Kain Furing

Kain katun, wol dan sutra. Jenis-jenis kain itu pasti sudah tidak asing bagi Anda. Namun, pernahkah Anda membaca/mendengar istilah kain furing? Tahukah Anda apa itu?

Kain Furing Adalah…

Kain furing adalah kain yang kerap digunakan untuk lapisan dalam pakaian seperti gamis, kebaya, rok dan jas. Kain furing juga kerap digunakan sebagai bahan tambahan pembuatan tas ransel dan tas kopor. Oleh karena itu, kain ini juga dikenal dengan istilah kain lining. Lining sendiri merupakan kata dalam bahasa Inggris yang artinya “lapisan”.

Kain furing bukanlah jenis bahan sebagaimana halnya kain katun, wol dan sutra. Kain ini merujuk pada kegunaannya sebagai lapisan. Jadi, jika suatu kain, misalkan sutra, digunakan sebagai bahan pelapis/dalaman maka kain tersebut dapat disebut sebagai kain furing.

Akan tetapi, umumnya kain-kain yang digunakan sebagai tas furing bukanlah kain tebal yang umum digunakan untuk membuat pakaian. Kain-kain tersebut lebih tipis dibandingkan kain-kain yang dijadikan bahan utama pembuatan pakaian. Beberapa jenis kain yang kerap digunakan sebagai bahan tas furing adalah:

  • Kain Dormeuil adalah kain yang kerap digunakan sebagai lapisan pembuatan jas, blazer, jaket hingga saku jas maupun celana. Ia memiliki permukaan yang mengkilap dan sangat halus.
  • Kain Errow adalah kain yang kerap digunakan sebagai lapisan pembuatan jas wanita dan kemeja batik. Selain itu ia juga kerap digunakan sebagai bahan utama pembuatan hijab/jilbab. Ia memiliki permukaan yang kesat, halus dan lebih tebal dibandingkan kain dormeuil.
  • Kain Asahi memiliki ciri-ciri yang sama dengan kain dormeuil, tetapi ia lebih tebal dibandingkan kain domeuil.
  • Kain Tricot memiliki ketabalan yang sama dengan kain dormeuil, tetapi permukaannya kesat, tidak mengkilap.

Kain Furing untuk Tas

Kain furing tidak sekadar berfungsi sebagai lapisan pakaian maupun barang-barang yang lian. Ia juga dapat digunakan sebagai bahan utama pembuatan suatu barang salah satunya adalah goodie bag atau tote bag.

Namun, tidak sembarang kain dapat dijadikan goode bag/tote bag hanya kain spunbond yang dapat dijadikan goodie bag/tote bag.

Kain spunbond merupakan salah satu jenis kain yang bagus karena ia lebih tebal dibandingkan keempat jenis kain di atas. Tingkat kehalusannya pun tidak sehalus kain-kain ini tersebut, maka dari itu kain spunbond lebih sering dijadikan pelapis tas, kopor, sepatu hingga bucket bunga. Ia memiliki permukaan yang kesat, teksturnya tampak jelas berupa persegi.

Kain furing tas memiliki tingkat keluwesan yang berbeda-beda tergantung gramasinya. Semakin tebal kain ini, maka ia akan makin kaku.

Tas-tas yang terbuat dari kain ini, yang berukuran kecil dan hanya bisa digunakan untuk wadah mukena parasut terbuat dari kain yang tipis dan luwes.

Sedangkan goodie bag berukuran standar hingga tas belanja berukuran jumbo terbuat dari kain furing yang tebal dan agak kaku, tingkat kekauannya mirip dengan jas. Meski begitu, goodie bag maupun tas belanja tetap dapat dilipat meskipun tidak semudah melipat pakaian pada umumnya.

Goodie bag-goodie bag yang terbuat dari kain furing sering dijadikan sebagai souvenir maupun media promosi karena harganya tergolong murah.

Permukaan goodie bag yang akan dijadikan souvenir maupun media promosi dapat dicetak suatu tulisan maupun gambar yang berkaitan dengan suatu acara yang akan diselenggarakan maupun perusahaan yang akan dipromosikan.Tulisan dan gambar tersebut nantinya akan dicetak menggunakan metode sablon.

Contoh Tas dan Detail Kain Furing

Di bawah ini adalah detail tekstur kain dan contoh tas yang terbuat dari kain furing.

kain furing

kain furing adalah

kain furing untuk tas

contoh tas dan detail kain furing

Kain furing di atas dapat Anda beli di sembarang toko kain baik yang berada di kota-kota besar seperti di Jakarta, Jogja, Semarang, Surabaya, Bandung maupun kota-kota kecil di Indonesia.  Sementara tas furing hanya dapat Anda pesan di produsen souvenir maupun vendor merchandise.

Alamat Kantor Bikinidcard.com

Kantor kami beralamatkan di Bikinidcard – Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun, Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171 atau Klik Langsung di Sini.

jangan lupa follow akun instagram kami @bikinidcard.com_admin untuk melihat souvenir bikinidcard.com.

logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera