Jenis Stempel

Jenis stempelbikinidcard.com. Stempel adalah alat cap yang berfungsi untuk mengesahkan suatu dokumen.

jenis stempel

Ketika Anda mendapatkan surat pemberitahuan dari sekolah, kampus maupun RT tempat tinggal Anda, pasti ada cap stempelnya. Ketika Anda membeli barang dengan total belanja hingga jutaan, pasti pihak toko akan memberikan nota/kwitansi yang telah dicap. Jadi, Anda pasti sudah tidak asing dengan stempel.

Namun tahukah, Anda? Ternyata stempel ada banyak jenisnya. Bila Anda hendak membuat stempel, Anda harus mengetahui apa saja jenis stempel. Berikut jenis-jenis stempel tersebut.

Jenis Stempel Dari Masa ke Masa

Jenis-jenis stempel berikut akan kita urutkan berdasarkan perkembangan zaman. Terdapat 4 jenis stempel yang akan kita bahas.

Stempel Lak / Wax

Stempel lak atau wax adalah jenis stempel yang digunakan sejak abad ke-16. Berbeda dengan stempel zaman sekarang yang langsung dibubuhkan pada dokumen yang disahkan, stempel wax dibubuhkan pada tutup amplop.

Stempel wax berfungsi untuk merekatkan tutup amplop, selain itu sebagai tanda dari siapa dokumen atau surat tersebut karena bentuk cap stempel wax mewakili pengirimnya. Umumnya, bentuk tersebut berupa logo keluarga besar maupun logo kerajaan.

Dengan adanya stempel wax maka orang-orang tidak bisa menipu atau mengaku sebagai si A dari keluarga B.

Stempel wax tidak memiliki karet dan tidak menggunakan tinta. Ia terdiri dari cap kayu yang telah diukir. Untuk menggunakannya, lilin cair yang masih panas diteteskan pada tutup amplop, kemudian segera dicap menggunakan stempel tersebut hingga kering. Namun, stempel harus diangkat sebelum lilin benar-benar mengering. Stempel wax awalnya berwarna hitam, tapi kemudian warna merah menjadi populer.

Saat ini stempel wax sudah tidak digunakan untuk mengesahkan dokumen, tetapi digunakan oleh orang-orang yang ingin berkreasi, ia juga digunakan untuk mempercantik undangan pernikahan.

Stempel Runafleks

Runafleks adalah jenis stempel tinta biasa yang sering kita jumpa, sering juga disebut sebagai stempel manual. Untuk menggunakan stempel ini diperlukan bantalan tinta. Bantalan tersebut kemudian diberi tinta beberapa tetes. Kemudian bagian karet stempel ditempelkan pada bantalan titan tersebut, bagian atas stempel ditekan agar tinta menempel pada karet stempel. Selanjutnya stempel digunakan untuk megecap dokumen.

Tinta pada karet stempel cepat habis, jika sudah habis maka stempel ditempelkan kembali pada bantalan tinta, begitu seterusny oleh karena itu ia juga disebut sebagai stempel manual.

Jenis Stempel runafleks hanya terdiri dari 1 warna. Misal  biru saja atau merah saja.

Stempel Emboss

Stempel emboss adalah stempel yang tidak menggunakan tinta. Jenis Stempel ini membuat kertas dokumen menjadi emboss dengan bentuk sesuai dengan stempel. Hanya bisa digunakan pada kertas dengan ketebalan tertenu, seperti kertas ijazah maupun sertifikat. Tidak bisa digunakan untuk mencap kertas tipis seperti surat pemberitahuan.

Cara mencapnya hampir mirip dengan cara mestaples kertas. Kertas dimasukkan di antara mulut stempel, kemudian stempel ditekan.

Stempel Emboss Panas

Stempel emboss panas berfungsi untuk mencap benda-benda selain kertas seperti kulit dan kayu. Bentuknya berbeda dengan stempel emboss kertas, ia terdiri dari sebuah papan yang telah dibentuk suatu cap dan terdiri dari gagang yang panjang. Supaya bisa digunakan untuk mengecap stempel perlu bagian papan capnya dibakar dahulu, jika sudah cukup panas stempel kemudian dibubuhkan pada kulit maupun kayu.

Saat ini stempel emboss panas masih digunakan, tetapi hanya oleh para pengrajin kulit dan kayu.

Stempel Warna

Stempel warna juga disebut stempel flash. Ini adalah jenis stempel yang paling banyak digunakan saat ini. Disebut sebagai stempel warna karena hasil capnya bisa lebih dari 1 warna, maksimal 4 warna. Hasil cetakannya yang hampir full color membuatnya tampak lebih menarik dan lebih sesuai dengan logo perusahana/lembaga yang asli.

jenis stempel dari masa ke masa

Stempel warna tidak memiliki bantalan tinta, sistemnya seperti spidol papan tulis: tinta diisi langsung pada stempel, jika habis diisi langsung pada stempel. Karena seperti spidol papan tulis, tinta pada stempel warna tidak cepat habis.

Stempel warna adalah jenis stempel yang tepat bagi Anda yang butuh stempel untuk mengesahkan surat maupun dokumen

Itulah jenis-jenis stempel. Bagi Anda yang membutuhkan stempel warna untuk cap dokumen/surat berharga, silakan pesan di Bikinidcard.com melalui WhatsApp pada nomor 0822-4303-333 atau datang ke kantor kami yang berlokasi di Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun, Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171.

Daftar harga, ukuran, dan contoh stempel dapat Anda cek di website kami bikinidcard.com.

Jenis Stempel

0.00
9.8

Rating

9.8/10
logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera