Trik dan Teknik Membuat Background Brosur

Tips dan cara membuat background brosur – Bikinidcard.com. Memilih warna background brosur merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang yang hendak mendesain brosur. Kalau warna background dipilih dengan asal-asalan, bisa – bisa tidak sesuai dengan warna font yang dipilih. Tidak hanya tidak cocok tapi juga bisa membuat mata sakit, sehingga orang-orang malas membaca brosur tersebut.

Trik Membuat Background Brosur

  1. Tentukan Isi Brosur

Sebelum membuat background brosur adalah menentukan isi yang akan disampaikan. Apakah ingin berisi dan dipenuhi dengan tulisan, gambar maupun infografis.

Jika sebuah brosur mengandung lebih banyak gambar dibandingkan tulisan, sebaiknya jangan beri tambahan gambar lain yang terlalu banyak, misalkan ornamen – ornamen dengan gaya vintage. Jika ornamen vintage yang ditambahkan terlalu banyak, brosur akan terlihat terlalu ramai dan tidak enak dipandang.

Apabila sebuah brosur lebih banyak berisi tulisan, dapat diberi beberapa objek tambahan agar ruang pada brosur tidak tampak terlalu kosong. Namun, objek tambahan tersebut cukup dijadikan frame, tidak dijadikan background agar tulisan terlihat jelas.

Bila tetap ingin menjadikan objek tersebut sebagai background di bawah tulisan, maka pastikan tulisan dapat dibaca dan tidak menjadi satu dengan objek tersebut.

  1. Sesuaikan Warna Background dengan Warna Font

Pilihlah warna background dengan warna font yang akan dipilih, jangan sampai warna background brosur tabarakan dengan warna font. Jika bertabrakan maka tulisan pada brosur tidak dapat dibaca karena tampak menyatu dengan background.

Misalkan warna background hitam, maka warna font harus yang tampak terang seperti putih maupun biru muda, jangan abu-abu, merah maroon, biru dongker maupun warna-warna gelap. Bila tetap ingin menggunakan warna yang gelap, maka di bawah font harus diberi objek tambahan yang akan membuat tulisan tersebut dapat terbaca.

  1. Simpan Desain Background Brosur dalam Format Warna CMYK

CMYK atau Cyan, Magenta, Yellow, Key (Black) adalah format pewarnaan bagi desain yang akan dicetak. Jika Anda menyimpan desain background brosur dalam format CMYK maka desain yang tampil pada layar komputer dengan yang dicetak pada kertas akan sama (jika berbeda, perbedaannya tidak terlalu jauh).

Sementara itu jika Anda menyimpan desain background brosur dalam bentuk RGB, warna desain yang tampil pada layar komputer dengan yang dicetak pada kertas bisa sangat berbeda. Bahkan, jika Anda menyimpan file pada komputer lalu menyalinnya ke ponsel.

Ketika Anda membuka desain tersebut di ponsel Anda, ketajaman warna yang ditampilkan oleh layar ponsel akan berbeda dengan ketajaman warna yang ditampilkan pada layar komputer.  Maka dari itu, simpanlah desain background brosur dengan format warna CMYK, bukan RGB.

Baca Juga : Cetak Brosur Murah Jogja

Teknik Membuat Background Brosur Keren dengan Corel Draw

Bagi Anda yang belum masih bingung harus membuat atau memilih bacakground brosur yang bagaimana, di bawah ini merupakan contoh background brosur lipat 3 yang bisa Anda tiru.

teknik membuat background brosur keren dengan corel draw 4

teknik membuat background brosur keren dengan corel draw 5

Ukuran desain background tersebut adalah A4 dan dibuat menggunakan Corel Draw. Bagi Anda yang tidak tahu cara membuat background brosur menggunakan Corel Draw, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama buka Corel Draw. Pada tutorial ini Corel Draw yang digunakan adalah Corel Draw X7
  2. Buat dokumen baru dengan detail sebagai berikut:

trik membuat background brosur

  1. Kita akan membagi brosur tersebut menjadi 3 pada setiap halaman/sisinya. Cara memberi warna setiap panel adalah menggunakan Rectangle tools.
  1. Pada sisi pertama kita membutuhkan 2 persegi dengan ukuran yang sama dan persegi kecil. Buat satu rectangle dulu. Terserah ukurannya berapa. Setelah itu buah ukurannya menjadi seperti di bawah:

background brosur keren

Beri warna peach, dengan kode CMYK seperti tampilan berikut:

background brosur

  1. Copy rectangle tersebut, ubah warnanya menjadi hitam.
  2. Lalu buat persegi panjang dengan ukuran seperti gambar berikut:

teknik membuat background brosur keren dengan corel draw

Beri warna yang sama dengan warna persegi pertama.

  1. Bagian tengah panel paling kanan (di atas persegi terakhir) biarkan berwarna putih, tapi jika Anda hendak mengonversi file CDR ke format PNG, sebaiknya tambahkan persegi lalu ubah warna persegi tersebut menjadi putih. bagian tersebut akan kita beri suatu tulisan (sesuaikan dengan tulisan yang Anda inginkan). Bagian atasnya beri suatu foto.
  2. Kita pindah ke sisi brosur yang lain. Tidak perlu membuat file baru. Pada file yang sama cukup tambahkan halaman lembar kerja baru caranya dengan meng-klik icon plus (+) yang terdapat di bagian bawah software Corel Draw. Jika bingung icon tersebut seperti yang dilingkari warna merah:

teknik membuat background brosur keren dengan corel draw 2

  1. Buat persegi lagi dengan ukuran sebagai berikut:

teknik membuat background brosur keren dengan corel draw 3

  1. Beri warna peach kodenya sesuai dengan yang tadi telah disebutkan. Copy dan paste dua kali. Lalu ubah warna kedua persegi tersebut menjadi warna hitam. Atur posisi hingga seperti contoh background brosur di atas.
  2. Bagian bawah persegi tersebut biarkan berwarna putih.
  3. Bagian atas persegi tambahkan foto sesuai keinginan Anda.
  4. Jika sudah selesai jangan lupa disimpan.
  5. Background brosur sudah jadi, tinggal Anda beri tambahan teks maupun gambar-gambar pendukung lainnya.

Dari contoh background tersebut, dapat Anda amati bahwa warna background brosur dengan warna font tidak ada yang bertabrakan. Tulisan dapat dibaca dengan jelas dan warnanya tidak membuat mata sakit. Objek-objek lain yang terdapat pada contoh desain brosur tersebut dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Posisi layout juga dapat Anda sesuaikan, tidak harus persis seperti contoh di atas.

Daftar harga cetak Brosur

Langkah-langkah membuat background brosur tersebut dapat Anda terapkan untuk membuat background brosur makanan, brosur sekolah, salon dan brosur-brosur lainnya. Jika Anda ingin cetak brosur dengan hasil yang memuaskan, Bikinidcard.com adalah jawaban yang tepat lho.

Supaya mudah di-edit­ saat ada perubahan desain, simpan dan kirim dengan format corel draw ya, Selamat mencoba!

membuat background brosur

0.00
9.8

Rating

9.8/10