5 Tips Cara Merawat Flashdisk

Merawat flashdiskbikinidcard.com. Saat ini flashdisk telah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki oleh sebagian orang, terutama oleh para pelajar, mahasiswa, dan pekerja kantoran.

Karena memiliki fungsi yang sangat penting untuk mendukung aktivitas kerja dan presentasi inilah Anda mesti merawatnya dengan baik. Tidak hanya karena itu, beberapa ulasan berikut akan menerangkan alasan mengapa Anda harus merawat flashdisk.

merawat flashdisk

Apa Pentingnya Merawat Flashdisk?

apa pentingnya merawat flashdisk

  1. Merawat Flashdisk supaya Tidak Rusak

Flashdisk yang tidak dirawat dengan benar bisa cepat rusak. Flashdisk yang rusak tidak akan bisa dideteksi oleh computer, laptop maupun gadget lainnya. Kalau flashdisk tidak dapat dibaca, tentu sudah tidak bisa digunakan untuk menyimpan data, kita harus membeli flashdisk baru.

  1. Merawat Flashdisk supaya Data Tidak Hilang

Flashdisk yang tidak dirawat dengan benar bisa terkena virus. Virus-virus tersebut bisa membuat data kita hilang maupun corrupt. Tentunya ini akan membuat semua pekerjaan Anda berantakan bukan? Contohnya, data yang ada dalam flashdisk tersebut adalah data presentasi yang belum anda backup. Jika data ini hilang atau file-nya rusak, bagaimana kabar Anda? Apakah masih baik – baik saja?

Dua alasan ini tentu cukup membuat Anda merasa sangat butuh untuk merawatnya. Lantas, bagaimana caranya? Jangan buru-buru membaca artikel ini, bacalah dengan tenang dan tidak terburu-buru ya.

Baca Juga : Harga Cetak Flashdisk Kartu Murah

Tips Cara Merawat Flashdisk

tips cara merawat flashdisk

Lalu, bagaimana, sih cara merawat flashdisk agar awet hingga bertahun-tahun? Berikut tips cara merawat flashdisk yang benar.

  1. Pasang dan Cabut dengan Hati-Hati

Banyak orang asal memasang flashdisk ke USB port computer/laptop. Belum pas, tetapi sudah didorong. Kebiasaan itu bisa membuat pin-pin USB pada flashdisk lepas. Jika salah satu pin terlepas flashdisk tidak akan terkoneksi dan terbaca oleh laptop, computer maupun gadget lainnya.

Tidak hanya asal memasang, kebiasaan asal mencabut flashdisk juga dapat membuat USB chip terlepas dari badan flashdisk. Jika USB chip terlepas dari badan flashdisk akan mudah terselip maupun terjatuh karena ukurannya sangat kecil. Anda harus menyimpannya di tempat khusus yang ukurannya agak besar seperti kaleng bekas permen peppermint.

  1. Jangan Tancapkan Pada Sembarang Komputer

Menancapkan flashdisk pada sembarang komputer maupun laptop, apalagi yang digunakan secara massal, bisa membuat flashdisk terserang virus. Jika sudah terserang virus, data bisa tersembunyi (seolah-olah hilang, padahal masih ada dalam flashdisk, hanya saja disembunyikan oleh virus), corrupt (tidak bisa dibuka) bahkan benar-benar hilang.

Jika data tersembunyi maupun corrupt Anda masih bisa untuk memperbaikinya, tapi jika benar-benar hilang maka Anda harus menyalin lagi data dari tempat penyimpanan asalnya.

  1. Scan Secara Rutin

Bagi Anda yang kerap menancapkan flashdisk di sembarang komputer, Anda wajib untuk menscan flashdisk tersebut dengan anti-virus. Tujuannya tentu untuk memastikan apakah flashdiskmu terserang virus atau tidak. Jika terserang virus Anda harus segera membersihkannya dengan anti-virus.

Jika Anda jarang menghubungkan flashdisk tersebut ke sembarang komputer, sebaiknya Anda tetap menscan flashdisk tersebut sehabis menancapkannya pada komputer maupun laptop orang lain.

  1. Jauhkan dari Air

Suka bekerja sambil minum kopi, teh, maupun minuman lain? Hati-hati jika Anda sedang memegang flashdisk. Pastikan flashdisk Anda aman dari minuman tersebut agar jika Anda tidak sengaja menumpahkan minuman itu, flashdisk Anda tidak basah.

Jika flashdisk basah Anda harus langsung mengeringkannya dengan tisu maupun kipas angin, jangan gunakan hair dryer. Begitu kering, coba tancapkan pada komputer/laptop untuk memastikan apakah flashdisk tersebut masih bisa dibaca oleh komputer/laptop atau tidak.

Bila keadaan flashdisk masih basah maupun lembap, jangan menghubungkannya pada komputer, laptop, HP maupun gadget lain. Ini akan berakibat rusaknya port USB komputer, laptop, HP maupun gadget lainnya. Jika port USB perangkat elektronik Anda yang rusak, maka Anda harus membeli port USB baru. Padahal port USB beberapa barang elektronik biasanya menjadi satu dengan port lainnya, sehingga Anda juga harus mengganti port-port lain yang tidak rusak.

  1. Jangan Tancapkan Terlalu Lama

Cara merawat flashdisk agar awet hingga bertahun-tahun yang terakhir adalah jangan tancapkan falshdisk terlalu lama pada suatu barang elektronik. Jika sudah tidak menyalin data, segera lepas flashdisk tersebut dengan cara di-eject melalui menu perangkat elektronik, baru menarik flashdisknya.

Flashdisk yang terlalu lama ditancapkan pada perangkat elektronik akan cepat panas. Jika cepat panas maka flasdhisk cepat rusak. Sementara jika Anda langsung melepasnya tanpa meng-eject flashdisk tersebut, data pada flashdisk tersebut bisa hilang baik seluruh data maupun datang yang baru saja disalin.

Itulah 5 tips cara merawat flashdisk agar awet hingga bertahun-tahun. Selamat mencoba!

Semoga flashdisk Anda awet hingga bertahun-tahun. Jangan lupa untuk menyimpannya kembali ditempat yang aman setelah pemakaian ya, Anda bisa menggunakan gantungan flashdisk dan menggantungkannya di tempat khusus. Bisa juga menggunakan flashdisk gantungan kunci, maupun flashdisk kartu supaya lebih mudah menyimpannya.

Jika Anda membutuhkan flashdisk custom untuk perusahaan, hubungi saja customer service kami di 0899 5178 302.

Merawat flashdisk

0.00
9.8

Rating

9.8/10
logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera