Tali Id Card

Tali Id Card

Dilansir dari Wikipedia, Tali id card atau sering disebut lanyard ditemukan pada abad ke -19. Awalnya, lanyard hanya berupa sepotong kabel yang digunakan untuk mengamankan senjata perang seperti pisau. Setelah peperangan selesai, tali id card ini beralih fungsi menjadi penghias pakaian, seperti gantungan peluit atau semacamnya. Kini lanyard dibuat lebih menarik dan lebih bergaya dengan penambahan gambar dan warna. (sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Lanyard)

tali id card gantungan peluit

Zaman sekarang lanyard sering digunakan untuk menggantung id card. Contoh pemakaiannya adalah untuk id card karyawan perusahaan besar maupun menengah. Sebuah organisasi juga sering menggunakan lanyard untuk menggantung id card atau co card. Mereka menggunakannya terutama saat mengadakan event, seminar atau workshop  dan saat gathering.

Bahan Tali Id Card

Ada berbagai macam bahan yang digunakan untuk membuat lanyard. Penggunaan bahan ini disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Berikut adalah dua  jenis bahan yang paling sering digunakan sebagai tali id card:

Tali Polyster

Polyster merupakan kain sintesis yang sudah umum di Indonesia. Karena kain ini sintesis, maka bahan pembuatannya tidak disediakan oleh alam secara langsung. Kelebihan tali polyster antara lain tahan kusut, kuat, tahan terhadap bakteri, tahan air dan tidak mudah menyusut ataupun melar.

Bahan kain yang tidak mudah kusut ini, biasanya dimanfaatkan untuk menambah nilai jenis kain lainnya. Kain yang diberi tambahan polyster memberikan efek kaku dan juga menjadikan kain lebih kuat.

Sifat tali polyster yang tahan air merupakan kelebihan sekaligus kekurangan.

Kekurangan jenis bahan polyster adalah:

1. Tidak mudah menyerap keringat

Ini menyebabkan beberapa orang akan merasa tidak begitu nyaman menggunakan tali id card dari bahan polyster.

Kelebihan jenis bahan polyster antara lain :

1.  Water resist

Karena bahan polyster Water resisten tentunya id card akan cepat kering setelah dicuci atau setelah kena air hujan sehingga bisa langsung dipakai kembali.

2. Tali polyser yang tahan terhadap bakteri

Dengan adanya kekuatan tahan bakteri, lanyard bahan polyster dapat mencegah timbulnya alergi bagi pemakainya. Terutama bagi orang yang memiliki kulit sensitive.

3. Bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama

 Anda bisa menggunakan id card dari bahan polyster dalam jangka waktu yang lama karena kuat, tidak mudah robek maupun putus.

 Bahan polyster yang mengkilap ini dibuat dari bahan polyster ini dicampur dengan filament.

tali id card polyster

Gambar: contoh tali id card polyster

 

Tali Tisu

Tali tisu sebenarnya bukan tali yang terbuat dari tisu yang biasa digunakan sebagai tisu makan, tisu wajah atau bahkan tisu basah. Bahan tisu maksudnya adalah kain tebal yang memiliki tekstur lembut seperti tisu. Tali tisu memiliki permukaan rata dan padat sehingga bila tali ini berwarna putih maka mirip seperti permukaan pada tisu.

Kelebihan id card bahan tisu antara lain:

1. Teksturnya yang lembut, dan nyaman dipakai membuat lanyard bahan tisu lebih diminati oleh customer dibandingkan bahan id card yang lain.

2. Bahan tisu menyerap keringat dan lembut sehingga cocok untuk kulit sensitive.

3. Lanyard bahan tisu ini juga kuat dan tahan lama sehingga cocok untuk pemakaian jangka panjang.

4. Kualitas tali tisu lebih bagus dibandingkan dengan tali polyster tentunya tali tisu lebih mahal. Tali tisu sering disebut juga tali id card printing.

Kekurangan id card bahan tisu adalah:

1. Id card dari bahan tisu tidak anti air sehingga tidak mudah kering apabila basah terkena air hujan, keringat, dan lain-lain.

2. Lanyard bahan tisu ini hanya bisa di cetak printing saja karena tali jenis tisu tidak bisa dicetak sablon

id card printing

Gambar: contoh tali id card tisu

 

Bikin Tali Id Card Jogja

Untuk Anda yang Ingin membuat lanyard silahkan datang saja ke bikinidcard.com Jogja. Kami merupakan percetakan berbasis digital printing yang mempuh mencetak id card dan tali id card satuan maupun dalam jumlah yang banyak. Office kami berada di Warungboto 1030 RT 38 RW 09, Yogyakarta 55164. Apabila bingung menemukan kantor kami, Anda bisa memanfaatkan Google Maps Retro Card – bikinidcard.com.

Jika Anda berada di luar Jogja seperti Surabaya, Semarang, atau daerah lain di Indonesia, kami melayani pemesanan dengan sistem online. Anda yang berada di Jogja juga bisa memanfaatkan sistem online sehingga Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor kami untuk order tali id card.

Anda bisa memilih menggunakan lanyard bahan tissue maupun polyster untuk menemani hari produktif Anda. Mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing bahan Anda bisa menyesuaikan bahan mana yang nyaman jika Anda pakai.

Tali Id Card Printing

Apabila Anda menginginkan lanyard yang full color mencolok dan eye catching, tali id card cetak printing adalah solusi yang tepat. Anda bisa mencetak logo perusahaan dipadukan warna yang mencolok membuat penampilan Anda lebih keren. Kedua bahan lanyard (bahan tisu dan polyster) bisa dicetak printing.

Kami menggunkan tinta sublim untuk mencetak lanyard printing. Selain tahan air, hasil cetak menggunakan tinta sublime lebih cerah, tajam dan tentunya lebih awet. Tali id card printing cocok untuk pemakaian jangka panjang karena bahannya kuat dan hasil printing yang tidak mudah luntur atau rusak. Anda bisa memesan lanyard printing bahan polyster dengan ukuran 1,5 cm atau 2 cm sedangkan tali id card printing bahan tisu ukuran 2 cm saja. Tali id card printing bisa dipesan secara satuan.

 

Tali Id Card Sablon

Jika Anda adalah tipekal orang yang simple, tali id card sablon bisa menjadi Andalan Anda. Tali id card sablon hanya dapat diaplikasikan pada bahan polyster saja karena bahan tisu sulit untuk disablon. Lanyard dengan cetak sablon terdiri dari 1-3 warna dalam sekali cetak. Karena cetak sablon lebih rumit dibandingkan cetak printing, Anda harus memesannya minimal 50 pcs. Selain itu, tali id card sablon tidak cocok untuk jangka panjang karena tidak seawet tali id card dengan teknik cetak printing. Kami hanya menyediakan tali sablon ukuran 1,5 dan 2 cm.

Lanyard polos juga tersedia dengan variasi warna merah, kuning, orange, hijau, hijau stabilo, biru, ungu, hitam, abu-abu, dan putih. Tali id card polos hanya kami layani untuk tali id card dengan bahan polyster saja. Bahan tisu lebih cocok jika diberi warna dengan teknik printing maupun dengan cetak sablon. Dengan penambahan stopper juga lebih keren dan id card Anda mudah Anda lepas tanpa melepas keseluruhan tali lanyard.

Cara pemesanan lanyard sangat mudah, apalagi jika Anda sudah memiliki file desain. Anda tinggal mengirimkannya ke email @yahoo.com atau retrocard1@gmail.com. Atau langsung datang ke office sesuai alamat yang sudah disebutkan. Kunjungi website kami bikinidcard.com untuk melihat daftar harga lanyard dan temukan desain tali id card keren di akun instagram kami @talilanyard_murah_bagus. Jangan lupa follow akun instagram kami @bikinidcard.com_admin untuk menemukan produk bikinidcard.com yang lain.