contohnya adalah souvenir pernikahan dan oleh-oleh haji.

Sedangkan merchandise biasanya didapatkan secara berbayar, jarang ada orang yang memberikan merchandise gratis. Contohnya adalah merchandise suatu fandom klub sepak bola, merchandise suatu grup music dan merchandise lainnya yang biasanya harus didapatkan secara berbayar.

Merchandise terdir dari 2 macam yaitu merchandise official (resmi) dan merchandise tidak resmi. Merchandise official atau resmi biasanya berupa merchandise yang diproduksi dan dipasarkan oleh manajemen, agensi maupun perusahaan tempat bernaung sesuatu/seseorang yang diidolakan.

Contohnya adalah merchandise idol K-POP. Para agensi idol K-POP biasanya mengeluarkan berbagai macam merchandise seperti photocard, gantungan kunci, mug dan berbagai macam barang lainnya yang berkaitan dengan suatu idol K-POP tersebut.

Sementara merchandise tidak resmi adalah merchandise yang diciptakan atau diterbitkan oleh sesama fans. Misalkan seorang fans idol K-POP membuat kaos yang dapat dicetak foto idol yang bersangkutan lalu menjualnya kepada sesama fans. Foto idol yang dicetak biasanya berupa foto yang sudah banyak tersebar di internet.

Sementara pada  produk ini tidak berlaku istilah souvenir resmi maupun souvenir tidak resmi.

Jenis Souvenir

Ada dua jenis souvenir yaitu untuk kepentingan event dan yang bisa didapatkan disuatu tempat:

a. Souvenir Event

Souvenir event bisa didapatkan karena menghadiri suatu acara seperti pesta pernikahan, workshop maupun seminar. Jenis produk ini dapat dicetak tulisan maupun gambar yang mewakili atau yang berkaitan dengan acara yang bersangkutan.

Contohnya adalah souvenir yang Anda dapatkan dari pesta pernikahan. Pada setiap souvenir nikah pasti terdapat nama kedua mempelai pengantin.

b. Souvenir Tempat

Dikatakan sebagai souvenir tempat adalah kenang-kenangan yang biasanya bisa didapatkan di suatu tempat wisata. Jika Anda berwisata ke suatu kota kemudian berkunjung ke toko atau pusat penjualan cenderamata, maka Anda akan menemukan berbagai macam barang yang permukaannya telah dicetak tulisan nama kota tersebut. Contohnya adalah kaos dengan tulisan “I LOVE JOGJA”.

Selain benda yang permukaannya dicetak nama kota yang bersangkutan, Anda juga akan menemukan barang-barang yang dibentuk menyerupai ikon kota tersebut, contohnya adalah gantungan kunci bentuk Candi Borobudur.

Souvenir Murah

Anda hendak mengadakan suatu event? Butuh produk yang murah untuk event tersebut? Anda tinggal di daerah wisata? Ingin menambah penghasilan dengan berjualan produk-produk ini?

Bagi Anda yang tengah mencari produsen souvenir murah, maka Anda dapat menghubungi Bikinidcard.com. Kami merupakan ahlinya membuat berbagai macam souvenir seperti souvenir tas, gelas, kipas, pulpen, flashdisk, tumbler dan masih banyak lagi yang kami produksi.

Beberapa Contoh yang Unik dan Banyak di Pakai

Berikut adalah beberapa contoh souvenir yang pernah kami produksi:

contoh souvenir

fungsi souvenir

pengertian souvenir

Gambar di atas hanya sebagian souvenir yang pernah kami produksi. Untuk melihat daftar souvenir produksi kami beserta harganya, silakan kunjungi situs resmi kami yaitu Bikinidcard.com

Kami menerima pemesanan untuk area Jogja, Surabaya dan kota-kota lain di pulau Jawa maupun luar pulau Jawa.  Untuk melakukan pemesanan silakan hubungi customer service kami pada nomor 0822 4303 3334. Bagi Anda yang berada di Jogja, silakan datang ke kantor kami yang berada di Jl. Nyi Ageng Nis No. 550, KG 1, Kelurahan Rejowinangun, Kecamatan  Kotagede, Yogyakarta 55171.

Pengunjung juga mencari:

  • fungsi souvenir
  • ikon daerah di indonesia dalam bentuk gantungan kunci