Digital Printing – Mengenal Secara Singkat Percetakan Masa Kini

Bikinidcard.com – Digital Printing. Untuk Anda yang ada di Jogja, Saat Anda mencari percetakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis atau acara, pasti Anda mencarinya dengan kata kunci “Percetakan Terdekat” maka Google akan menunjukkan beberapa rekomendasinya di dekat posisi Anda saat ini, termasuk Bikinidcard.com.

digital-printing

Beberapa rekomendasi tersebut biasanya adalah percetakan yang melayani digital print, percetakan offset bahkan tempat fotocopy. Lantas mana yang paling Anda butuhkan? Dari ketiga jenis percetakan di atas, kita bahas salah satunya yuk, yaitu Percetakan Digital Printing. Supaya Anda lebih dekat dan memahami tentang jenis percetakan satu ini.

Pengertian Digital Printing

Jika dilihat dari pengertiannya, Digital printing adalah metode dalam percetakan modern yang melibatkan teknik digital sebagai media transfer materi ke media percetakan. Peralatan yang digunakan untuk menstransfer ini antara lain, komputer dan mesin printing digital. Sedangkan media percetakannya adalah kertas, kaca, keramik, kayu dan masih banyak lagi.

Dalam sejarahnya, digital printing ini berkembang sejak tahun 1990-an, lebih tepatnya di tahun 1993. Pada tahun tersebut, mesin digital print pertama di dunia mengeluarkan produknya yang dinamai dengan Indigo. Nama Indigo sendiri diiinspirasi dari perusahaan yang didirikan oleh Beny Landa pada tahun 1977 yang memiliki tujuan untuk mengembangkan mesin fotokopi tercepat. Seiring berkembangnya waktu, Benny Lannda menemukan kalau tinta yang digunakan pada mesin fotokopinya bisa digunakan juga pada mesin printer yaitu Elektroink.

Hingga saat ini, mesin digital print lebih berkembang dan bisa digunakan untuk mencetak media dari bahan semi plastik untuk luar ruangan, seperti banner, baliho, spanduk dan lainnya. Sedangkan produk yang berukuran kecilnya juga sangat beragam dari mulai cetak kertas seperti berosur, ID Card, Tali ID Card hingga souvenir seperti Mug.

Kelebihan dan Kekurangan Digital Printing

Setiap mesin cetak pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga mesin tersebut digunakan secara khusus sehingga bisa dikelompokkan jadi jenis percetakan tersendiri. Tidak ketinggalan mesin digital print, yang memiliki banyak kelebihan dan beberapa kekurangan. Berikut Penjelasannya

Kelebihan Digital Print

  1. Dalam pengoperasiannya, mesin digital print ini bisa diatur menggunakan software komputer sehingga proses pengerjaannya bisa jauh lebh cepat.
  2. Selain cepat, kepasitas produk yang akan dicetak bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  3. Karena bisa mencetak produk sesuai kebutuhan, client bisa mendapatkan produk proofing untuk dinilaikan sehingga hasilnya lebih sesuai saat cetak masal
  4. Mesin cetak ini mampuh mencetak bahan yang sama dengan mesin cetak offset sehingga prduknya jauh lebih beragam.

Kelebihan-kelebihan di atas juga mempengaruhi kepuasan pelanggan atau client. Beberapa manfaat yang dirasakan oleh client antara lain:

a. Waktu Cetak yang Relatif Lebih Cepat dan Mudah

Manfaat yang pertama adalah efisiensi waktu. Berbeda dengan cetak manual yang harus membuat frame satu persatu untuk setiap desain, mesin ini bisa mencetak lebih cepat karena hanya membutuhkan satu komputer dan printer digital sehingga peroduknya lebih cepat jadi.

b. Bisa Order Lewat Online

Berkat kecanggihannya, percetakan digital print menawarkan cetak melalui online sehingga client lebih mudah untuk pesan dan anti-ribet. Percetakan yang menawarkan cetak online ini beragam, ada yang memasang template ada juga yang memberikan kemudahan penyerahan desain lewat aplikasi chat dan email, seperti Bikinidcard.com

c. Hasil Cetak Lebih Tajam

Sebagai client, pasti Anda seutu kalau hasil cetak yang Anda inginkan harus tajam atau tidak blobor tintanya. Dengan operator yang tepat dan mesin digital print yang canggih, hasil cetak desain pada produk tentu sesuai yang diinginkan. Contoh produk digital print adalah ID Card, Hasil cetaknya tajam dan warna lebih cerah sesuai ekspektasi,

d. Harga Terjangkau

Dengan proses yang mudah, simple dan metode digital yang bisa dibilang instan, tentu percetakan akan menawarkan harga yang lebih terjangkau.

Kekurangan Cetak Digital Print

Seperti peribahasa “Tidak ada gading yang tak retak” mesin digital print juga punya beberapa kekurangan yang dirasakan oleh pemilik percetakan secara langsung. Beberapa kekurangan mesin digital print antara lain:

  1. Harga perangkat kerasnya yang mahal
  2. Semakin membuat pelaku cetak manual atau konvensional tersisihkan. Karena mesin digital print bisa mencetak hasil yang lebih baik
  3. Membutuhkan anggaran lebih untuk perawatan mesin supaya lebih awet dan tidak perlu beli lagi.

Pilih Percetakan yang Tepat untuk Kebutuhan

Jika Anda butuh percetakan digital printing yang melayani cetak online maupun offline dengan hasil memuaskan, Bikinidcard.com bisa jadi solusinya. Kami punya banyak layanan cetak produk custom untuk kebutuhan perusahaan, instansi, organisasi, komunitas maupun event.

Yuk Hubungi Customer Service atau kunjungi website kami, bikinidcard.com untuk informasi selengkapnya mengenai produk-produk yang kami miliki.

Semoga bermanfaat

logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera