Identitas Perusahaan

Identitas perusahaanbikinidcard.com. Setiap orang tentu memiliki identitas tersendiri, yang membedakan dengan orang lain. Seperti nama, gander, ciri fisik, sifat dan karakter maupun tingkat intelektual (tingkat sekolah, IQ). Begitu juga dengan sebuah perusahaan. Kalau Menurut KBBI, identitas memiliki arti jati diri sehingga identitas perusahaan adalah jati diri perusahaan.

identitas perusahaan

Untuk membedakan dengan rival bisnis atau instansi lainnya, tentu sebuah perusahaan memiliki ciri tersendiri sesuai dengan jati diri dan visi-misi pemiliknya. Identitas ini bisa diwujudkan ke berbagai hal seperti:

  • Brand atau merek
  • Logo
  • Warna khas
  • Jargon/Slogan
  • Seragam
  • Iklan, karyawan—terutama bagian public relation dan customer service, dan ciri khas bahasa yang digunakan untuk menyampaikan informasi
  • Nilai dan norma yang dipegang dan diterapkan oleh perusahaan

Pentingnya Brand Untuk Identitas Perusahaan

 

tali id card perusahaan

 

Pada perusahaan, brand seperti halnya nama pada seseorang: untuk membedakan dengan perusahaan lain, agar orang-orang mengenal produk perusahaan tersebut. Semakin banyak orang yang mengenal brand Anda akhirnya perusahaan tidak perlu repot membuat iklan yang spektakuler.

Mari ambil contoh air minuma A**a. Percaya atau tidak, mayoritas masyarakat di Indonesia akan menyebut air mineral dalam kemasan merek lain sebagai A**a. Saking terkenalnya brand air mineral tersebut, nama produk berubah menjadi jenis barang. Jika identitas ini sudah melekat di masyarakat luas, akan lebih mudah untuk mempromosikan program baru, perubahan kemasan maupun produk turunannya.

Jika Anda sudah paham betapa pentingnya sebuah identitas untuk sebuah usaha, tentu Anda akan merunut kembali apa yang harus dilakukan terlebih dahulu. Apa saja yang harus mengandung identitas usaha Anda, media apa saja yang bisa menyebarluaskan identitas tersebut dan lain-lain.

Macam-Macam Identitas untuk Karyawan

name tag perusahaan

Supaya bisa mencapai tahap tertinggi seperti halnya A**a tentu saja diperlukan proses branding dari nol, apalagi jika brand tersebut tergolong baru.  Salah satu cara mengenalkan suatu brand kepada orang-orang adalah dengan memberikan tanda identitas kepada para karyawan.

Beberapa media yang dapat dijadikan identtias untuk karyawan adalah:

  • ID Card

ID card karyawan memang berisi identitas si karyawan. Namun, pada ID card tersebut perlu dicetak nama, logo, dan alamat perusahaan tempat karyawan tersebut bekerja. Tujuannya adalah agar jika ID card terjatuh di suatu tempat maka orang-orang yang menemukannya dapat mengembalikannya.

Selain ID card akan dikembalikan, orang-orang yang menemukanID card tersebut akhirnya menjadi tahu jika ada perusahaan dengan nama tersebut. Akhirnya, nama perusahaan tersebut akan terngiang setidaknya sekilas di ingatan mereka. Jika suatu hari mereka membaca maupun mendengar nama perusahaan itu lagi maka mereka akan merasa tidak asing dengan nama tersebut.

  • Tali Lanyard

Tali lanyard merupakan tali untuk menggantungkan ID card. Awalnya tali lanyard berupa tali polos dengan berbagai pilihan warna. Namun kini tali tersebut dapat dicetak nama dan logo perusahaan maupun brand produk perusahaan tersebut.

Ketika para karyawan perusahana bepergian ke tempat ramai dengan masih mengenakan lanyard tersebut seperti sedang tugas lapangan maupun pergi makan siang maka orang-orang di sekitarnya pasti ada yang tanpa sadar melihatnya. Orang tersebut juga akan melihat tali lanyard yang dikenakna oleh karyawan tersebut.

Nama dan logo perusahaan maupun produk yang dicetak pada lanyard tersebut akhirnya akan tersimpan di ingatan orang itu. Suatu hari, jika ia melihat nama dan logo yang sama, mereka akan sadar bahwa pernah melihatnya di suatu tempat.

  • Yoyo ID Card

Yoyo ID card juga gantungan ID card, tetapi bukan berupa tali. Bentuknya  bulat seukuran tutup botol, bagian belakangnya terdapat pengait yang berfungsi untuk memasang yoyo pada saku baju. Bagian depannya dapat dicetak logo perusahaan maupun brand. Sedangkan ID card digantungkan pada bagian bawahnya.

  • Name Tag

Name tag adalah identitas karyawan seperti ID card, tetapi ukurannya lebih kecil dibandingkan ID card. Karena lebih kecil maka yang bisa dicetak pada permukaannya hanya nama karyawan dan logo perusahaan maupun brand.

Name tag tidak memerlukan lanyard karena cara mengenakannya dengan dikaitkan pada saku baju maupun baju bagian dada.

  • Pin atau Lencana

Pin atau lencana merupakan name tag berbentuk logo  perusahaan maupun brand. Ia tidak bisa dicetak nama perusahaan maupun brand, hanya bisa dibentuk logo perusahaan maupun brand. Contohnya adalah lencana KORPRI (Korp Pegawa Negeri Republik Indonesia), lencana burung garuda yang sering dikenakan oleh presiden dan pemimpin daerah, dan sebagainya.

Seluruh identitas perusahaan untuk karyawan di atas dapat Anda pesan di produsen khusus tanda identitas karyawan, yaitu Bikinidcard.com.

Daftar harga lengkap dapat Anda cek pada website kami. Pemesanan dapat dilakukan secara offline di kantor kami yang berlokasi di Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun, Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171 atau secara online via WhatsApp  0853-2628-2628.

logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera