Kartu Siswa

Bikinidcard.comSeperti namanya, kartu siswa adalah ID Card yang dimiliki oleh setiap pelajar di sebuah instansi. Kartu ini akan didapatkannya pada hari pertama masuk dan dikembalikan pada sekolah saat wisuda dan pengambilan ijazah.

kartu siswa

Kehadirannya menjadi penting bagi kedua belah pihak. Bagi instansi, kartu ini menjadi sebuah control untuk siswa/siswinya. Sedangkan untuk siswa, mendapatkan ID Card menjadi hak mutlak dan bisa menggunakan fasilitas dari sekolah tersebut.

Tidak hanya itu, kartu ini juga memiliki fungsi yang bisa dijabarkan. Apa saja itu?

Fungsi dan Pentingnya Kartu Siswa

Berikut beberapa fugnsi penting ID Card siswa yang menjadikannya wajib dimiliki ole setiap pelajar:

  1. Pengganti KTP

Para siswa SD, SMP dan kelas 1 SMA sederajat belum berusia 17 tahun, jadi mereka belum memiliki KTP. Padahal memiliki kartu identitas sangatlah penting, supaya bila terjadi hal-hal yang tidak diiinginkan misalkan tersesat, kecelakaan, diculik, dan sebagainya, pihak berwajib tahu harus memulangkan siswa tersebut ke mana.

  1. Kartu Presensi

Di era digital seperi sekarang melakukan presensi secara manual rasanya cukup rumit dan ketinggalan zaman. Saat ini sudah terdapat mesin presensi yang mengandalkan wajah, fingertip maupun barcode/QR code.

ID Card ini dapat dimanfaatkan sebagai kartu presensi menggunakan barcode maupun QR code. Melakukan presensi menggunakan barcode maupun QR code lebih praktis daripada presensi secara manual. Bila dibandignkan dengan presensi wajah/fingertip barcode dan QR code juga lebih efektif karena mesin presensi fingertip akan sulit menscan fingertip jika telapak tangan basah maupun berkerut, sedangkan mesin presensi wajah akan sulit menscan bila tampilan wajah tidak benar-benar mirip.

  1. Kartu Akses

ID card untuk siswa juga bisa dijadikan sebagai tanda untuk mendapatkan akses tertentu selama berada di lingkungan sekolah. Contohnya untuk meminjam buku di perpustakaan. Dari pada membuat kartu perpustakaan, lebih baik kartu tersebut dimaksimalkan fungsinya, agar tidak terlalu banyak kartu yang dimiliki oleh para pelajar.

  1. Memperketat Keamanan

Fungsi kartu pelajar yang terakhir adalah untuk memperketat keamanan seperti saat ujian. Ketika ujian para pelajar wajib membawa kartu ujian. Di samping itu juga wajib untuk membawa ID Card masing-masing. Tujuannya agar sebagai bukti bahwa siswa yang hadir benar-benar siswa yang identitasnya tertera pada tanda ujian tersebut. Bukan digantikan oleh orang lain. Selain itu bisa jadi pelajar lain merebut paksa kartu ujian milik pelajar lain karena lupa membawa iliknya sendiri. Identitas pada ID Card siswa dengan kartu ujian yang berbeda bisa menjadi bukti bahwa ternyata siswa tersebut menggunakan milik siswa lain.

Produk Terbaru Kami

Casing Hp Custom

Masker Scuba Custom

Tumbler Stainless Custom

Jual Kartu Siswa

Kartu ini sebenarnya dapat dibuat sendiri oleh pihak sekolah. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu buat desainnya, lalu cetak dengan mesin printing khusus. Masalahnya, harga mesin printing kartu siswa tidak murah. Bila jumlah siswa tidak mencapai ratusan orang, membeli mesin printing hanya akan membuat boros anggaran.

Daripada mengeluarkan banyak anggaran untuk membeli mesin printing, sebaiknya cetak ID Card untuk siswa/siswi Anda di percetakan ID card saja. Salah satu percetakan ID card yang bisa cetak kartu siswa adalah Bikinidcard.com.

Baca Juga : Cara Membuat Kartu Pelajar Mudah, Praktis dan Bergaransi

Kami bisa bikin kartu siswa SD, SMP, SMA, SMK dari bahan PVC yang tahan air dan tidak mudah patah. Kartu tersebut kami cetak  menggunakan mesin printing yang akan menghasilkan cetakan full color. Hasil cetaknya tajam, tidak mudah rusak dan tidak luntur.

Kami memiliki 3 jenis kartu siswa yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan anggaran yaitu:

  1. ID Card Press

Disebut sebagai kartu press karena ia dicetak menggunakan mesin printing dan mesin press. Memiliki ketebalan standar ID card, yaitu 0,76 mm.

  1. ID Card Instant

Mirip dengan ID Card press, tetapi hasil cetakannya tidak sebagus ID Card siswa press.

  1. ID Card Tebal

Perbedaannya dengan kartu siswa press hanya pada ketebalannya, yaitu 0,96 mm.

Jenis lainnya adalah ID Card magnetik yang bisa cocok dan memudahkan siswa/siswi Anda untuk mengisi presensi. Dalam ID Card tersebut, Anda bisa menamkan identitas berupa kode lalu discan pada mesin pembaca. Bisa juga mengguanakan kartu yang dilengkapi dengan barcode. baik barcode batang maupun kotak.

Baca Juga : Cetak Kartu Pelajar Murah

Ukuran Kartu Siswa

Kartu ini memiliki dimensi berukuran 85mm x 53mm. Ukuran ini tentunya sudah standard dan banyak dipakai oleh hampir seluruh percetakan di Indonesia. Ukuran ini juga membuat kartu pelajar mudah disimpan pada dompet atau pouch card.

Desain dan Contoh Kartu Siswa

Berikut contoh desain kartu siswa produksi kami:

fungsi dan petingnya kartu siswa

jual kartu siswa

Silakan chat customer service kami pada nomor 0853-2628-2628 untuk melakukan pemesanan atau datang ke kantor kami yang beralamat di Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun, Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Kartu Siswa

0.00
9.8

Rating

9.8/10
logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera