Apa Saja Ciri Komunitas?

Bikinidcard.com – Pernah tidak sih Anda penasaran apa saja ciri komunitas dan apa yang membedakannya dengan organisasi? Apakah sekelompok orang dengan nama yang sama disebut dengan komunitas? Atau apakah Anda dan teman-teman yang memiliki hobi sepeda bisa dikatakan sebagai komunitas? Pada artikel kali ini, kami ingin share mengenai ciri – ciri komunitas dan beberapa contohnya.

ciri-komunitas

Sudah tidak asing kita tahu tentang Komunitas di tengah masyarakat di Indonesia. Banyak sekumpulan orang yang menyebut kelompok mereka sebagai komunitas. Entah karena memiliki hoby yang sama, kota asal yang sama, maupun nama yang sama. Bahkan kelompok orang yang menggemari artis tertentu juga menyebut mereka sebagai komunitas. Tidak jarang juga kelompok komunitas ini punya sebutan atau nama khusus supaya lebih mudah dikenal.

Beberapa ahli kemudian mendefinisikan apa itu komunitas, termasuk KBBI. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Komunitas adalah kelompok organisme (orang dan sebagainya) yang hidup, saling berinteraksi di dalam daerah tertentu. Kelompok orang ini, berkumpul karena punya ketertarikan atau kepedulian yang sama atas sesuatu hal. Dapat disimpulkan, bahwa komunitas ini memiliki tujuan khusus antara lain:

  • Bisa membantu satu sama lain dalam memproduksi sesuatu atau memenuhi tujuan yang telah ditentukan
  • Mengumpulkan anggota yang punya minat yang mirip dan benar-benar bisa diandalkan untuk mencapai tujuan
  • Menentukan media yang pas, yang ingin dicapai seperti; dimana tempat untuk berkumpul, seragam dan lainnya.

Ciri Komunitas yang Perlu Anda Ketahui

Menurut penjelasan di atas, kita ketahui kalau komunitas adalah sekelompok orang yang berkumpul. Tidak jarang, kita sebagai orang yang tidak masuk dalam komunitas tersebut, belum tahu apa saja ciri komunitas yang sebenarnya. Kita mungkin juga menganggap orang-orang tersebut melakukan kegiatan tidak berguna. Supaya Anda tidak negative thinking terus, beberapa ciri komunitas yang perlu Anda ketahui antara lain:

  1. Punya Kesatuan Hidup Teratur

Pertama, ciri komunitas yang perlu Anda ketahui adalah komunitas harus punya kesatuan hidup yang teratur untuk setiap anggotanya. Maksudnya, dalam satu kelompok tentu punya keteraturan hidup, seperti rasa kekeluargaan, simpati, empati dan masih banyak lagi.

  1. Teritorial

Ciri komunitas yang kedua adalah berdasarkan tempat asal dari anggotanya. Komunitas sosial ini bisa disebut juga dengan masyarakat setempat karena punya tempat adalah atau kampung tempat tinggal. Karena hal ini, mahasiswa dari kota A yang merantau dan menempati asrama bisa disebut juga dengan komunitas.

  1. Memiliki Sifat yang Nyata atau Ada

Komunitas dapat ditemui di kehidupan nyata kita, mudah dikenali dan diketahui oleh pihak lainnya. Baik itu formal maupun non-formal.

  1. Terdapat Hubungan Timbal Balik

Dalam sebuah komunitas, antar anggotanya harus mempunyai hubungan timbal balik yang muncul dan dipengaruhi oleh kemauan tinggi pada setiap individunya.

  1. Memiliki Faktor yang Sama

Kelompok masyarakat yang membentuk satu komunitas tentunya punya faktor yang sama. Sebagai contoh, mereka punya rasa senasib, kesamaan ideologi maupun pandangan politik, tempat tinggal yang sama, dan lainnya.

  1. Punya Struktur, Aturan dan Pola Perilaku

Seperti halnya sebuah organisasi, ciri komunitas yang baik adalah adanya pembagian tugas dalam menyelesaikan masalah atau pengelolaan suatu hal sehingga setiap anggota memiliki peran dan tanggung jawab di dalam kelompok tersebut.

Demikian beberapa ciri komunitas yang musti Anda ketahui. Agar Anda dan teman-teman berkomunitas dengan baik dan selalu tumbuh, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut:

  • Tetapkan tujuan untuk berkomunitas sesuai dengan visi dan misi
  • Ciptakan struktur kepengurusan dan sistem regenerasi, seperti organisasi maupun perusahaan, seperti ketua, bendahara, korlab dan lainnya
  • Setelah membentuk kepengurusan, jangan lupa untuk mengadakan sistem regenerasi. Bisa dilakukan per-tahun, dua tahun atau sesuai kesepakatan
  • Sebagai ketua, Anda perlu mempersiapkan program komunitas. Baik itu program untuk internal anggota, atau outing alias kegiatan eksternal.
  • Tidak hanya program, Anda juga musti membangun dan menyepakati keuangan bersama. Keunangan ini bisa berupa iuran bersama, kas bulanan, donator maupun sponsorship.
  • Membangun relasi atau berkolaborasi dengan pihak lain. Bisa dengan perusahaan, komunitas dari kota lain, rumah sakit, instansi dan lainnya.
  • Memanfaatkan media sosial untuk saling berkomunikasi sesame anggota maupun mempromosikan prodgram ke masyarakat yang lebih luas. Siapa tahu, masyarakat tertarik bergabung dengan komunitas Anda, bahkan menjadi donator untuk mendukung program komunitas.
  • Buat ketentuan, kode etik supaya mtatap menjadi komunitas yang baik di mata masyarakat
  • Jangan lupa dengan branding komunitas melalui merchandise atau seragam yang digunakan saat outing.

Jika Anda mencari percetakan atau vendor untuk cetak kartu member, merchandise atau media promosi cetak lainnya, Bikinidcard.com siap membantu. Mau tahu apa saja produk kami? Kunjungi Website Bikinidcard.com atau menghubungi Customer Service langsung.

Semoga artikel tentang ciri komunitas dan tips mengelolanya ini bermanfaat ya! Do’a kami, supaya komunitas Anda semakin besar dan terus awet. Sukses selalu 😊

z

logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera