ID Card OSIS

ID Card OSISBikinidcard.com. Apakah Anda tahu, jika organisasi siswa intra sekolah atau dikenal dengan OSIS juga membutuhkan kartu identitas untuk para anggotanya? Kartu yang dibuat khusus supaya organisasi ini terasa lebih ekslusif dan ngebrand. Tidak hanya itu, kartu osis juga memiliki fungsi lain yang tidak kalah penting. Kali ini, kami ingin berbagi tentang fungsi ID Card OSIS beserta jenis kartu yang bisa Anda pesan di Bikinidcard.com.

 

 

Fungsi ID Card OSIS

Menurut Wikipedia, Organisasi Siswa Intra Sekolah adalah suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah di Indonesia. Dimulai dari tingkat sekolah menengah dan diurus serta dikelola oleh murid yang terpilih. Biasanya, organisasi ini memiliki pembimbing khusus dari guru. 

Karena yang mengurus OSIS hanya siswa tertentu, jadi tidak heran kalau mereka harus terlihat khusus dan ekslusif. Salah satunya adalah dibuatkan kartu identitas khusus. Beberapa fungsi ID Card OSIS antara lain:

  • Membedakan Pengurus OSIS dengan Siswa Biasa

Seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel ini, anggota pengurus organisasi siswa ini adalah murid-murid terpilih sehingga harus punya kartu identitas sendiri. Tidak hanya tampil ekslusif, dengan kartu ini, anggota OSIS bisa dibedakan dari siswa lain. Dengan cara ini, baik pembimbing maupun guru bukan pembimbing bisa mudah membedakan status tersebut.

  • Jadi Kartu Panitia Event

Fungsi kedua adalah bisa dipakai sebagai kartu panitia event. Dengan memiliki kartu khusus ini, Anda tidak perlu membuat ID Card panitia jika sekolah ingin mengadakan event dan diurus oleh anggota OSIS. 

  • Memperketat Keamanan Internal Organisasi 

Fungsi ID card untuk OSIS yang berikutnya adalah untuk memperketat keamanan internal organisasi. OSIS pasti akan memiliki basecamp/markas. Hanya para pengurus OSIS yang boleh memasuki basecamp.

Supaya tidak ada orang lain yang menyusup maka setiap orang yang akan memasuki ruangan tersebut harus menunjukkan kartu identitas yang mereka miliki. Selain sebagai akses masuk basecamp, identitas OSIS juga diplerukan ketika ada pengurus yang akan meminjam barang-barang milik OSIS. 

  • Membedakan OSIS Antar Sekolah

OSIS dalam suatu kota biasanya akan mengadakan pertemuan agar saling kenal dan dapat saling berkolaborasi.  Agar  mudah untuk saling mengenal dan tidak salah orang maka para pengurus OSIS mesti mengenakan tanda pengenal yang mereka miliki. 

 

Dari fungsi-fungsi kartu OSIS di atas kita jadi mudah membedakan perbedaan kartu pelajar dan kartu OSIS, yaitu:

1.Pemegang

Kartu pelajar dimiliki oleh seluruh siswa di suatu sekolah, sedanhkan kartu OSIS hanya dimiliki oleh para pengurus OSIS.

2. Fungsi

Kartu pelajar memiliki fungsi lebih luas seperti untuk meminjam buku, mengikuti ujian, hingga dapat digunakan untuk membayar kendaraan umum.

Sedangkan kartu OSIS tidak dapat digunakan untuk hal-hal tersebut, sebatas untuk membuat pekerjaan OSIS menjadi lancar.

3.Masa Berlaku

Kartu pelajar berlaku selama 3 tahun selama siswa tersebut masih berstatus sebagai siswa di sekolah yang bersangkutan. Sedangkan kartu OSIS hanya berlaku selama 1 tahun sesuai dengan masa jabatan. 

Jika pengurus OSIS yang bersangkutan terpilih lagi maka harus dibuat kartu baru karena periode kepengurusan sudah berbeda. 


Cetak ID Card Panitia OSIS

Kalau OSIS di sekolahmu belum memiliki ID card OSIS maka sebaiknya segera buat kartu OSIS tersebut. Kamu dapat memesannya di percetakan ID card, Bikinidcard.com. 

Ada beberapa jenis ID card yang dapat dijadikan sebagai kartu panitia yang diampu oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah, yaitu:

  • ID Card Press

Dicetak menggunakan mesin digital printing dan mesin press.  Memiliki 3 pilihan ketebalan, yaitu 0,76 mm, 0,4 mm, dan 0,96 mm. 

  • ID Card Instan

Sama dengan ID card press, tetapi kualitas cetakannya rendah. 

  • ID Card Metalik

ID card metalik adalah kartu ID card yang memiliki warna dasar metal, yaitu perak maupun emas.  Ia juga dicetka menggunakan mesin printing dan mesin press. 

Seluruh ID card di atas dibuat dari plastik PVC yang sama untuk membuat kartu bank, KTP, dan SIM. Sementara ukurannya adalah 85×53 mm maupun sebaliknya. 


Contoh ID Card Pengurus OSIS

Foto-foto di bawah adalah ID card pengurus OSIS yang pernah kami produksi:

Untuk memesan ID card OSIS seperti di atas, kamu dapat menghubungi kami via WhatsApp pada nomor 0853-2628-2628 atau pesan langsung di kantor kami yang berlokasi di Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun, Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171.

logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera