Kartu Perpustakaan

Kartu PerpustakaanBikinidcard.com. Perpuastakaan adalah salah satu gedung yang bisa dikatakan jarang dikunjungi, khususnya di Indonesia. Penyebabnya, tentu minat baca orang Indonesia yang sangat rendah. Bahkan menurut UNESCO pernah mengatakan jika minat baca orang Indonesia hanya 0,001% yang artinya dari 1000 orang, cuma 1 orang yang rajin membaca.

Meski begitu perpustakaan juga wajib memberikan layanan yang terbaik, supaya kaum pelajar juga betah membaca dan rajin meminjam buku. Selain melengkapi koleksi dan meng-update ilmu buku, fasilitas yang tidak kalah penting adalah memberikan kartu perpustakaan. Bukan hanya sebagai kartu bukti bahwa seseorang adalah anggota sebuah perpustakaan tapi kartu ini juga punya fungsi penting lainnya.

Pentingnya Kartu Perpustakaan

Supaya lebih mudah dipahami, berikut ini fungsi kartu anggota baik untuk pembaca maupun perpustakaan itu sendiri.

  • Untuk Meminjam dan Mengembalikan Buku

Alasan pertama kenapa seorang anggota perpustakaan harus memiliki ID Card perpustakaan agar dapat meminjam buku di perpustakaan. Jika seseorang meminjam buku tanpa menunjukkan kartu keanggotaan maka mereka bisa saja berbohong ketika menyebutkan nama, alamat, status pekerjaan dan institusi tempatnya bernaung.

Identitas palsu tersebut akan membuat petugas perpustakaan sulit mencari dan menghubungi orang tersebut bila suatu saat ia tidak kunjung mengembalikan buku melewati batas waktu yang ditentukan. Bahkan, bisa saja orang tersebut asal menyebutkan alamat. Akan tetapi ternyata alamat tersebut sungguhan ada, tapi merupakan alamat orang lain yang tidak ada sangkut pautnya dengan orang tersebut. Sehingga, orang yang alamatnya dicatut dan tidak tahu apa-apa menjadi terbebani karena pihak perpustakaan mengira bila ia mengenali si peminjam buku.

  • Memudahkan Proses Identifikasi

Mengidentifikasi peminjam dan buku yang dipinjam adalah hal yang penting untuk mencegah buku tersebut hilang dan tidak dikembalikan. Hal-hal yang perlu di catat antara lain : nama peminjam, alamat beserta nomor yang bisa dihubungi, judul buku, kode buku, tanggal pinjam dan kembali.

Jika dulu identitas ini harus diisi secara manual, kini pencatatan tersebut bisa menggunakan kartu perpustakaan yang dilengkapi dengan QR-code / Bar code. Barcode maupun QR code pada kartu perpustakaan cukup discan pada mesin scanner, kemudian seluruh data peminjam langsung tercatat otomatis pada komputer, hanya memakan waktu 5 detik.

Proses pencatatan yang sangat singkat tersebut akan memudahkan pekerjaan petugas perpustakaan. Selain memudahkan pekerjaan petugas, orang-orang yang mengantre tidak akan menunggu terlalu lama sehingga mereka tidak akan memprotes layanan pihak perpustakaan.

Cetak Kartu Perpustakaan

Kartu perpustakaan dapat dicetak sendiri, tetapi Anda memerlukan mesin printer khusus yang harganya di atas sepuluh juta rupiah. Bila perpustakaan tempat Anda merupakan perpustakaan kecil di tingkat sekolah maupun tingkat RW, mencetak ID Card perpustakaan sendiri rasanya kurang tepat karena akan memakan banyak anggaran. Sebaiknya, Anda pesannya di percetakan ID card saja.

Salah satu percetakan ID card yang dapat Anda percaya untuk cetak kartu perpustakaan adalah Bikinidcard.com. Kami bisa bikin ID Card untuk anggota perpustakaan sekolah baik sekolah dasar, SMP maupun SMA. Kartu ini  juga bisa untuk perguruan tinggi, kartu perpustakaan desa, dan sebagainya.

Kartu perpustakaan sekolah dan lainnya kami buat dari plastik PVC, yaitu bahan dasar pembuatan kartu bank sehingga kualitasnya sudah pasti bagus.

ID Card perpustakaan yang kami produksi memiliki ukuran yang sama dengan ID card, yaitu 53 x 85mm maupun sebaliknya. Berikut jenis-jenis ID card yang kami gunakan untuk membuat ID card anggota perpsutakaan,

  • ID Card  Press

ID Card press adalah kartu perpustakaan yang dicetak menggunakan mesin printing dan mesin press. Kartu anggota ini dibedakan menjadi 3 macam, yaitu:

    • ID card press tipis: memiliki ketebalan 0.4 mm
    • Kartu press tebal: memiliki ketebalan 0.96 mm
    • ID card press biasa: memiliki ketebalan 0.76 mm

Jenis ID card ini dapat dicetak barcode maupun QR code. Anda dapat membuat barcode maupun QR code sendiri melalui website maupun aplikasi gratis di internet.

  • ID card  Instan

Jenis ID card instan adalah kartu perpusatkaan yang dibuat dari ID card press biasa, tetapi kualitas cetakannya di bawah ID card press biasa.

  • ID card Magnetik

Jenis ID card magnetik adalah kartu perpustakaan yang bagian belakangnya memiliki pita magnetik berwarna hitam seperti yang terdapat pada kartu ATM maupun debit. Fungsi pita magnetik tersebut adalah untuk menyimpan data penting. Sebagai kartu anggota perpus maka data tersebut dapat berupa identitas pemilik kartu.

Mesin pembaca ID card magnetik perpebda dengan scanner barcode maupun QR code. Jadi, jika Anda tertarik untuk memesan ID card ini pastikan jika mesin scanner yang Anda miliki sesuai.

Desain Kartu Perpustakaan Sekolah

Berikut contoh desain kartu perpustakaan sekolah maupun untuk umum yang dapat Anda jadikan inspirasi apabila tertarik untuk mendesain ID Card ini sendiri.

 

 

Bagi Anda yang tidak dapat membuat desain sendiri tidak perlu khawatir karena kami siap membantu Anda mendesain ID Card perpustakaan.

Pemesanan dapat Anda lakukan melalui WhatsApp dengan menghubungi nomor 0851-0050-6190 atau pesan langsung di kantor kami yang berlokasi di Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun, Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171.

logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera