Ganci

Kata Ganci Sebagian besar dari kita pasti masih asing dengan istilah tersebut. Namun, bila Anda mengetahui kepanjangan dari kata tersebut, pasti Anda tidak merasa asing lagi. Lalu, Ganci itu sebenarnya apa?

ganci

Pengertian Ganci

Ganci adalah kependekan dari gantungan kunci. Sebagian orang memilih menyebut gantungan kunci lebih disingkat karena lebih ringkas dalam menyebut maupun menuliskannya.

Gantungan kunci ini sebenarnya tidak hanya bisa Anda beli di toko khusus aksesori tapi juga bisa dibeli di hampir seluruh supermarket maupun toko alat tulis. Bahkan beberapa jasa fotokopi juga masih banyak yang menjualnya.

Walaupun sama-sama disebut dengan gantungan kunci, ternyata memiliki jenis dan karakter yang berbeda-beda. Mulai dari bahannya, ukuran, bentuknya bahkan harganya juga menyesuaikan.

Gantungan kunci sendiri juga memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ada yang menggunakannya sebagai koleksi karena bentuknya lucu atau sesuai karakter anime kesukaan, sebagai hiasan saja, atau digunakan sebagai promosi. Baik promosi perusahaan, instansi, komunitas maupun organisasi.

Walaupun namanya gantungan kunci, namun Anda tidak hanya bisa menggunakannya sebagai gantungan untuk kunci rumah atau kunci motor lho! Anda bisa menggantungkannya pada tas, kotak pensil dari bahan kain, maupun pouch kesayangan. Selain bisa digunakan sebagai aksesoris, gantungan kunci ini bisa mencegah kehilangan kucu rumah atau motor. Apalagi kalau ukurannya lebih besar, hehehe….

Spesifikasi Gantungan Kunci

Karena memiliki banyak jenis, kami akan menjelaskan beberapa jenis gantungan kunci yang banyak dijual di pasaran. Termasuk di cetak oleh percetakan sehingga bisa didesain sesuai kebutuhan masing-masing. Berikut ini spesifikasi gantungan kunci yang bisa Anda pilih sesuai keinginan:

Bahan dan Ukuran Gantungan Kunci

Gantungan kunci diproduksi dan dibuat dari bahan yang berbeda-beda. Ada gantungan kunci dari bahan plastik, akrilik, aluminium maupun kuningan, kaca, boneka kain bahkan dari barang-barang bekas.

Di antara bahan-bahan tersebut, ganci plastik dan akrilik adalah bahan yang paling sering digunakan karena harganya murah serta memiliki karakteristik yang mudah dibentuk.

Tidak ada standardisasi secara nasional maupun internasional mengenai ukuran ganci. Sebab, gantungan kunci sendiri dapat dikatakan sebagai karya 3D atau tiga dimensi. Setiap karya seni yang dihasilkan oleh kreator-kreatornya tidak memiliki ukuran mutlak: suka-suka si pembuat.

Jadi, bila Anda berniat untuk membuat gantungan kunci sendiri, sesuaikan saja dengan keinginan dan budget yang Anda miliki. Akan tetapi, bila Anda memesan gantungan kunci yang diperjual-belikan di produsen gantungan kunci, maka Anda harus mengikuti ukuran yang telah mereka tetapkan. Setiap produsen memiliki patokan ukuran gantungan kunci yang berbeda-beda.

Jenis Ganci Unik

Gantungan kunci memiliki bentuk maupun desain yang beragam bentuk yang bisa disesuaikan dengan selera dan keinginan Anda. Bahkan Anda dapat mencetak desain milik/ buatan Anda pada permukaan gantungan kunci tersebut. Dengan begitu, gantungan kunci ini akan semakin terlihat unik karena desain maupun bentuknya jarang ada di pasaran.

Berdasarkan bahan sekaligus bentuknya, gantungan kunci yang banyak di pasaran terdiri dari gantungan kunci akrilik dan gantungan kunci bulat dari bahan plastik yang lebih dikenal sebagai pin gantungan kunci. Berikut kedua macam – macam gantungan kunci yang bisa Anda pilih dan banyak dijumpai di percetakan terdekat.

a. Ganci Akrilik

Pada paragraph sebelumnya telah disebutkan bahwa akrilik merupakan salah salah satu bahan yang paling banyak digunakan untuk membuat gantungan kunci. Tapi, apa itu akrilik itu?

Akrilik sebenarnya termasuk jenis plastik. Namun, ia memiliki karakteristik yang berbeda dengan plastik PVC maupun kebanyakan plastik pada umumnya. Akrilik cenderung mirip dengan kaca.

Rata-rata akrilik berwarna bening, meskipun ada akrilik berwarna lain tetapi ia tetap tembus pandang. Bila dilihat dari kejauhan, Anda pasti akan mengira bahwa gantungan kunci akrilik dibuat dari bahan kaca. Namun setelah Anda pegang, Anda akan sadar jika gantungan kunci akrilik tidak terbuat dari kaca.

cetak ganci akrilik murah

Bagaimana Anda bisa mengetahuinya bila gantungan kunci tersebut terbuat dari akrilik? Hal paling kentara bahwa gantungan kunci tersebut terbuat dari akrilik adalah bobotnya.

Gantungan kunci dari bahan kaca akan terasa lebih berat jika dibandingkan ganci akrilik, meskipun ukuran dan bentuknya keduanya sama persis.

Ciri kedua untuk memastikan apakah gantungan kunci tersebut terbuat dari kaca atau akrilik adalah dengan diketuk. Suara ketukan gantungan kunci bahan akrilik lebih nyaring dan terkadang tidak terdengar dibandingkan dengan gantungan kunci kaca. Sementara gantungan kunci kaca suaranya jika diketuk terdengar berat.

Perbedaan lain gantungan kunci dari bahan akrilik dengan gantungan kunci dari bahan kaca adalah ketahanan pecahnya. Apabila keduanya terjatuh, gantungan kunci dari bahan kaca lebih rawan pecah, sementara yang dibuat dari bahan akrilik tidak akan pecah begitu saja – kemungkinan akan tergores atau retak.

Terakhir, gantungan kunci akrilik lebih mudah meleleh. Bila Anda membakarnya menggunakan api kompor dalam durasi yang sama, gantungan kunci bahan akrilik akan meleleh sementara yang dibuat dari bahan kaca tidak akan meleleh.

b. Ganci Pin

Pin merupakan sejenis bros, namun ini hanya berlaku pada pin peniti saja. Fungsinya dapat menjadi aksesori maupun untuk menyatukan bagian kain satu dengan kain lainnya.

Namun, bagian belakang pin kini tidak hanya berupa peniti. Kini Anda bisa memilih dilengkapi dengan gantungan dari bahan logam. Pada bagian belakang pin gantungan kunci ini bisa dibuat polos, atau dicetak bolak-balik atau dilengkapi dengan magnet, pembuka tutup botol maupun cermin.

Pin Ganci

 

Cetak Ganci Pin Plastik dan Akrilik

Ganci custom atau gantungan kunci yang desainnya dapat dicetak menggunakan desain milik maupun buatan Anda dapat Anda pesan di produsen merchandise maupun souvenir. Namun perlu Anda ketahui, tidak semua produsen souvenir maupun merchandise menerima cetak ganci dengan harga murah untuk berbagai jenis.

Jadi, Dimana percetakan maupun produsen souvenir dan merchandise yang menerima pemesanan pin custom? Jawabannya, ya tentu saja banyak sekali di percetakan terdekat. Tapi, jika Anda ingin mendapatkan percetakan bergaransi dengan harga yang murah tapi hasil cetaknya tidak mengecewakan, Bikinidcard.com adalah jawaban yang tepat.

Di Bikinidcard.com, Anda bisa mecetak:

a. Cetak Pin Ganci Murah

Pin ganci produksi kami terbuat dari plastik yang sangat tebal, halus dan berwarna dasar putih susu. Kami bisa membuat berbagai macam pin ganci yaitu:

  • Pin ganci biasa (dicetak satu muka)

Jenis Pin gantungan kunci yang satu ini, memiliki permukaan bagian belakang yang polos, putih saja. Kami menyediakan beberapa ukuran yang bisa Anda pilih supaya sesuai dengan keinginan Anda, yaitu diameter 44 mm dan 58 mm.

Ganci Pin

  • Pin ganci bolak-balik (dicetak dua muka)

Jenis Pin ganci bolak-balik adalah gantungan kunci pin yang dicetak desain pada kedua sisinya. Bisa dicetak sama atau berbeda antar sisinya. Khusus untuk jenis pin gantungan kunci bolak-balik ini, kami hanya menyediakan ukuran diameter 45 mm.

  • Pin ganci pembuka tutup botol

Jenis pin gantungan kunci ini dilengkapi dengan alat pembuka botol pada salah satu sisinya. Bentuknya pipih dari bahan besi yang tidak mudah berkarat. Jadi, jika Anda haus dan ingin membuka minuman soda dengan tutup logam, alat pembuka botol ini bisa Anda gunakan. Kami menyediakan ukuran diameter 44 mm dan 58 mm.

  • Pin ganci cermin

Hampir sama dengan pin ganci pembuka botol, hanya saja yang dipasang bukan alat pembuka botol melainkan cermin bulat yang ukurannya disesuaikan dengan ukuran pin tersebut. Kami menyediakan ukuran diameter 44 mm dan 58 mm untuk jenis pin ganci cermin.

Cetak Ganci Akrilik Murah

Kami bisa cetak ganci akrilik dengan luas maksimal 16 cm persegi. Sementara panjang dan lebarnya bebas asal total luasnya tidak melebih 16 cm persegi. Contohnya adalah 8×2 cm, 4×4 cm 3×5 cm dan sebagainya.

Kami juga bisa cetak ganci akrilik dengan luas maksimal 20 cm persegi, tetapi ada tambahan biaya yang harus Anda bayarkan untuk ganci yang luasnya mencapai maksimal 20 cm persegi. Seluruh ganci di atas dapat kami cetak full color. Hasil cetakan ganci-ganci produksi kami halus, rapi dan tentunya tahan air.

Pin ganci dapat Anda pesan dengan tanpa minimal order, bahkan jika Anda hanya butuh 1 buah, kami tetap bisa mencetaknya. Sementara ganci akrilik bisa Anda pesan mulai dari 50 buah.

Kontak Pemesanan

Penasaran dengan harga cetak ganci di Bikinidcard.com? Jika penasaran Anda bisa langsung cek pada situs resmi kami yaitu bikinidcard.com.

Bagaimana, harganya murah  bukan? Makanya, mumpung menemukan produsen ganci murah, segera hubungi nomor 0899 5178 302 untuk pesan ganci di Bikinidcard.com.

Lebih nyaman pesan secara offline? Silakan datang ke kantor kami yang bertempat di Jl. Nyi Ageng Nis No. 550, KG 1, Kelurahan Rejowinangun, Kecamatan  Kotagede, Yogyakarta 55171.

Pengunjung juga mencari:

  • TUTORIAL membuat BUAH DAN GANCI dari kain Flanel

Ganci

0.00
9.8

Rating

9.8/10