Jenis Percetakan

Jenis percetakanBikinidcard.com. Ada banyak sekali jenis percetakan di Indonesia. Bahkan hampir di setiap kota maupun kabupaten pasti ada setidaknya satu percetakan. Tahukah Anda bahwa sebuah percetakan bisa melayani pencetakan suatu benda, tetapi percetakan lainnya belum tentu? Kenapa bisa begitu?

Jika Anda hendak mencetak brosur, spanduk, kaos hingga pin, percetakan mana yang harus Anda datangi? Tentunya tidak bisa datang ke jenis percetakan yang tidak sesuai bukan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silakan simak penjelasan berikut.

Jenis Percetakan

Apa Saja Contoh dan Jenis Percetakan?

Berdasarkan mesin cetak yang digunakan, jenis jasa percetakan dibedakan menjadi 2 macam yaitu percetakan offset dan percetakan digital printing.

Jenis Percetakan Offset

Jenis Percetakan offset merupakan percetakan yang menggunakan mesin offset. Mesin percetakan offset sendiri merupakan mesin yang digunakan untuk mencetak suatu benda dalam jumlah banyak dengan 1 desain yang sama contohnya adalah brosur, poster, kalendar, koran hingga sampul buku.

Mesin printing offset terdiri dari 5 bagian yaitu silinder logam (plate cylinder) yang berfungsi untuk menaruh desin mentah yang akan dicetak, silinder selimut (blanket cylinder) yang terbuat dari karet, silinder cetakan (impression cylinder) yang berguna untuk menjepit media cetak, silinder tinta dan silinder air.

Ketika mesin dinyalakan, silinder air dan tinta akan menyemprot silinder logam, kemudian desain pada silinder logam ditransfer (offset) ke silinder selimut. Selanjutnya oleh silinder selimut cetakan ditransfer lagi ke media cetak yang lewat di antara silinder selimut dan silinder cetak.

Jenis Percetakan Offset

Nah, proses transfer atau offset dari satu silinder ke silinder lain kemudian ditransfer lagi ke media cetak itulah yang membuat mesin ini disebut mesin offset.

Ada dua jenis percetakan dan metode cetak menggunakan mesin offset yaitu metode web offset dan metode sheet-fed. Metode web-offset merupakan pencetakan menggunakan media cetak yang tidak dipotong apabila proses pencetakan sudah selesai kertas baru dipotong. Metode ini kerap digunakan untuk mencetak koran, stikcer hingga bungkus suatu produk.

Baca Juga : Cetak Nota Murah dan Berkualitas

Sementara itu metode sheet-fed merupakan metode pencetakan offset menggunakan media cetak yang telah dipotong-potong. Metode ini kerap digunakan untuk mencetak buku-buku dalam edisi atau jumlah terbatas.

Mesin printing offset tidak hanya bisa digunakan untuk mencetak kertas tipis pada umumnya. Mesin ini juga bisa digunakan untuk mencetak kertas yang tebal dan kasar seperti kertas karton, kayu, kain, kulit hingga logam.

Jenis Percetakan Digital Printing

Jenis percetakan digital printing merupakan percetakan yang menggunakan mesin digital printing. Mesin percetakan digital printing sendiri merupakan mesin yang digunakan untuk mencetak media-media dalam jumlah sedikit. Dengan desain yang sama maupun media dalam jumlah yang cukup banyak dengan desain yang berbeda-beda.

Contohnya seperti kaos custom, mug custom, pulpen custom, ID card, tumbler custom dan benda-benda lain yang hanya diproduksi dalam jumlah sedikit.

Jika Anda memiliki mesin printer full color maupun pernah melihat printer full color di jasa fotokopi, sebenarnya mesin tersebut merupakan mesin digital printing. Namun, mesin digital printing yang digunakan di percetakan digital printing berbeda dengan mesin printing pada umumnya.

Ada dua jenis percetakan menggunakan mesin digital printing yang digunakan oleh jasa percetakan digital printing yaitu mesin printing subllime dan mesin printing UV.

1. Jenis cetak dengan Mesin Printing Sublim

Mesin printing sublime memiliki ukuran yang tidak jauh berbeda dengan mesin printing pada umumnya. Namun, jensi kertas dan tinta yang digunakn pada mesin ini berbeda dengan mesin digital printing biasa. Mesin ini hanya bisas menggunakan kertas dan tinta sublime.

Jenis Percetakan digital printing

Mesin digital printing sublime tidak digunakan untuk mencetak kertas, tetapi digunakan untuk mencetaak media lainnya. Kertas sublime tersebut hanya berperan sebagai media transfer. Mulanya, desain dicetak pada kertas sublime dengan posisi terbalik (mirror), kemudian kertas tersebut ditempelkan pada media cetak sesungguhnya seperti mug maupun kaos, lalu kertas dan media cetak tersebut dipanaskan hingga cetakan pada kertas berpindah pada media cetak yang sebenarnya.

Mau Cetak ID Card, Flashdisk custom dll? Klik!

2. Jenis Cetak dengan Mesin Printing UV

Mesin printing UV memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan mesin digital printing pada umumnya. Mesin ini disebut mesin printing UV karena dalam proses pencetakannya, ia tidak hanya menggunakan tinta tetapi juga menggunakan sinar UV.

jenis percetakan printing UV

Fungsi sinar UV pada mesin ini adalah untuk mengeringkan tinta yang telah tercetak pada media cetak. Begitu tinta tercetak, sinar UV langsung mengeringkannya sehingga tinta tidak menguap dan tidak meluber ke bagian lain yang seharusnya tidak dicetak.

Mesin printing UV digunakan untuk mencetak media yang keras dan datar yang tidak bisa dicetak menggunakan mesin printing biasa maupun mesin printing sublim contohnya adalah akrilik, PVC, logam, kayu hingga kaca.

Percetakan Jogja

Beberapa percetakan ada yang berupa percetakan offset saja maupun digital printing saja. Namun, ada juga jenis percetakan yang melayani keduanya. Salah satu contoh percetakan offset sekaligus percetakan digital printing adalah Bikinidcard.com.

Jenis Percetakan

0.00
9.8

Rating

9.8/10