Trik Menabung yang Jitu untuk Karyawan dan Pelajar

Trik Menabung untuk Karyawan dan PelajarBikinidcard.com. Tidak bisa dipungkiri kalau menabung adalah hal yang sangat penting baik siapapun. Baik orang dewasa yang sudah bekerja dan berkecukupan sampai anak – anak yang masih minta orang tua. Tidak peduli juga dengan status mereka, masih pelajar, bekerja, lajang maupun menikah.

trik menabung yang jitu untuk karyawan dan pelajar

Tujuan dari kegiatan ini tentunya sangat banyak, salah satunya bisa membeli barang atau menggunakan jasa yang diinginkan, liburan ke luar negeri, sebagai simpanan supaya saat dibutuhkan tidak perlu berhutang sana sini. Nah, kali ini, kita kasih trik menabung yang jitu untuk  karyawan maupun pelajar.

Trik Menabung untuk Karyawan dengan Gaji UMR

Trik menabung yang pertama, untuk karyawan dengan gaji UMR (walaupun harusnya dilakukan juga oleh pemilik usaha atau karyawan yang berlimpah uang). Berapa pun uang yang ditabung, akan sangat berguna untuk membayar barang atau jasa di masa yang akan datang.

trik menabung untuk karyawan dengan gaji umr

Nah, berikut ini adalah tips anda triknya:

  1. Bikin Catatan Pengeluaran Harian

Trik menabung yang pertama adalah mencatat pengeluaran harian. Catat berapa uang makan yang Anda keluarkan setiap hari, jika Anda gemar membeli camilan maupun jajan gorengan, cilok maupun jajanan pinggir jalan lainnya, catat seluruh uang yang dikeluarkan dalam sehari.

  1. Bikin Catatan Kebutuhan Bulanan

Selanjutnya adalah buat list kebutuhan bulanan yang rutin Anda beli seperti bensin, beras, bayar kos / kontrakan, uang listrik, peralatan mandi dan lainnya. Usahakan untuk tidak besar pasak daripada tiang ya.

  1. Hitung Pengeluaran Harian dan Pengeluaran Bulanan

Total seluruh pengeluaran harian, lalu tambahkan total pengeluaran harian dengan pengeluaran bulanan.

  1. Kurangi Gaji dengan Pengeluaran

Kurangi gaji Anda dengan total pengeluaran harian ditambah pengeluaran bulanan. Jika masih ada sisa gaji maka Anda dapat menabung sisa gaji tersebut, berapa pun jumlahnya,

  1. Seleksi Pengeluaran yang Tidak Penting

Jika Anda merasa sisa gaji yang dapat ditabung hanya sedikit, sedangkan Anda sudah tidak sabar untuk membeli sesuatu, maka Anda harus menyeleksi pengeluaran yang tidak terlalu penting. Misalkan jajan makanan di pinggir jalan, jika dalam seminggu bisa beli jajan sebanyak 3 kali, maka kurangi kebiasaan tersebut menjadi seminggu sekali.

Jika sebulan sekali Anda pasti menonton film di bioskop, maka tahan keinginan Anda untuk menonton film bioskop untuk beberapa bulan ke depan hingga tabungan Anda cukup untuk membeli barang yang Anda inginkan.

Baca Juga : Jual Souvenir Celengan Kaleng Murah

  1. Ubah Menu Makanan

Agar uang yang Anda tabung makin banyak, coba ubah menu makanan Anda. Misalkan Anda suka membeli makan di warung, coba untuk memasak sendiri agar lebih hemat. Apabila tidak sempat maupun tidak bisa masak, maka coba masak nasi sendiri dan tetap membeli lauk serta sayur di warung makan.

Anda juga bisa mengubah lauk harian Anda, jika biasanya Anda membeli ayam, maka ganti dengan tahu, tempe maupun telur agar lebih hemat.

  1. Gunakan Celengan Kaleng

Sebagai seorang karyawan mungkin Anda lebih suka menabung di bank. Namun tahukah Anda, jika menabung di bank justru membuat tergoda untuk belanja online. Maka dari itu, sebaiknya menabung dengan celengan kaleng saja.

Simpanlah uang tabungan Anda dalam celengan kaleng yang ada kunci gemboknya agar tangan Anda tidak tergoda untuk mengambil uang yang berada di dalam celengan tersebut.

Akan lebih baik lagi, jika uang yang Anda tabung adalah uang receh karena Anda pasti akan malas mengambilnya untuk jajan. Anda juga akan merasa malu jika harus membawa segepok uang receh untuk berbelanja. Uang receh tersebut bisa berupa uang koin maupun uang pecahaan seribuan, dua ribuan maupun lima ribuan.

Uang kertas dengan pecahan tersebut juga akan membuat Anda merasa malu untuk menggunakannya berbelanja. Misalkan Anda tergoda untuk membeli pakaian seharga Rp 100.000. Meskipun di tabungan Anda ada uang sejumlah Rp 100.000, tapi jika uang tersebut terdiri dari uang kertas seribuan dan dua ribuan, Anda pasti akan merasa malu untuk membawanya untuk berbelanja di distro, butik maupun toko pakaian lainnya.

Itulah beberapa trik menabung untuk karyawan yang memiliki gaji UMR. Trik tersebut dapat diterapkan oleh Anda yang berniat menabung untuk membeli mobil, menabung untuk umroh, menabung untuk beli rumah dan untuk keperluan apapun.

Selain trik menabung untuk karyawan dengan gaji UMR, pada artikel ini juga akan dibahas trik menabung untuk pelajar.

Baca Juga : Daftar Harga Celengan Kaleng Di Bikinidcard.com

Trik Menabung untuk Pelajar

trik menabung untuk pelajar

Kamu seorang pelajar, butuh HP, laptop, sepatu maupun kebutuhan lainnya, tapi harus beli sendiri? Nggak masalah! Kamu bisa menabung untuk membeli barang-barang yang kamu perlukan jika kamu mengikuti trik menabung berikut:

  1. Bawa Bekal dari Rumah

Trik paling ampuh supaya kamu bisa menabung adalah dengan membawa bekal dari rumah. Misalkan kamu diberi uang jajan Rp 10.000 dan kamu diantar-jemput sekolah oleh orangtuamu. Jika kamu tidak bawa bekal kemungkinan kamu akan menghabiskan Rp 5000 hingga Rp 7000. Kamu hanya bisa menabung sisa uang jajanmu. Namun jika kamu membawa bekal, maka kamu bisa menabung seluruh uang jajanmu.

Mari kita berhitung. Misalkan kamu ingin membeli sepatu seharga Rp 200.000. Jika kamu tidak bawa bekal, maka kamu hanya bisa menabung katakan Rp 3000 sehari. Kamu sekolah dari hari Senin hingga Jumat. Maka seminggu kamu hanya bisa menabung Rp 15.000, dalam sebulan uang yang terkumpul hanya Rp 60.000.

Namun, jika kamu membawa bekal maka dalam seminggu kamu bisa menabung Rp 50.000. Dalam sebulan uang yang terkumpul sudah Rp 200.000. Jadi, jika kamu membawa bekal sendiri, kamu hanya perlu menabung selama sebulan, sedangkan jika kamu beli makan di sekolah maka kamu harus menabung selama 3 bulan lebih 2 minggu.

  1. Berangkat Sekolah dengan Sepeda

Lalu bagaimana jika kamu sudah bawa bekal, tapi uang jajanmu adalah uang transport. Misalka uang sakumu sehari Rp 10.000, sekali naik busway habis Rp 4.000, uang yang kamu keluarkan untuk berangkat dan pulang sekolah adalah Rp 8.000.

Nah, jika kamu punya sepeda. Maka kamu bisa berangkat sekolah dengan sepeda supaya lebih hemat.

“Tapi, kan, sekolahku jauh. Capek, dong.”

Kamu nggak harus berangkat dan pulang sekolah naik sepeda setiap hari, kok. Seminggu sekali juga bisa. Jadi misalkan dalam seminggu kamu sekolah 5 hari. Jika kamu naik busway, sisa uang jajanmu adalah Rp 2.000. Tabunganmu selama seminggu berarti hanya Rp 10.000.

Tapi jika selama 4 hari kamu berangkat dan pulang sekolah naik busway, sedangkan dalam sehari naik sepeda. Maka dalam seminggu kamu bisa menabung Rp 18.000. Selisihnya lumayan, bukan?

Trik ini juga berlaku jika kamu naik transportasi umum lainnya seperti ojek online, angkot maupun kereta.

Jika kamu punya sepeda lipat, kamu juga bisa mengakalinya dengan naik kendaraan umum sekali jalan (misalkan berangkatnya atau pulangnya saja) lalu perjalanan lainnya menggunakan sepeda.

Misalkan jika kamu pulang-pergi dengan busway maka kamu akan menghabiskan Rp 8000. Namun, jika berangkatnya kamu menggunakan busway dan pulangnya menggunakan sepeda lipat (maupun sebaliknya) maka kamu hanya perlu mengeluarkan Rp 4000 dalam sehari

  1. Nebeng Teman

Jika tidak punya sepeda, maka kamu bisa nebeng teman yang rumahnya searah denganmuTapi, jangan memaksakan temanmu untuk mengantar – jemputmu setiap hari, ya. Cukup sesekali saja supaya dia tidak jengkel!

  1. Puasa Makan Siang

Jika kamu sudah tidak sabar untuk membeli barang yang kamu perlukan, maka kamu bisa puasa makan siang. Artinya, kamu tidak perlu makan siang cukup sarapan di pagi hari (bukan sebelum subuh) lalu sorenya makan di rumah.

Nah, itulah trik menabung mingguan maupun bulanan untuk para pelajar yang ingin membeli suatu barang. Selamat mencoba, semoga tabunganmu segera terkumpul dan barang yang kamu inginkan bisa segera kamu beli!

Trik Menabung

0.00
9.8

Rating

9.8/10