Pengertian Tumbler, Jenis dan Contohnya

Bikinidcard.com –  Belakangan ini berbagai online shop banyak yang menjual berbagai jenis tempat minum, salah satu di antaranya yang paling laris adalah tempat minum yang dikenal dengan tumbler. Bukan hanya online shop, supermarket dan toko perabotan rumah tangga offline pun juga banyak menjual jenis tempat minum ini.

tumbler

Pengertian Tumbler

Menurut Wikipedia bahasa inggris, tumbler artinya adalah wadah minum yang memiliki dasar rata dan biasanya dibuat dari bahan plastic atau kaca. Namun seiring berjalannya waktu, wadah minum jenis ini juga dibuat dari bahan stainless dan dilengkapi dengan vacuum sehingga bisa menyimpan kalor dalam kurun waktu tertentu.

Di tahun 2019 sendiri, tumbler ini menjadi sangat booming di kalangan anak kecil, muda hingga dewasa, terutama yang dibuat dari bahan stainless. Sedangkan yang dibuat dari bahan plastic lebih digemari oleh pihak tertentu seperti instansi, perusahaan, organisasi maupun event sebagai souvenir dan merchandise. Banyak juga yang menggunakannya sebagai kado di hari penting teman, kerabat maupun pasangan.

Fungsi Tumbler

pengertian tumbler

Jika dipisah-pisah, tempat minum ini memiliki banyak sekali fungsi dan manfaat bagi hamper seluruh kalangan masyarakat. Dari masyarakat umum, pengusaha, mahasiswa, organisasi maupun komunitas. Supaya lebih jelas, berikut ini penjelasannya.

  1. Sarana Branding dan Promosi

Tumbler ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana branding maupun promosi seperti halnya brosur, poster, spanduk hingga billboard.

Cara menjadikannya sebagai alat branding maupun promosi cukup mudah yaitu dengan mencetak logo, nama dan tag line suatu perusahaan, lembaga maupun merek dagang pada permukaan luar. Setelah dicetak kemudian dibagikan seacra gratis kepada para karyawan, klien maupun konsumen perusahaan, lembaga maupun merek dagang tersebut.

Bila setelah mendapatkan media branding unik tersebut mereka membawanya ke tempat-tempat yang ramai seperti pusat wisata, tempat makan, dan sebagainya. Ketika ia mengeluarkan tumbler tersebut, orang-orang di sekitarnya pasti ada yang tidak sengaja melihatnya lalu tanpa sadar menatap desain yang tercetak tersebut. Dari sana, mereka akhirnya mendapatkan informasi mengenai keberadaan perusahaan, lembaga maupun merek dagang yang bersangkutan.

  1. Souvenir dan Merchandise

Selain mampu difungsikan sebagai sarana branding maupun promosi, ternyata layak juga dijadikan sebagai souvenir acara maupun merchandise komunitas/organisasi.

Bila dijadikan sebagai souvenir acara, pada permukaan wadah minum ini bisa dicetak nama acara maupun hal lain yang berkaitan dengan acara tersebut. Sementara jika dijadikan sebagai merchandise komunitas maka bisa dicetak nama komunitas tersebut.

  1. Jadi Kado Istimewa

Jika sebentar lagi orang terdekat Anda ada yang merayakan ulang tahun, graduation, anniversary dan lainnya, tidak ada salahnya Anda memberikan hadiah yang berkesan. Bisa berupa karangan bunga, binatang peliharaan, perhiasan dan sebagainya. Saking banyaknya, pasti bingung apalagi yang diberi hadiah adalah laki-laki.

Tapi, tidak usah bingung lagi, Anda bisa memberikan tumbler dari bahan plastic, kaca maupun stainless. Bisa dicetak desain ucapan selamat ulang tahun atau dicetak foto lucu mereka. Jika Anda malah bingung memilih jenis bahan apa yang cocok, berikut ini penjelasan jenis tempat minum berdasarkan bahannya.

Baca Juga : Cara Memilih Tumbler yang Bagus

Jenis Tumbler Apa yang Cocok untuk Kebutuhanku??

fungsi tumbler

Seperti yang sudah disebutkan di atas, berdasarkan bahan pembuatannya, ada 3 jenis bahan tempat minum yang bisa Anda pilih yaitu, plastic, kaca dan bahan stainless steel. Berikut penjelasan satu persatu,

1. Tumbler Plastik

Seperti halnya plastic pada umumnya yang tidak tahan panas, jenis tempat minum ini juga tidak tahan panas. Jadi, memang paling pas digunakan untuk wadah air mineral, minuman bersuhu ruangan maupun minuman dingin. Namun bila digunakan untuk menyimpan minuman, ia tidak bisa menjaga suhu minuman tersebut.

2. Tumbler Kaca

Seperti kita tahu, bahan kaca juga tidak bisa digunakan untuk wadah air panas karena akan retak bahkan pecah. Namun jika untuk wadah minuman hangat maupun suam-suam kuku, tidak apa-apa. Sama seperti wadah minum plastic yang tidak bisa mempertahankan suhu minuman dingin, jenis ini juga tidak bisa menahan suhu minuman hangat.

3. Tumbler Stainless Steel

Bahan stainless steel memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh dua jenis bahan tempat minum di atas. Antara lain, antikarat karena dibuat dari bahan logam stainless. Berbeda dengan tempat dari plastic dan dari kaca, tempat minum dari bahan stainless steel tahan air panas, ia tidak akan retak maupun pecah jika digunakan untuk menyimpan air panas.

Beberapa tempat minum bahan stainless steel tidak hanya kuat menahan air panas, tapi juga bisa menahan suhu panas tersebut. Lamanya suhu panas air pada setiap bentuk dan jenis vacuum berbeda-beda, ada yang hanya mampu menyimpan selama 4 hingga 6 jam ada yang mampu menyimpan air panas hingga 14 jam.

Di antara ketiga jenis di atas, tempat minum bahan plastic dan stainless adalah jenis yang paling diminati karena tahan banting. Jadi tak heran jika di pasaran dua jenis tersebutlah yang paling mudah ditemukan.

Baca Juga : Tumbler Promosi Jual Tumbler Promosi untuk Usaha dan Komunitas Anda

Bikin Tumbler Untuk Promosi Usaha, Komunitas dan Event

Tertarik bikin tumbler untuk mempromosikan usaham komunitas maupun event yang akan Anda selenggarakan? Anda dapat memesannya di Bikinidcard.com.

Bikinidcard.com merupakan jagonya bikin souvenir dan merchandise untuk promosi, komunitas maupun acara. Tumbler yang kami gunakan merupakan tumbler plastic dan tumbler stainless steel.

Ukuran dan Kapasitas

Jenis tempat minum plastic buatan kami juga dikenal dengan nama “tumbler insert paper”. Kapasitas air tempat minum ini kurang lebih 460 ml. Sedangkan tumbler stainless steel tersedia dalam 5 ukuran yaitu:

  • TL 001 berkapasitas kurang lebih 300ml
  • TL 002 berkapasitas kurang lebih 600ml
  • TL 003 berkapasitas kurang lebih 450ml
  • TL 004 berkapasitas kurang lebih 450ml
  • TL 005 berkapasitas kurang lebih 300ml

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap silakan hubungi customer service kami pada nomor 0822-4303-3334 atau datang langsung ke kantor kami yang berlokasi di Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun, Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171.

Tumbler

0.00
9.8

Rating

9.8/10